Stellantis Resmi Jadi Merek Otomotif! Lahir dari Merger FCA dan PSA Group

18/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Stellantis Resmi Jadi Merek Otomotif! Lahir dari Merger FCA dan PSA Group
Penggabungan antara FCA dan PSA menjadi merek Stellantis telah resmi selesai! Menarik untuk menunggu mobil baru yang akan dilahirkan dari merek baru ini.

Merger antara Fiat Chrysler Automobiles (FCA) dan PSA Group untuk menciptakan raksasa industri baru bernama Stellantis telah resmi selesai. Selesainya merger ini sekaligus mengukuhkan Stellantis menjadi produsen mobil terbesar keempat di dunia.

>>> Lahirnya Merek Stellantis Hanya Tinggal Menunggu Waktu

Gambar menunjukan Merek baru

Diatur menjadi pemimpin pada era baru mobilitas yang berkelanjutan

Menjadi Raksasa Baru Industri Otomotif

Stellantis memiliki filosofi mendalam, diambil dari bahasa latin stello yang memiliki arti menerangi bersama bintang. Hal ini menjadi representasi dari semangat optimisme, energi, dan pembaharuan dari penyatuan berbagai brand ke dalam inovasi. Merek baru ini siap untuk menjadi pemimpin pada era baru mobilitas yang berkelanjutan.

Stellantis kini memiliki 14 merek mobil, yaitu: Peugeot, Citroen, DS Automobile, Vauxhall, dan Opel, Fiat, Chrysler, Alfa Romeo, Lancia, Jeep, Dodge, Maserati, dan RAM. Penyatuan kedua brand FCA dan PSA ini juga akan menjadikan Stellantis sebuah raksasa otomotif baru di industri otomotif.

Menurut juru bicara PSA dan FCA, melalui merger keduanya pada akhirnya akan menghemat dana sekitar £ 3,2 miliar melalui campuran sinergi dan skala ekonomi. FCA dan PSA keduanya memiliki saham sebanyak 50/50 dari merek baru Stellantis ini. 

Tetapi karena CEO PSA Carlos Tavares adalah pemimpin Stellantis dan dewan direksi terdiri dari mayoritas anggota PSA, maka perusahaan Perancis secara efektif memegang kendali dari merek baru ini.

>>> Cara Mencegah Rem Mobil Blong

Gambar menunjukan Dua merek  mobil

Merger antara PSA dan FCA

Van dan SUV Jadi Andalan?

Selain menjadi perusahaan mobil terbesar keempat di dunia, Stellantis bisa menjadi pembuat mobil van besar di dunia. Secara tradisional van sendiri merupakan kekuatan dari PSA dan FCA.

Kemudian Kekuatan utama lainnya untuk perusahaan baru ini adalah SUV. Tahun lalu PSA mengungkapkan rencana untuk platform eVMP bertenaga listrik baru untuk mendukung kendaraan yang lebih besar. 

"Merger antara Peugeot S.A dan Fiat Chrysler Automobiles N.V yang membuka jalan penciptaan Stellantis N.V efektif mulai hari ini." kata pernyataan resmi kedua perusahaan seperti dikutip dari laman Reuters.

Dengan kelahiran resmi merek Stellantis sebagai pembuat mobil, saham perusahaan akan mulai diperdagangkan di Euronext di Paris dan Mercato Telematico Azionario di Milan pada Senin, 18 Januari 2021. Keesokan harinya, 19 Januari 2021, sahamnya akan berada di Bursa Efek New York. 

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top