Sudah 5 Bulan Avanza Kehilangan Status Mobil Terlaris di Indonesia

18/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sudah 5 Bulan Avanza Kehilangan Status Mobil Terlaris di Indonesia
Dalam 5 bulan terakhir Toyota Avanza kehilangan statusnya sebagai mobil terlaris di Indonesia setelah penjualannya digeser model lain secara bergantian.

Terlalu sulit bagi model lain untuk menggeser dominasi Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Namun itu dulu, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) dalam beberapa bulan terakhir Toyota Avanza tidak lagi menempati posisi teratas sebagai mobil terlaris di Indonesia. Model lain berhasil menggesernya dengan catatan penjualan yang lebih tinggi.

Avanza-Xpander tergusur

Diawali pada bulan April 2020 Honda Brio menempati urutan pertama dengan penjualan sebanyak 766 unit. Xpander di urutan 4 dengan penjualan sebanyak 380 unit dan Avanza di urutan 6 dengan penjualan sebanyak 277 unit.

>>> Suzuki APV Masuk 5 Besar Penjualan Mobil Terlaris Bulan April, Didominasi Ambulance

Foto menunjukkan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander tampak dari samping depan

Penjualan mobil sejuta umat turut terdampak pandemi COVID-19

Pada bulan Mei 2020 Mitsubishi Triton menempati urutan pertama dengan penjualan sebanyak 336 unit. Xpander di urutan 2 dengan penjualan sebanyak 268 unit dan Avanza di urutan 10 dengan penjualan sebanyak 91 unit.

Di bulan Juni 2020 Honda Brio kembali menempati urutan teratas dengan penjualan sebanyak 895 unit. Xpander di urutan 4 dengan penjualan sebanyak 493 unit dan Avanza di urutan 9 dengan penjualan sebanyak 401 unit.

Bulan berikutnya, Juli 2020 Suzuki Carry Pick Up gantian memimpin dengan penjualan sebanyak 4622 unit. Xpander di urutan 5 dengan penjualan sebanyak 1.167 unit dan Avanza di urutan 6 dengan penjualan sebanyak 1.108 unit.

Dan pada bulan lalu, Agustus 2020 yang menempati posisi pertama mobil terlaris di Indonesia bukan Avanza atau Xpander, melainkan Nissan Livina. Tidak disangka-sangka Livina mencatatkan penjualan tertinggi sebanyak 6.338 unit. Xpander berada di urutan 7 dengan penjualan sebanyak 1.461 unit dan Avanza di urutan 17 dengan penjualan sebanyak 474 unit.

>>> 20 Mobil Terlaris Bulan Agustus 2020, Nissan Livina Paling Moncer

Foto All New Nissan Livina tampak dari samping depan

Untuk pertama kalinya Nissan Livina menjadi mobil paling laris di Indonesia

Toyota tetap favorit

Meski penjualan Avanza merosot, Toyota tetaplah merek favorit. Sepanjang 2020 hingga bulan Agustus penjualan Toyota telah mencapai 97.728 unit. Toyota menguasai 30,2 persen dari seluruh penjualan mobil di Indonesia yang mencapai 323.507 unit. Toyota masih punya andalan lain selain Avanza yang turut berkontribusi besar terhadap penjualan, seperti Innova, Rush, Calya, Agya, dan yang lain.

Menarik dinantikan performa Avanza di bulan September, sudah kembali ke posisinya sebagai mobil paling laris atau masih harus di belakang model lain.

>>> Cari dan temukan mobil Avanza pilihanmu di sini!

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Murah Meriah, Inilah Harga Kampas Rem Mobil Avanza Original vs Aftermarket

30/06/2019

Perawatan dan service

3 menit

Kampas rem alias Brake Pads merupakan komponen Fast-Moving yang mana perlu diganti secara berkala. Seperti halnya mobil sejuta umat alias Toyota Avanza, kampas rem harus selalu dicek dan diganti jika dirasa perlu. Nah, buat sobat Cintamobil.com yang mengalami masalah tersebut, ini dia harga kampas rem mobil Avanza, benar-benar murah meriah.

Lihat juga

Berbeda dengan Servis Berkala, Berapa Biaya Tune Up Toyota Avanza?

22/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tune up dan sevis berkala merupakan dua hal yang berbeda. Bagi pengguna ‘Mobil Sejuta Umat’ ini, berikut biaya tune up Toyota Avanza yang perlu Anda keluarkan.

Lihat juga

Lebih Mewah, Ternyata Segini Harga Pasang Sunroof pada Toyota Avanza

16/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Anda bisa menambahkan sunroof pada Toyota Avanza untuk tampilan yang lebih mewah. Tapi, apa saja kelebihan dan kekurangan serta harga pasang sunroof pada Toyota Avanza?

Lihat juga

Ini Tekanan Angin Ban Mobil Toyota Avanza yang Disarankan

17/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Selain untuk kenyamanan, ternyata tekanan angin penting sebagai penunjang keselamatan. Berikut beberapa tips mendapatkan tekanan angin ban mobil Toyota Avanza untuk Anda.

Lihat juga

Saatnya Ganti Oli? Ini Oli Mobil Terbaik untuk Toyota Avanza Anda

04/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Kesalahan dalam memilih oli sangat mungkin berdampak buruk pada mobil Anda. Karena itu, Cintamobil.com berikut tips memilih oli mobil terbaik untuk Toyota Avanza Anda.

Lihat juga
 
back to top