Status Unicorn Tak Lekas Buat CARRO Indonesia Berpuas Diri, Ini Langkah Selanjutnya

09/09/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
CARRO mendapatkan suntikan dana US$360 juta dalam putaran pendanaan Seri C yang dipimpin oleh SoftBank Vision Fund 2, tapi itu tak membuatnya berpuas diri

Carro, marketplace otomotif terbesar di Asia Tenggara telah mengumumkan bahwa mereka mendapatkan suntikan dana sebesar US$360 juta dalam putaran pendanaan Seri C yang dipimpin oleh SoftBank Vision Fund 2. Namun hal itu tak lekas membuat marketplace mobil bekas ini berpuas diri.

Langkah Eskpansi

Ada beberapa langkah ekspansi CARRO selanjutnya pada Kuartal Akhir 2021 setelah mendapatkan status Unicorn. Salah satunya adalah langkah ekspansi, "Untuk langkah ekspansi kita sudah komitmen terutama di Indonesia. Kita akan ekspansi banyak AutoMall di kota-kota di luar Jakarta. Kita akan membuat cabang-cabang baru di seluruh kota-kota besar, seperti Jawa, Bali, dan Sumatera," jelas Aditya Lesmana, selaku co-founder dari CARRO kepada tim Cintamobil.com.

Konsumen CARRO

Kepuasan konsumen adalah yang utama

Lebih lanjut Adit sapaan akrab dari Aditya Lesmana ini juga menambahkan, "Dan pada pada saat yang sama kami juga (terus) memberikan experience yang lebih nyaman untuk semua konsumen di Indonesia. Yes, kita buka cabang, tapi itu dalam rangka membuat experience yang lebih baik (untuk konsumen). Jadi customer dapat melihat mobilnya di online (website)," paparnya.

Pilihan mobil bekas CARRO Indonesia

Beberapa stok mobil di diler CARRO

"Nah, at the same time (di waktu yang bersamaan) konsumen juga dapat menjadwalkan test drive serta melakukan pembelian melalui website dan melakukan pengecekan (unit) di cabang-cabang Carro seluruh Indonesia. Lebih banyak cabang, lebih banyak digital experience untuk konsumen dan juga lebih banyak bekerja sama dengan multifinance," tambah Adit.

CARRO Team

CARRO siap melayani Anda

"Customer Jurney yang kita tawarkan adalah menawarkan inventory platform mobil bekas terpercaya di platform Carro. Konsumen bisa melihat sendiri stoknya, dan kondisinya. Kita tampilkan semua informasi secara transparan dan mudah (diakses). Kalau konsumen tertarik, mereka bisa langsung mengajukan appointment (janjian) test drive," lanjut Adit.

>>> Carro Jadi Unicorn Marketplace Otomotif Pertama di Asia Tenggara

"Jadi kita menawarkan beberapa opsi, pertama kalau konsumen tertarik bisa langsung appointment untuk test drive di lokasi Carro, atau opsi kedua di mana konsumen bisa minta sales Carro untuk membawa mobil ke rumah mereka untuk test drive di lingkungan rumah mereka sendiri secara nyaman," tukasnya.

Dukung Kebiasaan Baru Konsumen

Langkah CARRO ini juga bertujuan untuk mendukung kebiasaan baru konsumen dalam hal beli mobil secara online. "Kita melihat ini di negara-negara yang lebih maju, seperti di Amerika, Singapura, Malaysia. Orang lebih terbiasa membeli barang-barang yang semakin mahal melalui situs online. Di Indonesia kita juga melihat transisi itu terjadi, selama dua tahun terakhir," tambah Adit ketika melakukan sesi wawancara ekslusif bersama kami.

CARRO Dealer

Ingin lihat langsung mobilnya? Bisa langsung datang ke diler

Adit pun menambahkan, "Tak bisa disangkal, public transport di Indonesia ini enggak terlalu bagus. Sehingga mereka open to the idea untuk memiliki mobil. Konsumen juga kini lebih terbuka untuk inspeksi mobil secara online, bahkan di Carro website. Bahkan di beberapa kasus, ada orang beli mobil di Makassar, di Timika Papua, mereka beli mobil tanpa lihat unit sama sekali. Jadi mereka mengunjungi website Carro, chat dengan admin kita, dan langsung bayar mobilnya online," ujarnya.

Test drive mobil di CARRO

Pembeli mobil makin ke sini semakin muda

"Saya pikir ini trendnya ada, dan juga di Indonesia ini warga mudanya sudah mulai terbuka (akan teknologi) kan, dan juga kemudahan akses mobil bekas terpercaya. Tapi ini memang perlu infrastruktur yang memadai," tutup Adit sembari tersenyum.

>>> Beli Mobil Bekas di Tangerang Lebih Mudah lewat CARRO Automall Point

Sekadar informasi CARRO saat ini sudah ada di tiga lokasi, yakni Karawaci, BSD, dan Bekasi - Harapan Indah. Saat ini mereka sedang mau proses mendirikan tiga cabang lagi di wilayah Pulau Jawa, hingga akhir 2021 ini targetnya total sudah ada 20 lokasi. Platform online akan sangat membantu, teknologi yang CARRO punya akan lebih memberikan adventage lagi bagi konsumen di Tanah Air.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top