Sunmori Tidak Dilarang, Tapi Kalau Bandel Dapat 'Surat Cinta' dari Polisi

27/03/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Sunmori Tidak Dilarang, Tapi Kalau Bandel Dapat 'Surat Cinta' dari Polisi
Kapolda Metro Jaya menegaskan jika kegiatan sunmori tidak dilarang selama aktifitas tersebut dilakukan dengan selalu memperhatikan peraturan lalu lintas. Jika melanggar, maka tilang elektronik akan berlaku.

Beberapa hari belakangan ini santer terdengar kabar yang menyatakan jika kegiatan Sunmori (Sunday Morning Ride) dan Night Ride dilarang oleh pihak kepolisian. Alasannya perilaku para biker yang melakukan sunmori kerap dinilai membahayakan pengguna jalan lain.

Namun sebenarnya, kegiatan sunmori tidak dilarang atau tidak boleh sama sekali dilakukan. Aktifitas ini masih diperkenankan untuk digelar, hanya saja dengan memperhatikan beberapa aturan yang berlaku. Demikian ditegaskan Irjen Mohammad Fadil Imran, Kapolda Metro Jaya dalam keterangan resminya.

>>> Bukan Mobil Mewah, Ini 7 Kendaraan yang Boleh Dikawal Polisi

Buntut Kasus Diterobosnya Paspampres Ring 1 Istana Negara

Sunmori komunitas motor

Sunmori tidak dilarang tapi diawasi

Adanya keputusan untuk melarang kegiatan sunmori dan night ride ini tidak lepas dari viralnya insiden beberapa biker yang menembus barikade Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden) di Istana Negara, Jakarta beberapa waktu lalu.

Pasca kejadian itu Irjen Fadil langsung mengambil sikap untuk menindak tegas pengendara sepeda motor yang melakukan kegiatan sunmori. Ditambah lagi kegiatan sunmori kerap dilakukan dengan berkelompok dan menggunakan knalpot bising.

"Perilaku berkendara yang penuh risiko, ada night right, ada sunmori atau sunday morning ride. Hilangkan! Lakukan edukasi sosialisasi agar perilaku ini tidak dinodai dengan perilaku-perilaku berkendara yang penuh risiko," katanya kala itu.

>>> Pembuatan dan Perpanjangan SIM Bisa Gratis? Begini Penjelasannya

Kegiatan Sunmori Tak Dilarang Tapi Diawasi dengan Kamera ETLE

Pengendara motor

Jika ada bikers yang melanggar akan diberi tilang elektronik

>>> Review Rolls-Royce Cullinan Black Badge 2019: Ekspresi Sisi Agresif Sang Ultra Luxury SUV

Kini Fadil menjelaskan jika kegiatan sunmori tak dilarang. Hanya saja wajib dilaksanakan dengan mentaati peraturan lalu lintas yang berlaku serta tidak membahayakan pengendara dan pengguna jalan yang lainnya.

Nantinya pihak kepolisian akan memantau setiap aktifitas biker yang melakukan sunmori atau night ride. Apalagi kini sejumlah ruas jalan sudah terpasang kamera ETLE dan diberlakukan tilang elektronik secara Nasional. Selain itu semua petugas yang berpatroli juga dilengkapi dengan kamera ETLE mobile.

"Nantinya petugas patroli akan mengawasi, tidak usah kita tindak. Kalau melanggar peraturan lalu lintas yang berisiko membahayakan pengendara lain, kita potret dan akan kami berikan surat cinta dari Direktorat Lalu Lintas," tukas Fadil.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top