Cegah Menumpuknya Pengguna Bus, Italia Subsidi Pembelian Sepeda

24/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Cegah Menumpuknya Pengguna Bus, Italia Subsidi Pembelian Sepeda
Pemerintah Italia berikan subsidi untuk warganya yang ingin membeli sebuah sepeda untuk menekan penumpukan pengguna bus. Subsidi ini mencapai Rp 8 juta.

Ada fenomena unik setelah Pemerintah Italia mengakhiri aturan lockdown saat kurva pandemi Covid-19 perlahan menurun. Banyak masyarakat kini menjauhi transportasi umum dan menanggapi insentif pemerintah untuk membantu lingkungan dengan membeli sebuah sepeda.

>>> Orang yang Membeli Mobil saat Pandemi Berasal dari Kalangan Atas

Gambar menunjukan bus

Subsidi ini dilakukan untuk menekan jumlah pengguna bus

Sebagai informasi, untuk menjauhkan penumpukan masyarakat menggunakan bus dan menghindari kemacetan di jalan, pemerintah Italia telah menawarkan untuk memberikan subsidi hingga 500 euro (Rp 8 jutaan) untuk penduduk kota yang membeli sepeda listrik atau sepeda pedal biasa. Subsidi ini dimulai pada 4 Mei dan berjalan sampai akhir tahun.

Sekitar 540.000 sepeda telah terjual secara nasional di Italia sejak toko-toko kembali dibuka ada awal Mei lalu. Penjualan tersebut telah meningkat sebanyak 60% dibandingkan periode yang sama pada 2019.

>>> Segera meluncur, Bentley Unggah Teaser Bentayga Facelift 2021

Gambar menunjukan sebuah Sepeda

Setiap pembelian sepeda akan mendapatkan subsidi hingga Rp 8 juta dari Pemerintah Italia

"Mei merupakan bulan yang luar biasa untuk pasar e-sepeda," kata Gian Franco Nanni, kepala eksekutif produsen kendaraan listrik Italia Askoll EVA kepada Reuters. "Kami telah melihat pertumbuhan pesanan tiga digit dibandingkan dengan tahun lalu." katanya.

Dengan lebih dari 34.600 kematian akibat pandemi Covid-19. Italia menjadi negara tertinggi keempat di dunia yang warganya meninggal akibat virus tersebut. Hingga kini pihak berwenang masih memperingatkan risiko infeksi masih tinggi di tempat-tempat ramai.

>>> Tokopedia Bersama Kemenperin Ajak Masyarakat Ikuti #GerakanOtomotifNasional

Pemerintah Italia juga telah menyiapkan dana sebesar 120 juta euro untuk rencana insentif ini, dan mengatakan akan menyediakan lebih banyak dana lagi jika diperlukan. Penggunaan sepeda secara tradisional sebelumnya telah populer di kota-kota seperti Bologna dan Parma, tetapi sekarang juga menjadi lebih populer di seluruh Italia.

"Kami telah menjual lebih dari 50 sepeda sejak kami membuka toko kembali." kata Simone Lazzaretti, yang mengelola toko sepeda Lazzaretti di ibu kota Roma, tempat dimana sepeda sebelum tidak pernah benar-benar menarik perhatian karena adanya sarana bus untuk berkeliling kota.

>>> Berita otomotif yang terbaru dan menarik selalu ada di sini

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top