Strategi Penghematan, VW Bakal Pangkas Jam Kerja Karyawan

28/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Strategi Penghematan, VW Bakal Pangkas Jam Kerja Karyawan
Tak cukup dengan melakukan penangguhan produksi, Volkswagen (VW) bakal memangkas jam kerja 80 ribu karyawannya di Jerman untuk menghemat biaya operasional.

Volkswagen (VW) telah menutup sejumlah pabriknya di China, Eropa, Rusia dan Amerika Serikat selama beberapa waktu. Hal tersebut imbas dari virus Corona (COVID-19) yang menjadi pandemi global. Meski sekarang perakitan VW di China mulai pulih dan meningkat, recovery global VW masih butuh diupayakan secara keras.

Foto pabrik Volkswagen di Wolfsburg Jerman

Volkswagen terdampak virus Corona (COVID-19)

Pangkas Waktu Kerja

Teranyar, Autonews, (25/3/2020) menulis VW bakal mempersingkat jam kerja seluruh karyawannya di Jerman yang jumlahnya sekitar 80 ribuan orang. Rencana ini merupakan efek lanjutan dari penutupan pabrik di Eropa. VW memanfaatkan aturan pemerintah Jerman yang membayar sebagian pengurangan gaji pekerja karena pengurangan jam kerja perusahaan.

Menurut seorang juru bicara VW pemangkasan jam kerja karyawan bakal mulai dilakukan di pabrik Dresden, Emden, Osnabrück, Wolfsburg dan Zwickau serta pabrik Volkswagen Commercial Vehicles di Hanover, pabrik dari Volkswagen Group Components di Brunswick, Kassel, Salzgitter, Chemnitz and Hanover dan pabrik Jerman SITECH hingga 9-10 April 2020 mendatang. Selain merek Volkswagen (VW), merek Audi dan Porsche, serta merek MAN yang merupakan anggota group VW juga berencana memangkas jam kerja demi penghematan dan yang terpenting menjaga kesehatan para karyawan.

“Kesehatan karyawan kami memiliki prioritas tertinggi. Kami akan memastikan bahwa mereka dapat kembali ke tempat kerja yang aman ketika kegiatan produksi dan logistik dilanjutkan. Dalam gugus tugas kami, kami sedang mengerjakan paket langkah-langkah komprehensif.” tutur Andreas Tostmann, Anggota Dewan Manajemen merek Volkswagen yang bertanggung jawab untuk Produksi dan Logistik.

>>> Virus Corona Meluas di Eropa, VW Tutup Pabriknya

Foto menunjukkan Karyawan Volkswagen sedang melakukan pekerjaannya

VW pangkas jam kerja karyawan

Sementara itu anggota dewan pengawas VW, Bernd Althusmann dalam sebuah pidato resmi di Hanover, Jerman menuturkan dampak pandemi virus Corona terhadap dunia bisnis cukup luar biasa, Jauh melebihi krisis keuangan yang terjadi tahun 2008-2009. Althusmann selain menjabat dewan pengawas VW merupakan menteri ekonomi di Lower Saxony, tempat VW memiliki kantor pusat globalnya.

>>> Mau beli mobil VW, cek koleksi dan harganya di sini!

Beri dukungan kepada diler

Untuk tetap memperlancar pemasarannya, VW memberi dukungan penuh kepada jaringan dilernya dengan likuiditas tambahan. VW menawarkan perpanjangan tempo pembayaran dan memperpanjang tunjangan kredit mulai 4 bulan (120 hari) hingga 9 bulan (270 hari) serta membuat penundaan pembayaran pokok dan suku bunga kepada Volkswagen Bank hingga 9 bulan.

Foto menunjukkan Pabrik VW di China

Pabrik VW di China mulai beroperasi lagi

>>> Berita mobil baru yang baru diluncurkan di dunia bisa Anda cari disini

 
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top