Sudah 7 Bulan Gratis, Jalan Tol Kayu Agung-Palembang Segera Bertarif

21/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sudah 7 Bulan Gratis, Jalan Tol Kayu Agung-Palembang Segera Bertarif
Tarif Jalan Tol Kayu Agung-Palembang Seksi 1A (akses Jakabaring) tidak lama lagi segera berlaku, mengakhiri masa operasional gratis yang dimulai 1 April 2020.

Salah satu ruas jalan Tol Kayu Agung-Palembang, yakni Seksi 1A (akses Jakabaring) sudah beroperasi sejak 1 April 2020 secara gratis. Namun, tidak lama lagi bakal berlaku tarif resmi.

Disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit bahwa operasional yang dilakukan selama lebih dari setengah tahun tersebut merupakan tahap sosialisasi. Tujuannya agar masyarakat terbiasa dengan cara berkendara di jalan tol.

"Saat ini masih dalam tahap sosialisasi untuk operasional tol Kayu Agung—Palembang—Betung [Kapal Betung] Seksi 1A Kayu Agung—Jakabaring. Dalam waktu dekat tol tersebut akan mulai bertarif," tutur Danang, dikutip dari harian Bisnis, Selasa (20/10/2020).

Waktu belum ditentukan

Besaran tarif yang akan dikenakan untuk tiap golongan kendaraan, sudah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No.1508/KPTS/M/2020. Namun waktu pemberlakuannya masih belum ditentukan.

Dihimbau kepada masyarakat pengguna Tol Kayu Agung-Palembang untuk mempersiapkan diri. Pastikan kartu uang elektronik memiliki saldo mencukupi agar tidak timbul hambatan di perjalanan.

"Pastikan untuk menyiapkan kartu uang elektronik sebelum melintas dan juga perhatikan kecukupan saldonya," pesan Danang.

>>> Tips Menggunakan Uang Elektronik di Jalan Tol Tanpa Ribet

Foto menunjukkan Tol Palembang-Kayu Agung

Tarif Tol Kayu Agung-Palembang Seksi 1A (akses Jakabaring) segera berlaku

Tol Kayu Agung-Palembang-Betung

Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung atau disingkat Kapal Betung merupakan bagian dari Tol Trans Sumatra yang menghubungkan Lampung hingga Aceh. Panjang ruas ini mencapai 111,6 km dari Kayu Agung hingga Betung. Di ujung selatan tersambung dengan Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) dan di ujung utara tersambung dengan Jalan Tol Palembang-Indralaya serta Jalan Tol Betung-Jambi yang masih tahap rencana.

Pembangunan Jalan Tol Kapal Betung terbagi menjadi 3 Seksi, yaitu:

  • Seksi 1A Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 33,50 Km,
  • Seksi 1B Jakabaring-Keramasan (Jalintim) sepanjang 9 Km,
  • Seksi 2 Jalintim-Musilindas sepanjang 24,90 Km, dan
  • Seksi 3 Musilindas - Betung sepanjang 44,29 Km.

PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) selaku pengelola menargetkan keseluruhan jalan bisa selesai pada tahun 2022 mendatang. Jadi, meski pandemi COVID-19 tengah melanda, pembangunan tetap jalan. Pengerjaan konstruksi dilakukan sesuai protokol pencegahan COVID-19, seperti menjaga jarak fisik, menggunakan masker, dan menghindari kerumunan, sebagaimana Instruksi Menteri (Inmen) PUPR No 02/IN/M/2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi.

>>> Progres Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1B Capai 95,11%

Foto menunjukkan Gerbang Tol Palembang

Seksi 1A Tol Kapal Betung (akses Jakabaring) sudah beroperasi

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top