Sudah Pernah Lihat Mobil Pertama Hyundai? Begini Nih Tampangnya

04/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Sudah Pernah Lihat Mobil Pertama Hyundai? Begini Nih Tampangnya
Mobil pertama Hyundai lahir perdana pada tahun 1975. Kalau sekarang desain-desain Hyundai futuristik, seperti apa ya wujud mobil perdananya yang lahir 1975?

Melihat mobil-mobil Hyundai zaman sekarang, desainnya tak kalah canggih dan juga keren dibandingkan pabrikan lainnya. Datang dari Korea Selatan, Hyundai sendiri mulai berani menantang pabrikan Jepang dan juga Jerman pada pertengahan tahun 2000-an. 

Rupanya upaya Hyundai itu berbuah manis. Siapa yang tak kenal merek Hyundai sekarang? Hyundai pun masuk dalam jajaran pabrikan yang diperhitungkan di dunia. 

Dari hatchback subkompak hingga crossover mewah pun dimilikinya. Hyundai menawarkan produk beragam di banyak segmen. Tapi itu kalau bicara sekarang, bagaimana dengan dulu? 

Hyundai Pony

Inilah wujud Hyundai Pony

>>> Hyundai Garap Mobil Transformers, Bisa Jalan Juga

Bernama Pony

Bila memutar waktu kembali ke tahun 1975, kondisinya sangat berbeda dengan saat ini. Tahun 1975 merupakan pertama kalinya Hyundai merilis mobil perdananya. 

Tahukah Anda seperti apa wujud mobil Hyundai pertama kali? Mengutip Autoindustriya, Minggu (4/10/2020), mobil Hyundai pertama kali bernama Pony dan lahir 45 tahun silam. Pony juga sekaligus menjadi mobil yang diproduksi untuk masyarakat dalam negeri. 

Sebelum tahun 1975, Hyundai hanya merakit mobil-mobil Ford di Korea Selatan mulai dari Cortina, Taunus, dan Granda. 

Baru setelahnya, Hyundai melangkahkan kakinya lebih maju lagi lewat Pony. Hyundai berhasil menggaet salah satu insinyur bekas Morris yang diberdayakan untuk pengembangan mobil perdananya itu. Kemudian mereka juga menggunakan mesin dari Mitsubishi. 

Mobil pertama Hyundai itu juga dikabarkan menggunakan beberapa komponen dari Ford Cortina. Kemudian dari sisi desain, ada Giogetto Giugiaro yang memimpinnya. Ia juga diketahui mendesain Delorean DMC-12. 

Sebagai pendatang baru, Pony tak langsung mencuat dari sisi penjualannya. Mobil perdana Hyundai itu terhitung mahal saat dijual perdana di Korea Selatan. 

>>> Hyundai RM20e, Sportscar Elektrik Bertenaga 800 HP

Membuat Konsep EV 45 Sebagai Pengingat

Hyundai juga sempat mengalami kesulitan setelah mobil berhasil diekspor ke Eropa dan Kanada. Namun perlahan-lahan mobil pertama Hyundai itu mulai menunjukan tajinya dan penjualannya mulai meningkat.

Pony tak hanya menjadi mobil pertama Hyundai, namun juga satu-satunya mobil penumpang jenama asal Negeri Ginseng itu selama tujuh tahun sebelum Stellar hadir pada tahun 1982. 

Hyundai 45 EV Concept

Penghormatan Hyundai terhadap Pony dihadirkan lewat Concept EV 45

Meskipun Pony bukanlah mobil dengan penjualan terbesar di Korea Selatan, namun telah menjadi satu catatan manis bagi Hyundai. Hyundai pun telah melewati jalan terjal sebagai produsen mobil saat pertama kali mengembangkan Pony. Dari menjual ratusan unit, hingga saat ini jutaan mobil Hyundai sudah terlihat di banyak negara. 

Sebagai pengingat sekaligus penghormatan terhadap mobil perdananya itu, Hyundai baru-baru ini membuat konsep 45 EV sebagai pengingat terhadap Pony.

>>> Jelang Launching, Hyundai Pamerkan Desain Futuristik Tucson 2021

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top