Spa 6 Jam: Toyota Menangi Debut LMH, Sean Gelael Podium LMP2

02/05/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Toyota Gazoo Racing memenangi balapan pembuka World Endurance Championship musim 2021, Spa 6 Jam di kelas LMH. Sedang pembalap Indonesia, Sean Gelael, naik podium di kelas LMP2.

Trio Toyota Gazoo Racing Kazuki Nakajima, Brendon Hartley, dan Sebastien Buemi berhasil memenangi putaran pertama World Endurance Championship (WEC) 2021, Spa 6 Jam, yang merupakan balapan pertama kategori Le Mans Hypercar dengan mobil barunya, Toyota GR010 Hybrid #8.

>>> Mengenal Lebih Dekat Spesifikasi Mobil Balap LMP2 Sean Gelael

Toyota finis 1-3, Gelael naik podium

Mendominasi sejak sesi latihan bebas, GR010 Hybrid #8 menuntaskan balapan 6 jam dengan keunggulan 1 menit 07,196 detik dari posisi kedua, Alpine-A480 Gibson #38 dari tim Elf Alpine Matmut yang dibela Andre Negrao, Nicolas Lapierre, dan Matthieu Vaxiviere.

Toyota GR010 Hybrid, pemenang Spa 6 jam

Toyota GR010 Hybrid memenangi balapan debutnya

Posisi ketiga ditempati polesitter, GR010 Hybrid #7 milik Kamui Kobayashi, Mike Conway, dan Jose Maria Lopez. Mereka tertinggal 1 lap dari pemenang setelah mengalami berbagai masalah saat balapan, termasuk ketika melebar di Hairpin Bruexelles, yang memupus asa finis 1-2 bagi Toyota.

Beralih ke LMP2, United Autosports terlihat sangat tangguh, dan tidak bisa disaingi rival-rivalnya dengan mendominasi balapan selama 6 jam. Trio Philip Hanson, Fabio Luca Scherer, dan Filipe Albuquerque unggul satu lap dari mobil LMP2 berikutnya.

Meski tidak bisa mengimbangi United Autosports, JOTA Sport tampil cukup impresif dengan menempatkan dua mobil Oreca 07-Gibson milik tim Inggris itu di podium Spa 6 Jam.

JOTA Sport #28 Spa Francorchamps 6 jam

Jika tidak mendapat penalti akhir balapan, Gelael cs bisa finis kedua

Sebenarnya, trio Sean Gelael, Stoffel Vandoorne, dan Tom Blomqvist yang memakai mobil #28 berpeluang untuk finis kedua. Namun, kontak dengan mobil LMH Alpine membuat mereka harus finis keenam secara overall, atau ketiga di kelas LMP2.

Adalah mobil JOTA #38 yang dikemudikan Roberto Gonzales, Antonio Felix da Costa, dan Anthony Davidson finis kedua. Pun demikian, hasil ini merupakan torehan terbaik Gelael, yang baru saja beralih dari open-wheel ke balap sportscar.

>>> Sean Gelael Sapu Bersih Dua Balapan ALMS Abu Dhabi

Porsche kuasai GTE, Andrew Haryanto lima besar

Beralih ke kelas GTE, skuat Porsche GT dengan Kevin Estre dan Neel Jani yang mengemudikan Porsche 911 RSR -19 #92 muncul sebagai pemenang, brand Stuttgart itu mengungguli AF Corse, yang finis 2-3 dengan Ferrari 488 EVO.

Kekalahan tersebut bisa dibalas di kelas GTE Am, dengan AF Corse menang lewat trio Francois Peroddo, Nicklas Nielsen, dan Alessio Rovera yang mengendarai 488 EVO #83.

Proton Competition Porsche

Selain Gelael, Andrew Haryanto juga tampil di Spa dengan finis lima besar di  kategori GTE Am

Sementara itu, pembalap Indonesia lain yang tampil di Spa 6 Jam, Andrew Haryanto, finis lima besar finis lima besar dengan Marco Seefried dan Alessio Picariello. Ketiganya mengendarai Porsche 911 RSR – 19 milik Dempsey – Proton Racing.

Setelah balapan ini, kalender World Endurance Championship 2021 akan berlanjut di Sirkuit Portimao, Portugal.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top