Sirkuit Termas de Rio Hondo Terbakar, MotoGP Argentina Terancam

08/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Sirkuit Termas de Rio Hondo Terbakar, MotoGP Argentina Terancam
Akhir pekan lalu, Sirkuit Termas de Rio Hondo mengalami kebakaran hebat. Dengan paddock terkena dampak paling parah, nasib MotoGP Argentina 2021 jadi tak menentu.

Peristiwa kebakaran baru saja menimpa Sirkuti Termas de Rio Hondo, Argentina. Api yang melahap Sirkuit Termas de Rio Hondo mulai muncul pada Jumat (5/2) malam waktu setempat, dan langsung ditangani dinas pemadam kebakaran setempat.

Penyebab Sirkuit MotoGP Argentina Tebakar ini belum diketahui, namun bagian penting sirkuit dilalap si jago merah. Mulai dari sebagian besar pitbox, ruang pers, dan VIP. Untungnnya, tidak ada korban jiwa dari peristiwa mengerikan ini.

>>> MotoGP Qatar 2021 Terancam Batal Akibat Kasus Covid-19 Makin Tinggi

Bangunan pit rusak parah

Hal ini dikonfirmasi oleh Direktur Sirkuit Hector Toti Farina, yang mengatakan bangunan pit Sirkuit Termas de Rio Hondo rusak parah, namun bagian sirkuit lainnya selamat. Lebih lanjut, diumumkan Sirkuit mendapat perlindungan asuransi kebakaran, dan akan kembali dibangun sesegera mungkin.

Sirkuit Termas de Rio Hondo terbakar

Pit lane jadi bagian paling parah terkena dampak kebakaran

“Sayangnya seluruh Gedung pit hangus terbakar oleh api yang timbul jelang tengah malam di Sirkuit. Dengan bagian yang terdampak meliputi ruang pers, race control, dan lounge VIP. Sementara museum dan Menara kontrol di ujung pitlane, dan juga kantor lain dan pusat medis tidak mengalami kerusakan parah,” tulis pernyataan dari Sirkuit.

>>> Mercedes-AMG Umumkan Tanggal Peluncuran Mobil F1 W12

Pemulihan sirkuit berpacu dengan waktu

Beberapa hal bersejarah di museum trek sudah dipindahkan sebagai langkah pencegahan, sedang tindakan pengamanan lebih lanjut juga diambil untuk melindungi sisa bagian sirkuit.

Sirkuit Termas de Rio Hondo

Pihak sirkuit berpacu dengan waktu untuk memperbaiki kerusakan akibat kebakaran

Pihak Sirkuit Termas de Rio Hondo memiliki waktu sampai akhir tahun sebelum jadwal MotoGP Argentina diumumkan. Sebelumnya, balapan di Argentina dan Amerika juga ditunda karena pandemic COVID-19.

“Museum akan kembali dibuka untuk publik dalam beberapa hari ke depan. Trek sudah sepenuhnya dilindungi asuransi kebakaran, jadi masalah terkait ekonomi sudah teratasi. Namun, tentu dibutuhkan waktu lama untuk membangun lagi area yang diperlukan untuk kompetisi nasional dan internasional seperti MotoGP Argentina,” lanjut statement yang dikeluarkan pihak sirkuit.

“Untungnya, tidak ada korban dari kejadian ini, dan saya ingin berterima kasih kepada semua yang berkolaborasi untuk meredakan insiden yang disebabkan karena kencangnya angin.

“Terima kasih banyak untuk staff pemadam kebakaran, polisi, staf kota, dan pekerja trek, mereka melakukan segalanya untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Kami akan berkerja sekarang untuk melakukan segala kemungkinan untuk memenuhi jadwal yang telah kami rencanakan, termasuk MotoGP pada bulan November.”

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top