Skenario Jasa Marga Mengantisipasi Kepadatan Lalu Lintas di Jalan Tol Metropolitan

17/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Skenario Jasa Marga Mengantisipasi Kepadatan Lalu Lintas di Jalan Tol Metropolitan
Mengantisipasi antrean dan kepadatan Jasa Marga berkoordinasi dengan Kepolisian mempersiapkan sejumlah skenario lalu lintas di jalan tol metropolitan.

PT Jasa Marga (Persero) melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad di Ruas Tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang-Cengkareng, JORR, serta Cipularang dan Padaleunyi​ terus mempersiapkan diri menyambut Lebaran 2020, meski mudik tengah dilarang. Setidaknya ada 4 layanan yang operasional yang jadi perhatian utama, yaitu Layanan Transaksi, Layanan Lalu lintas, Layanan Kontruksi, dan Layanan Rest Area.

>>> Kesiapan Jasa Marga Metropolitan Sambut Lebaran 2020

Skenario lalu lintas

Foto kepadatan lalu lintas di jalan tol pada siang hari

Meski ada larangan mudik Jasa Marga tetap mempersiapkan langkah antisipasi jika terjadi kepadatan

Mengantisipasi antrean kendaraan atau kepadatan lalu lintas yang mungkin terjadi, Jasa Marga berkoordinasi dengan Kepolisian menyiapkan sejumlah skenario lalu lintas di beberapa titik lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan, misalnya:

  1. Gerbang Tol Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi dengan memberlakukan one way barrier gate
  2. Pada Jalan Tol Jagorawi, akan dilaksanakan rekayasa lalu lintas dengan sistem one way dan contra flow pada KM 44+600 s.d KM 46+400 arah Ciawi dan Sukabumi;
  3. Sementara itu, jika dampak kepadatan lalu lintas menuju Cikampek, lalu lintas akan dialihkan melalui Tol Tanjung Priok dan Arteri Tomang untuk melanjutkan menuju Cikampek.
  4. Jika terjadi kepadatan pada Jalan Tol Cipularang, atas ijin BPJT dan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, serta berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, akan diberlakukan jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan, mulai dari Simpang Susun Sadang sampai dengan Jalan Industri sepanjang 7,5 km secara situasional.

Lebih baik #DiRumahAja

Terkait dengan Pelarangan Mudik dari Pemerintah, Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat lebih baik #DiRumahAja menjalankan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagaimana diinstruksikan pemerintah.

Tidak hanya tidak mudik, masyarakat juga dihimbau untuk tidak piknik maupun berkeliaran di luar rumah. Jika harus keluar rumah hingga berkendara untuk kebutuhan mendesak, agar tetap mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan gunakan alat tapping e-toll untuk transaksi di gerbang tol.

>>> Terpaksa Berkendara Keluar Rumah saat WFH? Perhatikan 10 Hal Berikut!

Gambar menunjukkan kampanye tidak mudik

Disarankan untuk lebih banyak di rumah jika tidak ada keperluan yang benar-benar mendesak

>>> Berita terbaru seputar otomotif dan lalu lintas lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Jelang Lebaran, Waktu Singgah Pengunjung Rest Area Jalan Tol Cuma 30 Menit

14/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Mengantisipasi adanya lonjakan arus mudik Lebaran 2020, Jasa Marga akan membatasi waku pengunjung berada di dalam rest area jalan tol maksimal 30 menit.

Lihat juga

Pemerintah Larang Mudik, Jalan Tol Tak Ditutup tapi Dibatasi

22/04/2020

Event - Promosi

3 menit

Pemerintah secara resmi telah melarang mudik. Sejumlah skema pun disiapkan termasuk sejumlah jalur mudik di tol dibatasi. Hanya kendaraan logistik boleh lewat.

Lihat juga

Ada Pandemi Covid-19, Sejumlah Proyek Jalan Tol Ditargetkan Rampung Tahun Ini

06/05/2020

Pasar mobil

5 menit

Meksipun masih dalam masa pandemi virus corona, namun Jasa Marga memastikan sejumlah proyek jalan tol ditargetkan selesai tahun ini dan bisa segera dioperasikan untuk umum.

Lihat juga
 
back to top