Sistem Keselamatan yang Rendah, Hati-Hati Berikan Mobil Lama pada Anak

29/05/2018

Pasar mobil
Share this post:
Sistem Keselamatan yang Rendah, Hati-Hati Berikan Mobil Lama pada Anak
Banyak yang menyangka bahwa menggunakan mobil lama untuk belajar mobil merupakan pilihan terbaik. Masalahnya, penelitian baru-baru ini menunjukan bagaimana sistem keselamatan mobil telah meningkat, dan tingkat keselamatan mobil lama lebih rendah dibandingkan mobil baru.

Anggapan untuk menggunakan mobil lama atau yang sudah tua bagi pengemudi baru memang berkembang di masyarakat. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Namun, yang menjadi masalahnya adalah sistem keselamatan mobil tua atau mobil tahun tinggi yang lebih mudah rusak ketika terjadi tabrakan sangat rentan bagi pengemudi baru.

Hal ini terungkap berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Program Penilaian Mobil Baru Australasia (Australasian New Car Assessment Program /ANCAP) pada Pekan Keselamatan Jalan Global PBB minggu lalu. Badan penilaian keamanan Australia dan Selandia Baru ini menggunakan dua mobil Toyota Corolla yang bertabrakan satu sama lain dengan kecepatan 65 km/jam.

Hasil uji coba tabrakan Corolla 1998 dan 2015

 

Untuk menguji ketangguhan mobil lama dan mobil baru, ANCAP menggunakan Toyota Corolla tahun 2015 diadu dengan Corolla keluaran 1998. Dan hasilnya tidak mengejutkan, generasi ketujuh Corolla sukses dibuat hancur oleh Corolla keluaran 2015.

>>> Ulasan terbaru Toyota Corolla 2017 disini

Tujuan dari tes ini, menurut ANCAP, adalah untuk menyoroti seberapa banyak perbedaan teknologi keamanan kendaraan baru yang dibuat untuk meminimalisir cedera yang terjadi akibat kecelakaan. Perubahan dan pembaruan sistem keamanan diketahui memberikan peningkatan dalam penanganan kecelakaan.

Corolla 1998 yang dijual di Australia bahkan tidak memiliki airbag, meskipun airbag penumpang dan pengemudi merupakan salah satu sistem wajib yang harus dimiliki oleh kendaraan di Amerika pada 1998. ANCAP memberikan nilai 0.46 dari total nilai 16 dengan adanya cedera di kepala, dada, dan kaki yang parah yang ditunjukan pada sensor dummies (peraga pengganti manusia).

>>> Informasi pasar mobil paling update ada disini

Untuk Corolla keluaran 2015, ANCAP memberikan nilai 12.93 dari total 16 poin dan mendapatkan bintang lima. Tes tersebut mengungkapkan bagaimana dummies yang mewakili penumpang bisa keluar dengan baik meskpun memiliki sedikit cedera. Airbag serta struktur tabrakan yang menyerap energi sangat penting dalam menjaga keselamatan penumpang.

Gambar yang menunjukan mobil baru Toyota Corolla 2015 berwarna putih

Toyota Corolla 2015 berhasil mendapatkan bintang lima dari ANCAP

Perbedaan sistem keselamatan antara dua mobil yang sangat timpang, dijelaskan oleh CEO ANCAP, James Goodwin, “Sangat disayangkan kami cenderung melihat pengemudi paling berisiko kami - yang muda dan tidak berpengalaman, serta orang tua dan lebih lemah - dalam kendaraan yang paling berisiko, dan kami berharap tes ini mempromosikan informasi untuk mendorong semua pengendara untuk mempertimbangkan keamanan mobil mereka.”

Sebagaimana dijelaskan oleh Goodwin, penelitian ini menjelaskan bahwa menggunakan mobil tahun lama bagi pengemudi baru atau pengemudi yang sudah tua meningkatkan resiko cedera yang terjadi ketika terjadi kecelakaan. Bagi masyarakat yang ingin memberikan pengalaman pertama mengemudi bagi remaja, mungkin membelikan mobil baru atau tahun tinggi bisa lebih menenangkan.

>>> Dapatkan beragam berita otomotif disini

Share this post:
 
back to top