Bantu Sektor Otomotif, Prancis Berikan Subsidi Sebesar Rp 129,3 Triliun

28/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pemerintah Prancis berencana untuk memberikan dana insentif sebesar Rp 129,3 triliun untuk bantu pulihkan sektor otomotif akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Pemerintah Prancis dilaporkan telah berjanji mengeluarkan insentif dana total 8 miliar euro (Rp 129,3 triliun) untuk membantu industri otomotif pulih dari krisis virus corona atau Covid-19. Dana tersebut termasuk peningkatan insentif untuk kendaraan listrik.

>>> Kondisi New Normal Berpotensi Kerek Penjualan Mobil Baru

Gambar menunjukan Mobil listrik renault

Subsidi dari Pemerintah Prancis ini berlaku juga untuk kendaran listrik

Berbicara di pabrik suku cadang Valeo di Prancis utara, Presiden Emmanuel Macron mengatakan pemerintah ingin Prancis menjadi pemimpin Eropa dalam pengembangan mobil listrik dengan membuat pabrikan otomotif memproduksi dan mengembangkan model baru khusus hanya di Prancis. 

"Kita tidak hanya perlu menyelamatkan industri tetapi mengubahnya. Kami bertujuan membuat Perancis sebagai produsen kendaraan bersih teratas di Eropa dengan membawa hasil lebih dari 1 juta mobil listrik dan hybrid per tahun selama lima tahun ke depan. Ini adalah rencana bersejarah untuk situasi bersejarah." kata Macron mengomentari tujuan insentif ini.

>>> 111 Ribu Kendaraan Tercatat Menuju Jakarta pada Libur Lebaran

Untuk membantu mencapai tujuan itu, Macron mengatakan Prancis akan meningkatkan bonus negara bagi konsumen yang membeli mobil listrik menjadi 7.000 euro (Rp 113,9 juta) dari sebelumnya 6.000 euro (Rp 87,6 juta). 

Sedangkan pelanggan bisnis seperti perusahaan mendapatkan insentif sebesar 5.000 euro. Selain itu bonus 2.000 euro (Rp 32,5 juta) juga diberikan untuk kendaraan plug-in hybrid yang dapat melakukan perjalanan setidaknya 50 km dengan daya baterai saja.

>>> Beginilah Tampilan Suzuki Jimny Made In China

Gambar menunjukan mobil lawas toyota

Subsidi ini berlaku juga untuk tukar tambah mobil lawas dengan mobil baru yang ramah lingkungan

Menariknya lagi ada juga program subsidi tukar tambah kendaraan lawas yang kurang ramah lingkungan dan efisien dengan mobil baru yang lebih baik untuk lingkungan. Masyarakat Prancis yang menukar mobil lawas dengan mobil bensin atau diesel generasi terbaru bisa mendapatkan subsidi 3.000 euro, sedangkan yang menukarnya ke mobil listrik bisa mendapatkan subsidi sebesar 5.000 euro.

Langkah ini mulai berlaku 1 Juni sampai 31 Desember 2020 dibuat untuk memberikan stimulus untuk industri otomotif di Prancis. Penjualan mobil di Prancis sendiri mengalami penurunan sebanyak 72 persen pada Maret lalu dan 89 persen pada April dampak dari pandemi virus corona atau Covid-19.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top