Stok BBM di Sumatra Aman Hingga Lebaran

17/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pertamina memastikan stok BBM di Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) sekaligus penyalurannya aman untuk kebutuhan masyarakat selama Ramadan hingga Idul Fitri 1442 H

Ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) menjadi hal penting di bulan Ramadan karena aktivitas masyarakat masih berjalan normal seperti biasa. Di wilayah Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) stok BBM serta penyalurannya dinyatakan aman dan penuh. Cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat selama bulan puasa hingga lebaran Idul Fitri 1442 H. Meski demikian pemantauan tetap dilakukan secara ketat dan serius dari suplai hingga distribusinya ke masyarakat.

“Pertamina akan terus melakukan pengamanan dan pemantauan suplai, distribusi serta penjualan BBM dan LPG. Jika masih diperlukan, Pertamina akan menambah stok dan penyaluran BBM serta LPG sesuai dengan kebutuhan masyarakat.” kata Unit Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Pemasaran Regional Sumbagsel, Umar Ibnu Hasan dalam keterangan resminya di laman resmi Pertamina, (16/4/2021).

"Untuk produk subsidi dan penugasan, akan dilakukan penyaluran fakultatif dan disesuaikan dengan kuota yang telah ditetapkan Pemerintah," tambahnya.

>>> Harga BBM Shell-Pertamina Naik. Ini Rinciannya!

Foto menunjukkan karyawan SPBU Pertamina memberi salam

Pertamina memastikan stok BBM aman selama Ramadan hingga Lebaran 2021

Siaga penuh

Mengantisipasi terjadinya lonjakan permintaan, sejumlah langkah dilakukan Pertamina Pemasaran Regional Sumbagsel. Di hulu dilakukan penguatan stok pangkalan. Untuk distribusi disiapkan Agen dan Pangkalan Siaga yang beroperasi selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1442 H. Dengan demikian sewaktu-waktu terjadi permintaan tambahan bisa dieksekusi dengan cepat.

"Pertamina juga memastikan keandalan sarfas BBM dan LPG, ketercukupan SDM termasuk Awak Mobil Tangki (AMT) dan semua Mobil Tangki (MT) serta infrastruktur dalam kondisi siaga penuh," tutup Umar.

Konsumsi BBM

Dilaporkan bahwa konsumsi BBM wilayah Sumbagsel pada bulan Maret 2021 mengalami peningkatan. Konsumsi BBM Non Subsidi jenis Gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) sekitar 5.128 Kiloliter, naik sekitar 6,8% dari konsumsi normal harian Februari 2021. Untuk konsumsi BBM Non Subsidi jenis Gasoil (Dex, Dexlite) sekitar 171 Kiloliter, naik 14% dari konsumsi normal harian bulan Februari 2021.

Pertamina mengimbau masyarakat untuk menggunakan BBM yang lebih berkualitas dengan oktan lebih tinggi dan ramah lingkungan. Bagi pengguna Premium bisa beralih ke Pertalite atau Pertamax, Pengguna Pertalite bisa beralih ke Pertamax. Sedangkan pengguna Biosolar B30 bisa beralih ke Dexlite atau Pertamina Dex.

Masyarakat bisa mendapatkan BBM di SPBU-SPBU terdekat atau outlet Pertashop untuk pengguna Pertamax. Tersedia juga layanan Pertamina Delivery Service (PDS) untuk masyarakat mendapatkan produk-produk berkualitas Pertamina, tanpa harus keluar rumah. Cukup menghubungi Pertamina Call Center 135 untuk mendapatkan layanan tersebut.

>>> Suka Pakai BBM Tak Sesuai Rekomendasi? Awas, Mesin Mobil Ngelitik

Foto motor mengisi BBM Pertamax

Stok BBM aman, disarankan memilih yang lebih berkualitas

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top