Songsong Era Baru WEC, Toyota Tampilkan Konsep Mobil Balap Hypercar

17/06/2019

Pasar mobil

4 menit

Songsong Era Baru WEC, Toyota Tampilkan Konsep Mobil Balap Hypercar
Toyota memastikan komitmennya untuk bertahan di WEC setelah memamerkan konsep mobil balap berbasis Toyota GR Super Sport yang akan digunakan pada musim perdana Hypercar WEC, 2020-2021 mendatang

foto render toyota hypercar WEC

Preview hypercar Toyota akan diturunkan di FIA WEC 2020-21

Toyota mengonfirmasi akan membangun prototype untuk musim debut Hypercar WEC, ketimbang menggunakan mobil jalanan untuk menyesuaikan regulasi baru yang berlaku mulai 2020-2021. Konsep yang akan digunakan Toyota Gazoo Racing adalah mobil mesin hybrid, dan berbasis mobil jalanan Toyota GR Super Sport. Adapun proses pengembangan saat ini masih dalam tahap desain, dan akan melakukan tes pada 2020.

“Saya senang untuk mengonfirmasi bahwa Toyota akan meneruskan program balap ketahanan setelah regulasi saat ini,” ujar Presiden Gazoo Racing, Shigeki Tomoyama.

Pemenang overall Le Mans 24 jam 2019, Toyota TS050 Hybrid

Toyota siap membangun suksesor TS050, penguasa WEC dan Le Mans 24 jam dua musim terakhir

>>> Hasil Le Mans 24 jam 2019: Toyota perkasa, Fernando Alonso juara dunia

“Terima kasih kepada ACO dan FIA untuk kerja keras mereka dalam menyelesaikan regulasi ini, di mana kami berharap akan kembali menghadirkan era keemasan balap ketahanan, tentu dengan beberapa pabrikan bertarung untuk Le Mans dan gelar World Endurance Championship.

“Bagi Toyota Gazoo Racing, era baru kompetisi ini adalah kesempatan luar biasa untuk menunjukkan reputasi kami. Tidak hanya sebagai tim balap melawan tim balap terbaik lainnya, namun juga sebagai pabrikan sportscar.”

Detail Toyota GR Super Sport

Toyota GR Super Sport, yang menjadi basis dari mobil WEC Hypercar Toyota 2021 mendatang

Dalam regulasi Hypercar WEC, mobil hanya diperkenankan memiliki tenaga maksimal 750 dk. Teknologi hybrid masih diperbolehkan meski tak diwajibkan, dan sistem tersebut tak boleh menambah tenaga lebih dari 270 dk.

>>> Temukan mobil Toyota idaman Anda di sini

Salah satu poin positif yang dimiliki mobil hybrid adalah motor listrik yang dapat digunakan sebagai penggerak roda depan, alhasil mobil hybrid di regulasi WEC Hypercar juga memiliki sistem penggerak semua roda (all-wheel drive).

Sebagai kendaraan konsep, Toyota GR Super Sport menggunakan teknologi hybrid dengan mesin tengah berkonfigurasi V6 twin-turbo 2,4 liter, dan diklaim memiliki tenaga 986 daya kuda.

>>> Simak berita balap lainnya di sini 

Dari segi desain, Toyota GR Super Sport tampak lebih seperti mobil balap ketimbang mobil jalanan jika melihat beberapa aspek seperti tidak adanya kaca belakang atau sirip belakang yang membagi dua bagian belakang mobil.

Mobil konsep Toyota GR Super Sport

Toyota GR Super Sport juga akan dijual umum, dan mencoba peruntungan di segmen hypercar

Untuk harga, Toyota GR Super Sport berada di level hypercar, diperkirakan harganya ada di sekitar enam digit (ratusan ribu dollar), dan mungkin bisa menembus satu juga dollar.

>>> Temukan berita otomotif lainnya di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top