Sudah Lihat Belum? Ini Dia Wujud Pelat Nomor Khusus Mobil Listrik

18/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Sudah Lihat Belum? Ini Dia Wujud Pelat Nomor Khusus Mobil Listrik
Mobil listrik bakal memiliki pelat nomor khusus. Pelat nomor khusus mobil listrik memiliki lis biru di bagian bawah sebagai pembeda dengan yang lainnya.

Program percepatan kendaraan listrik di Tanah Air kian gencar. Bila pemerintah mulai mengeluarkan sejumlah kebijakan, pabrikan pun perlahan-lahan mengenalkan deretan kendaraan bermotor listriknya di Indonesia. 

Infrastuktur pengisian baterai pun juga dikebut pembangunannya. Sebagai pembeda, kendaraan bermotor listrik baik itu motor maupun mobil juga akan dibekali oleh pelat nomor khusus. Pelat nomor khusus mobil listrik ini akan memiliki lis biru di bagian bawahnya. 

desain pelat nomor mobil listrik

Ragam pelat nomor kendaraan listrik

>>> Mobil Listrik Dapat Pelat Nomor Khusus, Begini Tampilannya

Ada Penambahan Lis Biru

Hal itu terlihat dalam foto yang diunggah akun instagram Satlantas Polres Bogor Kota. 

"FYI: Bentuk Plat Nomor / TNKB Kendaraan listrik berbasis baterai yang beroperasi di jalan raya. Ada penambahan warna biru di permukaan TNKB," tulis akun tersebut seperti dilihat Cintamobil.com, Minggu (18/10/2020). 

Bagi mobil, ini sekaligus menegaskan bahwa hanya kendaraan roda empat bertenaga listrik murni yang mendapat pelat nomor khusus mobil listrik tersebut. Bagi mobil berjenis hybrid ataupun plug-in hybrid maka akan akan menggunakan pelat seperti halnya kendaraan pada umumnya. 

Adapun untuk pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor untuk mobil listrik tidak berbeda dengan mobil biasa.

>>> Mulai 2021, Mobil Listrik Jadi Kendaraan Dinas Menteri

Pengurusannya Masih Sama dengan Mobil pada Umumnya

desain pelat nomor mobil listrik

Pengurusan pelat nomor khusus mobil listrik masih sama dengan mobil pada umumnya

Pengurusannya masih mengacu pada pasal 64 ayat 1 Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, di mana disebutkan bahwa setiap kendaraan bermotor wajib diregistrasikan. 

"Dipertegas dalam PP 55 tahun 2012 ttg Kendaraan : Pasal 6, disebutkan bahwa Setiap Kendaraan yang dioperasikan di jalan harus memenuhi persyaratan teknis, yang salah satunya terdiri atas susunan," beber Kasie STNK Polda Metro Jaya Kompol Martinus Aditya. 

Kemudian dijelaskan dalam Pasal 7 huruf b bahwa yang dimaksud susunan dalam Pasal 6 ayat (2) huruf a, salah satunya adalah motor penggerak. Selanjutnya diperjelas dalam Pasal 12 ayat (1) bahwa Motor penggerak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf b meliputi :
a. motor bakar;
b. motor listrik;
c. kombinasi motor bakar dan motor listrik.

"Adapun registrasi dan identifikasi kepemilikan kendaraan bermotor dengan penerbitan BPKB untuk kendaraaan bermotor baru dengan penggerak listrik tetap mengacu pada ketentuan dalam Perkap Nomor 5 tahun 2012," jelas Martinus. 

>>> 13 Mobil Hybrid dan Mobil Listrik Indonesia yang Sudah Bisa Dibeli 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Daftar Mobil Listrik Murah yang Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

21/06/2020

Jual beli

8 menit

Berikut ini Cintamobil.com akan menjabarkan mobil listrik murah hingga termahal yang sudah bisa dibeli di Indonesia. Semuanya memiliki kelebihan masing-masing.

Lihat juga

Pemerintah Thailand Potong Pajak Suku Cadang Mobil Listrik

12/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Pemerintah Thailand Berencana untuk potong pajang suku cadang mobil listrik untuk biasa hadirkan 750.000 mobil listrik dalam 10 tahun mendatang.

Lihat juga

Tesla Mau Produksi Baterai Biar Bisa Jual Mobil Listrik Lebih Terjangkau

24/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Saat ini Tesla membeli baterai dari pemasok seperti Panasonic. Tetapi di masa depan Tesla ingin produksi baterai untuk bisa jual mobil listrik lebih terjangkau.

Lihat juga

Citroen Bikin Mobil Listrik yang Bisa Dikendarai Tanpa SIM

11/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Bila biasanya untuk berkendara membutuhkan SIM sebagai legalitas, berbeda dengan mobil yang satu ini. Citroen membuat mobil yang bisa dikendarai tanpa SIM.

Lihat juga

Volkswagen Group Yakin Dapat Melampaui Produksi 2 Juta Mobil Listrik Tesla

16/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Berkat platform penggerak listrik modular atau MEB, Volkswagen Group yakin dapat melampaui produksi 2 juta mobil listrik milik Tesla dalam tiga tahun mendatang.

Lihat juga