Sudah di Depan, Mitsubishi Xpander Masih 'Ketar Ketir' Dikejar Avanza Karena Masalah Ini

02/10/2018

Pasar mobil
MMKSI sukses menempatkan posisi Mitsubishi Xpander di atas Toyota Avanza dalam beberapa bulan terakhir tahun 2018. Meski demikian, MMKSI tetap 'ketar ketir' posisinya dikejar Avanza lagi mengingat ada PR besar yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Foto badut bersama Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander beri kebahagiaan nyata lewat even Tons of Real Happiness di beberapa kota besar di Indonesia

Persaingan mobil keluarga segmen low MPV memasuki babak baru usai Mitsubishi Xpander berhasil menyalip penjualan Toyota Avanza pada Februari 2018. Empat bulan berturut-turut sukses Xpander berada di atas dan baru melorot ke peringkat dua pada Juni 2018 digeser Avanza lagi. Hanya satu bulan saja berada di urutan kedua, Mitsubishi Xpander kembali ke posisi pertama pada Juli hingga Agustus 2018. Gelar raja mobil keluarga low MPV pun disandangnya dengan catatan penjualan paling mentereng. Data di GAIKINDO mencatat selama 8 bulan tahun 2018 Mitsubishi Xpander terjual sebanyak 54.441 unit, lebih banyak dari Toyota Avanza yang terjual sebanyak 52.427 unit.

Sudah berada di depan belum membuat Mitsubishi tenang. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengaku masih 'ketar ketir' posisinya terancam oleh generasi terbaru Avanza yang sedang dipersiapkan oleh Toyota. Karenanya MMKSI terus berpikir keras dan berupaya agar posisinya tetap bertahan di peringkat satu.

"Yang namanya khawatir (akan generasi terbaru dari Avanza) itu ada, karena ini yang mempush kita untuk memikirkan bagaimana caranya supaya tetap bertahan (di posisi sekarang)," tutur Bambang Kristiawan, selaku Department Head Public Relation and Corporate Social Responsibility Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di Jakarta belum lama ini.

Saat disinggung strategi apa yang bakal dilakukan MMKSI menghadang laju Avanza, Bambang belum memberikan informasi secara detail. Hanya sedikit bocoran salah satu strategi yang bakal diterapkan adalah mempersingkat masa inden kendaraan. Sebagaimana diketahui, salah satu masalah besar yang dihadapi MMKSI soal Xpander ini adalah pengiriman unit. Saking larisnya konsumen sampai harus menunggu dua tiga bulan untuk mendapat unit yang dibelinya. Saat ini produksi Xpander sudah maksimal di angka 10.000 unit / bulan. Namun volume tersebut belum mengurangi masa inden secara signifikan sebab produk harus dibagi untuk memenuhi pasar eskpor yang sudah dilakukan sejak beberapa bulan terakhir.

>>> Gemilang Jual Xpander, Mitsubishi Indonesia Jadi Rujukan Negara Lain

"Kalau saya katakan, mungkin itu salah satu contoh strategi kami (dengan mempercepar inden). Sebab dengan cepatnya inden kami menunjukkan bahwa benar-benar serius mau konsumen bisa menikmati produk kami," kata Bambang melanjutkan.

Kecemasan Mitsubishi ini cukup wajar mengingat Toyota dikabarkan sedang bersiap meluncurkan generasi terbaru Toyota Avanza. Para pecinta Avanza pun sepertinya sudah tak sabar akan hal ini, seperti disampaikan Judianto, Operation Manager Auto2000 Area Sumatera di sela-sela kampanye Auto2000 THS Home Service Region Exploration Lampung beberapa waktu lalu.

"Banyak yang sudah tanya-tanya. Konsumen sih mintanya ada perubahan dari segi penampilan, tampangnya," kata Judi.

"Setiap model pasti ada generasi penerusnya, kami memiliki 24 model kendaraan, bahkan yang baru dirilis seperti Rush kemarin itu sudah dipikirkan penggantinya seperti apa," tutur Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto di tempat terpisah.

>>> Toyota Avanza di Sumatera Belum Terusik Kehadiran Xpander dan Confero S

Foto Toyota Avanza tampak dari depan

Toyota Avanza yang tengah dinanti generasi terbarunya

>>> Berita informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top