Sokonindo Automobile, Geliat Baru Industri Otomotif di Indonesia

08/12/2017

Pasar mobil
Share this post:
Sokonindo Automobile, Geliat Baru Industri Otomotif di Indonesia
Bagi yang mengatakan bahwa industri otomotif di Indonesia sedang mengalami penurunan, sepertinya harus menarik kata-katanya lagi. Meskipun dalam beberapa fakta menjelaskan bahwa sedang ada penurunan tingkat pembelian mobil di pasaran Indonesia, hal ini tidak menurunkan semangat investasi bagi negara lain yang memandang Indonesia sebagai pasar potensial. Setidaknya, hal ini dibuktikan dengan hadirnya produsen mobil asal China, Sokonindo Automobile di Indonesia.

Pabrikan asal China nampaknya tidak takut lagi bersaing dengan produsen mobil dari Jepang, Korea Selatan, Amerika, maupun Eropa. Untuk Indonesia, banyak pabrikan mobil asal China yang ingin membuktikan eksistensinya pada pasar mobil tanah air. Setelah Wuling Motors hadir di Indonesia pada pertengahan 2017, Sokonindo Automobile pun mulai beroperasi di Indonesia yang juga disebut sebagai pasa mobil terbesar di Asia Tenggara.

Adegan di dalam sebuah pabrik mobil, ada banyak mesin di sini

Pabrikan Sokonindo Automobile di Indonesia

Banyak produsen mobil dari China yang mulai mengembangkan industrinya ke luar China, seperti Sokonindo Automobile. Perusahaan ini merupakan persahaan patungan antara Sokon Group Company Limited asal Hong Kong dengan Kasar Motorindo Industri di Indonesia. Perusahaan patungan tersebut telah menginvestasikan dan sebesar USD 150 Juta (atau sekitar 2 Triliun) untuk membangun pabrik mobil. Saat ini, pabrik mobil Sokonindo berada di Serang, Banten.

Selain memasok pasar domestik Indonesia, sebagian produksi mobil dari pabrikan ini akan di ekspor keluar negeri, terutama ke negara-negara Asia Tenggara lainnya. Dengan demikian, Indonesia telah menjadi pusat produksi prusahaan ini untuk wilayah Asia Tenggara.

beberapa orang memakai baju batik sedang mengunjungi sebuah prabik mobil

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto ketika mengunjungi pabrik baru Sokonindo

Pendirian pabrik ini pun mendapatkan respons yang positif dari Menteri Perindustrian Indonesia, Airlangga Hartanto. Pendirian pabrik manufaktur ini merupakan langkah positif dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia.

>>> Berminat berita baru mengenai pasar otomotif, jangan ragu mengklik di sini!

Saat ini, pabrikan ini sudah mempunyai 30 dealer mobil di Indonesia. Namun, Sokonindo menargetkan untuk memperluas jaringan perusahaan menjadi 150 dealer dalam 3 tahun ke depan.

sebuah mobil SUV berwarna silver sangat mewah sedang diparkir

Sokonindo Automobil akan mulai memproduksi SUV tahun depan

Chief Executive Officer dari Sokonindo Automobile, Alexander Barus, mengatakan bahwa dengan mempertimbangkan eksistensi perusahaan dalam menjadi pendatang baru di Indonesia, perusahaan ini pertama-tama akan fokus pada kualitas kendaraan. Kendaraan yang akan diproduksi semuanya akan bertaraf internasional. Namun, mobil tersebut akan dibanderol dengan harga yang bersaing untuk pasaran Indonesia. Sokonindo Automobile akam memproduksi kendaraan sport (SUV), kendaraan serbaguna (MPV) serta kendaraan komersial ringan.

Share this post:
 
back to top