SPLU Off Road, Pakai Panel Surya  

15/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
SPLU Off Road dengan panel surya yang mengubah sinar matahari menjadi daya listrik dan kemudian disimpan dalam baterai menjadi solusi pengisian baterai

Mobil listrik sudah menjadi keniscayaan. Dalam artian bukan hanya mobil aspal yang menjadi mobil listik, juga melebar hingga mobil  untuk menggaruk tanah (mobil off road). Lihat saja Jeep yang sudah merilis Jeep Wrangler 4xe. Walaupun secara teknis belum menjadi mobil listrik murni (BEV) karena masih butuh bantuan mesin pembakaran dalam (plug in hybrid). 

Masalahnya, daya baterai Jeep  Wrangler 4xe yang berkapasitas 17 kWh hanya mampu dipakai sejauh 34 km, padahal harapannya bisa menjangkau hingga 40 km. Terbayang saja ketika sedang asyik “main batu” di Rubicon Trail, eh, baterainya habis. Repotnya bukan main untuk mengisi ulang baterai. Sebab, mobil harus ditarik keluar dari lokasi bermain, lalu dibawa ke SPLU dan kembali lagi. Tidak begitu juga tampaknya....

>>> Mengenal Cara Kerja Mobil Listrik serta Kelebihan dan Kekurangannya

SPLU Sel Mentari 

gambar panel surya

Kini pengisian baterai bisa dilakukan di mana saja

Solusi dari Stellantis selaku perusahaan induk (holding company) Jeep adalah menyiapkan SPLU (stasiun pengisian listrik umum) di tiga lokasi off road yang populer di Amerika Serikat; Moab (Utah),  Rubicon Trail dan Big Bear (California). Lokasi SPLU tersebut berdekatan dengan lintasan Jeep Badge of Honor dan hasil kolaborasi antara Stellantis dengan Electrify America. 

Siap beroperasi mulai musim semi 2021, SPLU tadi terhubung dengan jaringan listrik atau memakai panel surya pembangkit listrik dan baterai untuk menyimpan daya listrik. Dari segi teknis, SPLU off road itu memiliki sistem pengisian Level 2 (240 Volt AC) dan mampu mengisi ulang  baterai Jeep Wrangler   4xe (17 kWh) dalam waktu dua jam hingga penuh.  

BEAM EV ARC 2020

gambar panel surya

Karena mengandalkan sinar matahari, SPLU ini bisa ditempatkan di mana saja

Walau Stellantis tidak menyebutkan kontraktor SPLU off road, saat ini di Amerika Serikat sudah ada produsen spesialis pembuat SPLU panel surya, salah satunya BEAM, yang berdiri tahun 2006. Salah satu produk BEAM untuk SPLU panel surya adalah EV ARC 2020 dengan kemampuan sun tracking untuk mengikuti pergerakan matahari agar fungsi pengisian selalu optimal.  

Bicara soal kemampuan kerja,  BEAM mengklaim panel surya EV ARC 2020 dapat membangkitkan daya listrik hingga 4,3 kWh dengan tegangan 120/240 Volt AC. Semua setrum listrik tadi disimpan dalam baterai berkapasitas 22/32/43 kWh dan disalurkan ke mobil melalui EV charger universal sehingga bisa melayani merek mobil apa saja dengan model  1-6 plug. 

>>> Inilah SPLU Kreasi Tiga Raksasa Eropa

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top