Sistem Kemudi Otonom ini Buat Toyota GR Supra Drifting Tanpa Pengemudi

19/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Toyota GR Supra merupakan salah satu sportscar yang cukup dekat dengan dunia drifting. Tapi, kebayang g ajika sebuah sistem kemudi otonom bisa membuat mobil ini ngesot?

Drifting dan Toyota GR Supra adalah dua hal yang sulit dipisahkan, di mana aksi Supra generasi terbaru saat drifting selalu menjadi hal menarik untuk ditunggu. Namun, bagaimana jika aksi tersebut dilakukan tanpa pengemudi dengan mengandalkan sistem kemudi otonom drifting?

Tampilan depan Toyota GR Supra Autonomous Drift Car

Kebayang ga kalo sebuah Toyota GR Supra drifting tanpa pengemudi?

>>> Formula Supra: Modifikasi Toyota GR Supra Dengan Mesin F1

Proyek Riset Toyota

Tidak ini bukan prank, ini sungguhan. Toyota Research Instuture mendevelop sebuah sistem kemudi otonom drifting dengan reflek mengemudi yang tajam, selayaknya pembalap profesional.

“Para insinyur tengah melakukan penelitian tentang bagaimana menyatukan naluri pembalap profesional dan teknologi berkendara otonom. Tujuan mereka adalah mendesain teknologi keselamatan aktif level baru, dan membaginya secara luas, sehingga Toyota dan pabrikan lain dapat memakainya di line-up mobil jalanannya,” ujar Toyota Research Institute dalam websitenya.

Meski dilakukan untuk tujuan sains, tak bisa dipungkiri aksi Toyota GR Supra drifting tanpa pengemudi ini sangat keren. Anda bisa melihat videonya di mana GR Supra yang telah dimodifikasi selayaknya mobil drift dengan body-kit super lebar dan sayap belakang ukuran besar, melakukan drift selayaknya Daigo Sato.

Tampilan belakang mobil drifting otonom Toyota GR Supra

Secara tampilan pun dibuat selayaknya mobil drift beneran

Memang, masih ada pengemudi di dalam mobil, namun seperti yang ditunjukan kamera dalam mobil, sistem berkendara otonom drifting buatan Toyota ini mengontrol setir dan rem tangan.

>>> Modifikasi Toyota Supra Bertenaga 1.100 Hp Racikan Sepasang Kekasih

Sistem Otonom Naik Kelas

Selain membuktikan bahwa sistem berkendara otonom bisa melakukan hal yang menarik seperti drifting, aksi Toyota GR Supra Drifting tanpa pengemudi ini juga bisa menjadi awal dari teknologi otonom yang lebih canggih.

Tim Toyota Research Institute yang berada di belakang proyek mobil drift otonom GR Supra

Bukan tidak mungkin nanti Toyota GR Supra memiliki mode drift tanpa kemudi

Tidak sulit untuk membayangkan bagaimana insting seorang drifter bisa jadi ‘aset’ yang berharga bagi sebuah sistem berkendara otonom, khususnya dengan reflek super cepat yang bisa menghindari kecelakaan atau berpindah jalur.

Pada akhirnya, realitas mobil otonom semakin maju tiap tahun, bukan tidak mungkin Elon Musk dengan Teslanya mencoba membuat video drifting seperti ini. Atau mungkin, mode drift tanpa kemudi ada di dalam paket sistem keamanan aktifi Toyota?

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top