Sudah Diresmikan, Berapa Tarif Tol Jakarta Cikampek II Elevated?

13/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Sudah Diresmikan, Berapa Tarif Tol Jakarta Cikampek II Elevated?
Tarif Tol Jakarta Cikampek II Elevated diresmikan Presiden Joko Widodo dan siap dioperasikan. Berapa tarif untuk tol layang terpanjang di Indonesia ini?

Diresmikannya Tol Jakarta Cikampek II Elevated (Japek II) oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (12/12/2019) membuat koleksi jalan tol di ibu kota bertambah banyak. Jalan tol baru ini memiliki ukuran panjang 36,4 km yang membentang dari Simpang Susun Cikunir hingga Karawang Barat. Uniknya, tidak ada rest area atau gerbang keluar di tengah-tengah meski panjangnya mencapai puluhan kilometer.

Pengendara disarankan benar-benar memantapkan diri saat akan melintas di jalan ini sebab tidak ada pintu keluar saat sudah terlanjur masuk selain dua titik di atas. Pengendara juga harus memastikan bahan bakar mobilnya mencukupi agar tida mogok serta saldo e-Tollnya dalam kondisi terisi.

>>> Sedang cari mobil? Kami punya banyak pilihan untuk Anda

Foto saat Presiden Joko Widodo dan rombongan membunyikan sirine tanda peresmian Jalan Tol Jakarta Cikampek Elevated II

Jalan Tol Jakarta Cikampek II Elevated diresmikan dan siap beroperasi

Tarif

Hingga peresmian belum ada pengumuman resmi mengenai tarif Tol Jakarta Cikampek II Elevated. Bina Marga mengatakan besaran tarif masih didiskusikan untuk menentukan nominal terbaik. "Masih dihitung (tarifnya), masih kita diskusikan karena perlu ada model yang lewat atas berapa persen stimulasinya," tutur Direktur Jenderal Bina Marga, Sugiyartanto seperti dikutip dari Detik (12/12/2019).

Untuk sementara masyarakat bisa menggunakannya secara gratis atau mengikut tarif tol bawah hingga Tahun Baru 2020. Sedangkan tarif aslinya menunggu keputusan setelah masa uji coba selesai. Sebelumnya pernah diwacanakan tarif tol layang ini sama dengan tarif tol Jakarta-Cikampek bawah. yaitu Rp 1.250 per km atau total Rp 45.460 seperti data PPJT 2016.

Jasa Marga juga berharap masyarakat tidak usah terlalu pusing memikirkan tarif sebab Tol Jakarta Cikampek II Elevated sifatnya alternatif dan opsional.

"Sebetulnya diharapkan masyarakat nggak usah bingung pikirin tarif. Kalau kamu mau jarak jauh naik, kalau jarak dekat lewat bawah." kata  Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani beberapa waktu jelang peresmian tol.

>>> Berapa Sih Kecepatan Mobil di Jalan Tol yang Aman dan Nyaman?

Foto Jalan Tol Jakarta Cikampek Elevated II

Hal Penting Untuk Diperhatikan

Selain memastikan bahan bakar dan saldo e-toll mencukupi, ada hal-hal lain yang penting diperhatikan oleh pengemudi. Diantaranya mematuhi batas kecepatan maksimum 80 km per jam untuk mengurangi risiko hambatan angin di ketinggian.

Pastikan juga tubuh dalam kondisi fit, tidak mengantuk dan tidak kecapekan sebab tidak ada peristirahatan di tengah-tengah tol.

>>> Ingat Guys, Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek Khusus Jarak Jauh Non Stop

>>> Simak juga berita terkini lainnya di sini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top