Sudah Beres Uji Coba, Kapan Bus Listrik Transjakarta Beroperasi?

12/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sudah Beres Uji Coba, Kapan Bus Listrik Transjakarta Beroperasi?
Bus listrik Transjakarta sudah selesai dilakukan uji coba melayani masyarakat pada rute tertentu. Lantas kapan bus listrik Transjakarta ini beroperasi?

Percepatan pengadaan kendaraan listrik di Indonesia tak hanya berlaku untuk kendaraan pribadi saja. Transportasi umum pun tak luput dari sasarannya. 

Di Ibu Kota Jakarta misalnya, kendaraan listrik juga turut digunakan sebagai armada bus Transjakarta. Setelah diuji coba selama tiga bulan atau sejak 6 Juli hingga 6 Oktober 2020, bus listrik EV1 dinyatakan telah memenuhi standar operasional Transjakarta.  

>>> Bus Transjakarta

Diuji coba melayani penumpang rute tertentu

>>> Bus Listrik Transjakarta Diharap Tak Senasib dengan Versi CNG

Hasil Uji Coba Memuaskan

Uji coba, kedua bus listrik yang bekerja sama dengan PT Bakrie Autopart ini dilakukan dengan mengangkut pelanggan.

"Uji coba ini sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 tahun 2020 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan dan Instruksi Gubenur DKI Jakarta Nomor 66 tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara dan Surat Keputusan (SK) Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Nomor 76 tahun 2020 tentang Penugasan Kepada PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) untuk melaksanakan perpanjangan pelaksanaan uji coba bus listrik," ungkap Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo dalam laman Pemprov DKI Jakarta. 

Kedua bus tersebut memiliki daya baterai yang tahan lama dengan jarak tempuh mencapai 250 kilometer sebelum baterainya harus diisi ulang dengan durasi kurang dari empat jam setiap harinya. Selain itu, kedua bus ini juga memiliki keunggulan lain seperti tidak menimbulkan polusi, biaya perawatan yang murah, kekuatan baterai yang tahan lama, hingga konsep green city yang sejalan dengan cita-cita kota Jakarta.

"Selama uji coba bus ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari pelanggan, di mana tercatat telah melayani sebanyak 100 orang setiap harin, khususnya jelang penerapan PSBB kembali," tutur Nadia.

Selama uji coba, kedua bus listrik ini memiliki catatan evaluasi yang memuaskan baik secara layanan maupun dari sisi mesin hingga ketahanan baterai.

Ditambahkan Nadia, saat ini baik PT Transjakarta maupun PT Bakrie Autoparts masih menunggu arahan dari Dishub DKI Jakarta untuk melakukan tahapan selanjutnya dari upaya pengimplementasian penggunaan bus listrik secara penuh di DKI Jakarta dalam waktu dekat.

Bus Transjakarta

Diharapkan tak bernasib sama dengan versi CNG

>>> Transjakarta Uji Coba Bus Listrik Gratis! Ini Rutenya

Diharapkan Tak Senasib dengan CNG

Berikut spesifikasi dari kedua bus listrik yang diuji coba;

1. Tipe K9

- Memiliki dimensi Panjang 12 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 3,3 meter.

- Dilengkapi dengan motor listrik AC Synchronous motor dan baterai BYD Iron-Phospate berkapasitas 324 kWh.

2. Tipe C6

- Memiliki dimensi yang lebih kecil dengan ukuran panjang 7.403 mm, lebar 2.140 mm dan tinggi 3,4 meter.

- Dilengkapi dengan baterai Iron-Phospate dengan kapasitas 135 kWH.

Pemprov DKI Jakarta sendiri menargetkan pada tahun 2030 seluruh armada Transjakarta sudah menggunakan bus listrik. Sayangnya, implementasi tersebut harus sedikit tertunda lantaran adanya pandemi Covid-19. 

Diharapkan, bus listrik Transjakarta tak bernasib sama dengan CNG yang kurang mendapat dukungan di tingkat nasional. 

>>> Toyota Hiace Disulap Jadi Angkot Mikrotrans di Jakarta

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Transjakarta Pasang 236 Mesin Isi Ulang Kartu Uang Elektronik di 100 Halte

28/07/2020

Pasar mobil

4 menit

Guna mengurangi kontak langsung Transjakarta memasang 236 mesin isi ulang Kartu Uang Elektronik otomatis di 100 halte. Ditargetkan seluruhnya rampung akhir Agustus 2020.

Lihat juga

Transjakarta Sarankan Pelanggan Tukar Resi dengan TJ Card Asli

05/07/2020

Pasar mobil

3 menit

Pelanggan penerima TJ Card yang masih menggunakan resi disarankan segera menukarkan dengan TJ Card karena resi bakal tidak berlaku lagi sejak 15 Juli 2020.

Lihat juga

TransJakarta Hentikan Layanan Khusus Tenaga Rumah Sakit

30/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Mempertimbangkan situasi yang berangsur normal, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menghentikan layanan khusus Tenaga Rumah Sakit (TRS) dan Puskesmas.

Lihat juga

Panduan Naik Transjakarta Selama PSBB Transisi

15/06/2020

Pengemudian

5 menit

Sejumlah persyaratan diterapkan PT Transportasi Jakarta untuk warga yang ingin naik Transjakarta selama masa PSBB transisi baik di bus maupun halte keberangkatan.

Lihat juga

4 Perubahan Perilaku Penumpang Transjakarta Sebelum dan saat Pandemi

07/06/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Transjakarta mencatat terjadi perubahan perilaku pelanggan yang cukup signifikan pada waktu sebelum pandemi COVID-19 dengan saat pandemi berlangsung.

Lihat juga