Snap, Generasi Terbaru Maserati Tak Lagi Gunakan Mesin Ferrari

10/05/2019

Pasar mobil
Share this post:
Snap, Generasi Terbaru Maserati Tak Lagi Gunakan Mesin Ferrari
Sedang berada di tengah-tengah rencana penyegaran line-up model, Maserati tampaknya tak lagi menggunakan mesin Ferrari untuk generasi terbaru mobilnya.

Saat ini, Maserati sedang merencanakan penyegaran terhadap line-up mobilnya saat ini, dengan satu mobil SUV kecil, serta Levante dan Quattroporte dan sports car Alfieri kemungkinan akan mendapat generasi terbaru pada 2022 mendatang.

>>> Relokasi dealer, Maserati Indonesia hadirkan suasana premium untuk pelanggan

Maserati MC12 warna Biru

Salah satu hasil kerjasama Maserati-Ferrari, Maserati MC12

Sejak 2002, tiap mobil Maserati menggunakan mesin yang dibangun oleh Ferrari, hal ini bisa dilihat dari Fiat yang menyerahkan kendali Maserati kepada Ferrari pada dekade 1990-an. Berbagai model muncul pada era ini, yang dimulai dari Maserati Coupe and Spyder, generasi keempat saloon legendaris Quattroporte, serta sports car Maserati MC12, semuanya menggunakan mesin Ferrari, yang dirancang di Maranello.

>>> Sedang mencari Maserati atau Ferrari? Kami punya daftarnya

Namun setelah itu, Maserati kembali dikontrol Fiat Chrysler (FCA), sementara Ferrari menjadi perusahaan public setelah mengeluarkan IPO (Initial Public Offering) 2015 lalu. Ferrari memang masih membangun mesin untuk Maserati, mulai dari mesin V6 3 liter twin-turbo, V8 3.8 liter twin-turbo, hingga 4.7 liter Naturally Aspirated. Namun, masa-masa itu tampaknya akan berakhir.

Hal ini dikonfirmasi oleh CEO Ferrari, Louis Camilleri saat rapat pemegang saham paruh pertama. Berbicara pada analis, yang dikutip oleh Motley Fool, Camilleri mengonfirmasi Maserati tak akan memperpanjang kontrak mesin dengan Ferrari. Camilleri mengatakan rendahnya keuntungan dari bisnis mesin Ferrari pada kuartal awal 2019 disebabkan menurunnya penjualan Maserati.

>>> Selalu update kabar pasar mobil di sini

“Pada akhirnya, kami tak akan lagi menyuplai mesin ke Maserati, yang sebenarnya adalah hal bagus dari sudut pandang kami. Baik itu secara margin, ataupun fakta bahwa kami dapat mentransfer banyak pekerja yang sebelumnya fokus di sana,” papar Camilleri.

Meski belum tahu kapan berhenti memasok mesin untuk Maserati, tampaknya itu akan terjadi pada 2021 atau 2022. Setelah itu, Camilleri mengonfirmasi Ferrari tak lagi menyuplai mesin untuk pabrikan lainnya.

Penampakan Mesin Alfa Romeo Gulia Quadrifoglio

Maserati kemungkinan akan menggunakan mesin milik Alfa Romeo Giulia, yang masih berbasis Ferrari

Tanpa Ferrari, belum jelas bagaimana masa depan penyuplai mesin Maserati. Saat ini, kedua mesin V8 Maserati didesain oleh Ferrari, sementara mesin V6 mereka dibuat in house dengan desain dari Chrysler Pentastar. Mungkin, Maserati akan menggunakan mesin V-6 2,9 liter milik Alfa Romeo Giulia, yang diyakini berbasis dari mesin V6 twin turbo F154 milik Ferrari.

>>> Berita otomotif terlengkap hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Relokasi Diler Resmi, Maserati Indonesia Siap Layani Konsumen Setia dengan Nuansa Lebih Premium

25/11/2018

Pasar mobil

Lewat Maserati Excellence Service dan lokasi dealer resmi terbaru, PT Auto Trisula Indonesia selaku ATPM Maserati Indonesia siap memanjakan konsumen dengan nuansa lebih premium di lokasi prestisius.

Lihat juga

Ferrari Jakarta Suguhkan Spirit Ferraristi Lewat Ferrari Passione Day 2019

25/03/2019

Event - Promosi

Memperkenalkan deretan line-up terkini beserta aktivitas yang sesuai dengan spirit Ferrari, Ferrari Passione Day 2019 sukses rangkul minat penikmat supercar dan mobil sport di Indonesia.

Lihat juga

Alfa Romeo Racing: Nama Baru Sauber F1 Team Pembawa Nilai Historis Sekaligus Pertegas Koneksi dengan Ferrari

08/02/2019

Event - Promosi

Hadirnya Alfa Romeo Racing menggantikan nama Sauber F1 Team menandai dua hal penting dalam dunia Formula 1.

Lihat juga

Pegang Wasiat Marchionne, Supercar Listrik Ferrari Segera Hadir?

30/08/2018

Mobil baru

Sergio Marchionne meninggal dunia meninggalkan satu pernyataan tegas "Ferrari bakal menjadi merek pertama yang menciptakan supercar listrik". Apakah Ferrari bakal benar-benar meluncurkan supercar listrik?

Lihat juga

Review Ferrari FF 2011

Rp. 4.000.000.000

22/01/2019

Editor rate:

Bisa dibilang, review kali ini adalah mobil Ferrari paling praktis serta memiliki kapabilitas tinggi dibanding model Ferrari lainnya. Ya, Ferrari FF 2011 menjadi sebuah mobil Grand Tourer yang memiliki kapasitas 4 kursi serta menerapkan mode penggerak 4 Wheel Drive (4WD). Bahkan jika ditilik dari sejarahnya, FF adalah model Ferrari pertama yang menggunakan 4WD. Apa saja fitur yang dimiliki mobil mengesankan satu ini? Mari kita ulas bersama dalam review Ferrari FF 2011.

Lihat juga
 
back to top