Ini Alasan HRI Tetap Andalkan Jazz Ketimbang Honda City Hatchback

30/03/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Honda Racing Indonesia tetap memakai Jazz untuk kompetisi musim 2021. Posisinya telah digantikan City Hatchback, apa yang mendasari tim belum ganti mobil?

Honda Racing Indonesia sudah meluncurkan tim balap jelang bergulirnya musim 2021. Peluncuran tim balap ini ditandai putaran pertama Indonesian Sentul Series of Motorsport Minggu (28/3) di Sirkuit Sentul.

Setelah peluncuran Honda City Hatchback bulan lalu, banyak yang mengira armada tim balap bentukan Honda Prospect Motor itu akan berganti terlebih dengan Jazz yang akan dihentikan penjualannya.

>>> Andalkan Jazz dan Brio, Honda Racing Indonesia Luncurkan Line-Up 2021

City Hatchback belum siap, musim terakhir Jazz

Namun, HRI tetap menurunkan Jazz, yang mungkin akan menjalani musim terakhir sebagai andalan tim. Mengomentari hal ini, Billy Yusak sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor punya alasan di balik keputusan tersebut.

Setelah peluncuran bulan lalu, unit City Hatchback belum tersedia, dan baru dikirimkan ke jaringan dealer dan distributor awal bulan depan. Oleh karena itu, belum ada unit yang bisa dipakai balap oleh HRI.

Skuat Honda Racing Indonesia musim 2021

Untuk musim 2021, HRI masih mengandalkan Jazz dan Brio

“Tentunya dengan peluncuran City Hatchback kami mempertimbangkan kapan mobil tersebut bisa dipakai. Kami sedang pelajari apakah mobil itu akan kami pakai season depan atau bagaimana, kita akan memperimbangkan baik-baik dengan mas Alvin sebagai Director Honda Racing Indonesia,” jawab pak Billy dalam konferensi pers Peluncuran HRI pekan lalu.

“Soal Jazz dipakai sampai kapan, itu tergantung nanti keputusan dengan HRI kapan Honda City Hatchback bisa dipakai balap, soalnya sampai hari ini mobilnya belum dikirimkan ke distributor. Awal bulan depan baru kita distribusikan dengan harga yang sangat value for money.”

>>> Intip Lebih Dekat Honda City Hatchback RS 2021

Butuh proses pengembangan

Kalaupun sudah tersedia di pasaran pun, HRI tidak bisa langsung memakai City Hatchback untuk balap di ISSOM. Dihadapkan dengan Toyota Yaris, Honda jelas perlu melakukan pengembangan lebih lanjut agar mobil balap barunya bisa langsung kompetitif di kategori ITCR (Indonesian Touring Car Racing) yang sangat kompetitif.

Namun dengan basis Honda City Hatchback, yang memakai mesin modern dari Jazz akan memudahkan HRI dalam menggali potensi mobil balap barunya untuk musim depan.

Mesin L15B yang digunakan Honda City Hatchback RS

Untuk mesin, City hatchback memakai mesin yang sama seperti Civic, namun tanpa turbo

Sebagai catatan, City Hatchback akan memakai mesin L15B, yang sama seperti Accord, CR-V, dan Civic, meski tanpa turbo. Pun demikian, mesin ini merupakan pengembangan dari L15 SOHC yang dipakai Jazz.

Mesin 1.500cc DOHC ini memang tidak mendapat peningkatan signifikan secara tenaga, hanya 121 PS dan torsi 145 Nm, hanya berbeda 3 PS dari kepunyaan Jazz. Namun, mesin tersebut cukup potensial dikembangkan sebagai mobil balap.

Honda City Hatchback balap

Penasaran bagaimana sosok Honda City Hatchback balap yang akan dipakai HRI musim 2021?

“Untuk balapan di Indonesia, dan yang HRI ikuti memakai spesifikasi (regulasi) Kejurnas ITCR, yang mengambil basis dari Group N dengan basis production car. Tentu tidak akan jadi masalah sama sekali, apalagi jika melihat Jazz dan Brio yang sangat mendominasi kejuaraan nasional,” ungkap Alvin Bahar, Director Honda Racing Indonesia, yang juga membalap di kelas ITCR 1600 MAX.

“Dan begitu keluar City Hatchback dengan mesin yang spesifikasinya lebih tinggi, tentu ini akan mempermudah kita untuk mengembangkannya untuk mendapatkan performa lebih baik lagi.”

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top