Sudah Diresmikan, Dua Ruas Jalan Tol JORR 2 Dibuka Gratis Untuk Umum

03/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Sudah Diresmikan, Dua Ruas Jalan Tol JORR 2 Dibuka Gratis Untuk Umum
Tol Serpong-Cinere dan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, dua ruas jalan tol JORR 2 di Provinsi Banten dibuka gratis pasca diresmikan bersamaan 1 April 2021.

Dua ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2, yaitu Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran diresmikan pada Kamis, 1 April 2021, bertempat di Gerbang Tol (GT) Pamulang Tol Serpong-Cinere. Adalah Presiden Joko Widodo yang meresmikannya secara bersamaan didampingi sejumlah pejabat seperti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Banten Wahidin Halim, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Walikota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Wakil Komisaris Utama Jasa Marga Zulfan Lindan, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur beserta jajaran Direksi.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Jalan Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran saya resmikan pagi hari ini,” kata Presiden saat meresmikan, (1/4/2021).

>>> Jasa Marga Optimis 2 Tol Selesai Akhir Maret Meski Ada Kendala

Dibuka Gratis

Foto pengumuman Jalan Tol Cengkareng dibuka gratis

Pasca diresmikan, 2 ruas Tol JORR 2 dibuka gratis

Dengan diresmikannya Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, keduanya kini bisa digunakan. Pengendara dari wilayah Pamulang, Serpong dan sekitarnya bisa melakukan perjalanan menerus menuju Bandara Soekarno-Hatta, demikian pula sebaliknya. Jasa Marga mengumumkan mulai Jum’at, 2 April 2021 pukul 22.00 WIB keduanya dibuka secara GRATIS untuk umum.

“Untuk sementara waktu tidak dikenakan tarif sebagai bentuk sosialisasi dan uji coba kepada masyarakat.” tulis Jasa Marga di akun IG @official.jasamarga

Meski dibuka gratis, pengendara tetap harus mempersiapkan kartu uang elektronik. Hal ini karena portal gardu tol hanya bisa dibuka menggunakan kartu. Selain itu juga persiapan bagi yang ingin melakukan perjalanan menerus dari Pamulang/Serpong menuju Bandara Soekarno-Hatta maupun sebaliknya, ada tarif resmi yang harus dibayarkan sebesar Rp20.000.

Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran

Jalan Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran merupakan dua ruas utama Tol JORR 2. Tol Serpong-Cinere yang digarap PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) memiliki panjang 10,14 Km dan terbagi menjadi 2 Seksi, Seksi 1 Serpong-Pamulang (6,5 Km) dan Seksi 2 Pamulang-Cinere (3,64 Km).

Sedangkan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dikelola PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC). Panjangnya 14,19 km dibagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi 1 Kunciran Junction-Tirtayasa (2,04 km), Seksi 2 Tirtayasa-Benteng Betawi (3,52 km), Seksi 3 Benteng Betawi-Husein Sastranegara (6,57 km), dan Seksi 4 Husein Sastranegara-Benda Junction (2,06 km).

“Pengurangan waktu tempuh akan sangat terasa, jika sebelumnya Serpong-Pamulang harus ditempuh selama 30 menit, kini hanya menjadi 5 menit saja. Begitu juga dengan perjalanan dari Kunciran menuju Cengkareng dan Bandara, sebelumnya harus ditempuh selama lebih kurang 1 jam, dengan tersambungnya jalan tol baru, hanya menjadi 15 menit saja. Semua perhitungan waktu tempuh dihitung dengan kecepatan berkendara 60-80 Km/jam. Ini sebuah alternatif yang sangat baik bagi masyarakat, terutama untuk mendukung upaya kita kembali bangkit dari sisi ekonomi akibat Pandemi COVID-19,” kata Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur, dalam keterangan resminya, (1/4/2021).

>>> 5 Trik Biar Perjalanan Liburan Tidak Bergantung Pada Rest Area

Foto menunjukkan Sesaat sebelum peresmian Tol Serpong-Cinere

Jalan tol mempersingkat waktu tempuh antar lokasi

>>> Simak terus berita mobil terlengkap dan terupdate hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top