Sudah Setahun, Bug Android Auto ini Belum Ditemukan Penyebabnya

04/01/2021

Pasar mobil

2 menit

Perangkat lunak memiliki pembaharuan untuk menghilangkan bug. Sayangnya, ada masalah pada Android Auto yang sampai saat ini belum ditemukan penyebabnya.

Layaknya perangkat lunak lainnya, ada beberapa bug yang menghinggapi Android Auto. Sebagian sudah mendapatkan ‘obatnya’ hanya dengan membersihkan cache maupun menghapus data. Tapi yang lain ditemukan pada beberapa perangkat dan sampai saat ini masih belum ditemukan akar masalahnya.

Bug pada Amazon Music

Salah satu masalah yang hingga kini masih belum diketahui penyebabnya adalah Amazon Music memutar lagu yang salah di pengaturan head unit. Bug ini pertama kali ditemukan pada Januari 2020 lalu, menjadikannya berumur 1 tahun tanpa diketahui penyebabnya masih banyak pengguna yang mengalami masalah ini.

tangan yang menekan Android Auto pada mobil
Bug ini memutar musik yang salah pada mobil

>>> 3 Fitur di Android Auto Versi Terbaru yang Akan Rilis 2021

Dilansir dari Autoevolution, ada banyak pengemudi yang mengeluhkan masalah yang sama. Beberapa diantaranya bahkan bertanya pada forum support Google untuk mengetahui penyebab masalah ini. Namun hingga saat ini, raksasa mesin pencari yang ‘tahu segalanya’ bahkan belum memberikan jawaban yang pasti.

“Saya mengalami masalah ini pada Toyota Tacoma TRD Pro 2020 saya. Saya meminta untuk memainkan 'Let's Rock' oleh Black Keys di Amazon Music dan dia memainkan sesuatu yang bahkan tidak mendekati itu, setiap saat. Jika saya meminta (Amazon) Echo saya untuk memutar album yang sama, itu akan diputar dengan baik setiap saat,” seorang pengguna menjelaskan masalah Google Assistant di dalam mobil.

>>> 5 Cara Memilih Kabel untuk Koneksi Android Auto yang Bagus

Belum ditemukan penyebabnya

Beberapa model mobil dan smartphone Android, termasuk Google Pixel dan perangkat kelas atas seperti Samsung turut terkena bug ini. Awalnya diyakini bahwa pembaharuan pada aplikasi bisa mengakibatkan masalah yang terjadi. Tapi setelah berbagai perubahan dan pembaharuan lain yang dilakukan tahun lalu, Google masih belum menemukan penyebabnya.

update Android Auto dengan smartphone
Ada banyak update diberikan, tapi belum menyelesaikan masalah ini

Beberapa teknisi menyebutkan berbagai solusi umum yang diberikan kepada konsumen yang mengalami bug ini. Mulai dari mengganti kabel, menginstal ulang Android Auto, membersihkan cache dan data, serta menyetel ulang semua setting atau pengaturan sudah dilakukan. Tapi masalah yang sama masih tetap muncul.

Dan sudah setahun bug ini menjalar di berbagai perangkat Android Auto di seluruh dunia. Bagi Anda yang menemukan masalah yang sama, Anda bisa berbagi dengan berbagai pengguna lain melalui thread yang diunggah pada Google Support melalui link ini.

>>> Dapatkan berbagai berita otomotif paling lengkap hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Menulis bisa dibilang sebagai bagian dari keseharian pemuda ini. Aktif di komunitas teater dan seni selama berkuliah di Sastra Inggris Universitas Andalas hingga tahun 2017, ia sempat membuat beberapa kritik sosial dan budaya yang disebar di media sosialnya. Termasuk bergabung bersama media kritik film di Mariviu.com.
Kuliah di jurusan Sastra, ia tertarik dengan kultur budaya dan kepenulisan. Sampai akhirnya berlabuh di sebuah media online berbahasa Inggris yang menjadi bagian dari salah satu koran lokal di Pekanbaru. Direkrut dari bulan Februari 2017, ia akhirnya melanjutkan perjalanannya hijrah ke Jakarta pada Agustus di tahun yang sama.
Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Terlebih datang ke lingkungan baru yang sama sekali berbeda dengan dunia sastra sebelumnya menjadi rintangan berliku yang ditemuinya. Apalagi mengenal lebih jauh mengenai mesin, teknik berkendara, dan tak ketinggalan istilah-istilah yang jarang didengar oleh khalayak umum.
Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.
Roles
SEO Editor, Cintamobil.com
Experience

  • Februari - Agustus 2017: News24XX.com
  • Oktober 2017 - Desember 2017: Freelance at Cintamobil.com
  • Desember 2017 - Desember 2019: Content Writer at Cintamobil.com
  • Januari 2020 - Sekarang: SEO Editor at Cintamobil.com

 
back to top