Subaru AWD, 20 Juta Unit Dalam 49 Tahun

10/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Pada tahun ini Subaru AWD mencapai angka produksi ke-20 juta yang diraih dalam kurun waktu 49 tahun dan menandai salah satu inovasi yang legendaris

Pabrikan mobil dengan logo enam bintang dalam cluster Pleiades ini didirikan pada 15 Juli 1953, jadi sebentar lagi berulang tahun ke-68. Saat “merintis” karir sebagai pabrikan otomotif, kreasi awal Subaru adalah mobil jenis sedan dan MPV berukuran kompak antara lain  Subaru 1500 (1954),  Subaru 360 (1958), Subaru Sambar (1961) dan Subaru 1000 (1965). Pada masa itu, Subaru adalah salah satu dari 12 perusahaan yang tergabung dalam Fuji Heavy Industries (FHI).

Gambar Subaru Leone Wagon

Kali ini Cintamobil.com akan sedikit mengupas mengenai Subaru

Jadi wajar kalau fokus utama bisnis FHI bukan otomotif, melainkan industri berat, militer dan dirgantara. Alhasil, Subaru bukan pemain besar dalam kancah bisnis otomotif global. Setelah tahun 2017, FHI berganti nama menjadi Subaru Corporation dengan dua divisi bisnis; otomotif (Subaru) dan dirgantara (kontraktor dan produsen untuk militer Jepang).  

>>> Paket Aksesoris Subaru BRZ 2022 Bergaya JDM

Mesin Boxer

gambar mesin

Mesin boxer yang digunakan pada Subaru 1000

Subaru memulai inovasinya melalui Subaru 1000 (sedan & station wagon) pada tahun 1965 yang menjadi mobil Subaru pertama yang menggunakan mesin boxer dan salah satu mobil pertama di Jepang yang menganut sistem penggerak roda depan (mobil pertama di Jepang yang memakai sistem FWD adalah Suzuki Suzulight pada tahun 1955). 

Subaru AWD

Inovasi Subaru selanjutnya adalah Symmetrical All Wheel Drive (SAWD) yang versi awalnya tampil perdana melalui Subaru Leone Estate Van generasi pertama pada September 1972.  Generasi awal SAWD yang dipakai Subaru Leone adalah  jenis part-time mechanical all-wheel drive system dan bersifat opsional. Sejak itu hingga kini,  mayoritas  mobil  Subaru menganut resep mesin boxer dan SAWD sehingga kerap disebut Subaru AWD, kecuali Subaru BRZ dan kei car. 

gambar subaru

SAWD menjadi salah satu inovasi legendaris Subaru

Menjelang ulang tahun ke-50  paduan mesin boxer dan SAWD yang akan dirayakan pada tahun 2022, Subaru meraih prestasi istimewa berupa produksi mobil boxer + SAWD ke-20 juta unit yang dicapai Juni 2021. Subaru mengklaim model dengan SAWD alias varian Subaru AWD memberikan kontribusi penjualan pasar global hingga 98%.

Gajmbar Subaru WRX STi EJ20

Subaru modern sudah pakai Multi-mode Driver Control Centre Differential AWD

Pada tahun 1975, Subaru USA merilis Subaru AWD varian DL/GL wagon dengan fitur “On-Demand AWD” yang dioperasikan melalui tuas oleh pengemudi untuk mengubah mode  FWD menjadi mode AWD sambil melaju. Perkembangan berikutnya, SAWD generasi kedua dengan sistem  Full-Time AWD mulai digunakan pada akhir  tahun 1980 hingga awal 1990-an. Evolusi terbaru Subaru AWD adalah kehadiran fitur Multi-mode Driver Control Centre Differential AWD. 

Subaru di Indonesia

Kiprah Subaru di Indonesia dimulai pada tahun 1972 melalui PT Insan Apollo yang memasukkan  model Subaru Leone sedan 1400 DL, Coupe 1600 GSR, Subaru Rex dan pick-up mini bermesin 550 cc. Karena satu dan lain hal, PT Insan Apollo berhenti beroperasi pada tahun 1977. Setelah vakum cukup lama, Subaru kembali dipasarkan  di Indonesia oleh PT General Motors Indonesia (GMI) pada kurun waktu 1999-2004 dengan model Subaru Impreza 2.0 WRX dan Subaru Forester. 

gambar subaru

Peluncuran Subaru 1000 pada tahun 1966

Selepas GMI, keagenan Subaru mulai tahun 2011 dipegang oleh PT Motor Image Indonesia (MII) selaku anak perusahaan Tan Chong International Limited.  Untuk pasar Indonesia, MII  memasarkan  Subaru Impreza, Forester, R1, R2, Outback,  dan Exiga. Karena permasalahan hukum, keagenan Subaru oleh MII berhenti pada tahun 2015.

gambar subaru

Berganti-ganti kepemilikan merek sejak tahun 1972

Memasuki tahun 2021, Subaru kembali ke Indonesia melalui Agen Pemegang Merek (APM)  PT Plaza Auto Mega  (Plaza Subaru). Menurut Arie Christopher Setiadharma selaku Chief Operations Officer Plaza Subaru,  saat ini  pihaknya memfokuskan layanan servis lebih dahulu dan kemudian pada  akhir tahun 2021  merilis  produk-produk terbaru.   

>>> Subaru Comeback ke Indonesia, Luncurkan Mobil Baru di Akhir Tahun

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

 
back to top