Sudah 2,2 Juta Orang Indonesia Jadi Pemilik Innova dan Fortuner

16/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Sudah 2,2 Juta Orang Indonesia Jadi Pemilik Innova dan Fortuner
Innova cukup digemari orang Indonesia di segmen MPV, sedangkan Fortuner di segmen High SUV. Tercatat sudah 2,2 juta orang menjadi pemilik Innova dan Fortuner.

Kijang Innova dan Fortuner, menjadi dua dari deretan produk andalan Toyota di Indonesia. Mengisi segmen yang berbeda, keduanya diklaim unggul di kelasnya masing-masing. Bila Kijang Innova sanggup bertahan di segmen MPV medium, Fortuner juga kian mengokohkan kakinya di pasar SUV 7-seater. 

Toyota mengklaim bahwa baik Innova maupun Fortuner dikembangkan untuk menyesuaikan konsumen di pasar Asia, lebih spesifik lagi di Tanah Air.

Kijang Innova

Tampilan baru Innova Venturer

>>> 5 Pilihan Mobil Rp 400 Jutaan Selain Toyota Innova 2020

Sudah Lampaui 2,2 Juta Orang Pengguna

Tak heran kalau keduanya kerap unggul di segmen MPV maupun SUV bongsor. Tercatat sejak pertama kali diluncurkan, secara total pemilik Innova dan Fortuner di Tanah Air sudah mencapai 2,2 juta orang. 

"Hingga sekarang kedua produk ini menjadi market leader di kelasnya masing-masing. Secara total Terbukti kedua produk ini secara total telah menemani mobilitas 2,2 juta penumpang di Indonesia," ungkap Vice President Director PT Toyota Astra Motor Henry Tanoto saat peluncuran virtual Innova dan Fortuner, Kamis (16/10/2020). 

Pada periode Januari hingga Agustus 2020, Kijang Innova berhasil menguasai 94% pangsa pasar Whole Sales Medium MPV dengan angka penjualan 17.619 unit. Sementara itu, Fortuner berhasil mencatat pangsa pasar 41,1% di segmen High SUV dengan angka penjualan 6.807 unit.

Toyota Fortuner

Fortuner diklaim menjadi yang terdepan di kelasnya

Toyota Fortuner sejak awal dirancang sebagai kendaraan SUV dengan kapasitas 7 penumpang yang tidak hanya mampu melintasi segala medan, tapi juga menjadi kendaraan yang nyaman untuk digunakan dalam mobilitas sehari-hari. Salah satu bukti ketangguhan New Fortuner adalah partisipasi SUV gagah ini di ajang lomba balap Asia Cross Country Rally bersama pembalap Takuma Aoki, yang dulunya juga menjadi pembalap motor GP500 (sekarang Moto GP).

Rute Asia Cross Country Rally didesain melewati berbagai macam kondisi jalan hutan, rawa, menyeberangi sungai dan juga padang pasir. Tidak hanya itu, peserta juga akan dihadapkan pada cuaca yang tidak bisa diprediksi dan membuat medan lomba kian menyulitkan. Tidak heran bila reli ini disebut sebagai Reli Dakar versi Asia. 

>>> Toyota Fortuner Facelift dan Innova Meluncur Bersamaan, Intip Harganya

Kijang Innova Jadi Andalan sejak 1977

Seperti keikutsertaan New Hilux di Reli Dakar, Toyota membuktikan ketangguhan performa New Fortuner di semua rute Asia Cross Country Rally dan memperoleh banyak informasi berguna untuk pengembangan New Fortuner sesuai dengan filosofi to make ever-better cars. Pemilik Innova dan Fortuner memang berasal dari kalangan yang berbeda. 

Innova yang mengisi segmen MPV medium 7-seater menjadi salah satu mobil legendaris di Tanah Air. Kijang Innova tidak hanya dipakai di Indonesia tapi juga di banyak negara lain. Kijang Innova merupakan pilihan utama mayoritas keluarga Indonesia yang mendambakan sebuah Medium MPV yang nyaman dan premium.

Innova Venturer

Venturer merupakan varian tertinggi pada Innova

Sejak awal diluncurkan di tahun 1977, MPV ini dikembangkan berdasarkan berbagai macam kebutuhan mobilitas keluarga Indonesia dengan tetap mempertahankan DNA-nya yaitu durability, comfortability, dan peace of mind selama 43 tahun. Hingga saat ini, MPV legendaris ini telah terjual hampir 2 juta unit.

Tentunya dengan hadirnya model baru, diharapkan pemilik Innova dan Fortuner akan terus bertambah. Tak bisa dipungkiri, polesan eksterior dan interior serta penambahan fitur memang bisa menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan penjualan suatu model. 

>>> Bukan Avanza, Mitsubishi Xpander di Vietnam Jadi Rival Toyota Innova

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Review Toyota Kijang Innova 2015

Rp 290.600.000

07/02/2018

Editor rate:

Siapa yang tidak kenal dengan Toyota Innova, mobil MPV yang masih satu saudara dengan Avanza dan juga digandrungi oleh sejuta umat di Indonesia. Toyota Innova 2015 atau yang disebut dengan Toyota New Kijang Innova merupakan mobil MPV terbaru dari Toyota yang diperkenalkan pada tahun 2014 silam. Apa saja kelebihan dari mobil ini? Review Toyota Kijang Innova 2015 akan dijabarkan di bawah ini.

Lihat juga

Review Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020: Kijang Untuk Penggemar TRD

Rp 431.950.000

23/09/2020

Editor rate:

Menjelang akhir masa edarnya, PT Toyota Astra Motor meluncurkan trim terbaru Innova, agar jelas simak Review Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020 berikut ini

Lihat juga

Toyota Innova Facelift Meluncur, Model Lamanya Diskon Hingga Rp 30 Juta

16/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Toyota Innova Facelift dan juga Toyota Fortuner Facelift resmi meluncur bersamaan di Indonesia. Lalu bagaimana dengan model lamanya untuk bisa memikat konsumen?

Lihat juga

Harga Tembus Rp 700 Jutaan, Pilih Toyota Fortuner Baru atau Model Lain?

15/10/2020

Jual beli

8 menit

Toyota Indonesia resmi memperkenalkan New Fortuner 2020, harganya mulai Rp 504 juta hingga Rp 704 jutaan. Apakah Fortuner baru ini masih layak dimiliki atau pilh kompetitornya yang ternyata lebih murah?

Lihat juga

Ini Alasan Mengapa Toyota Tak Hadirkan New Fortuner Legender di Indonesia

15/10/2020

Mobil baru

3 menit

Diperkenalkan bersamaan dengan Toyota New Innova, ternyata PT Toyota Astra Motor (TAM) tak memperkenalkan varian tertinggi New Fortuner Legender di Indonesia layaknya di Thailand. Mengapa?

Lihat juga