Simak Aturan Berpergian Naik Mobil Pribadi Mulai 1 April 2021

30/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Satgas Covid-19 merilis aturan berpergian termasuk saat naik mobil pribadi. Aturan ini berlaku mulai 1 April 2021 dan wajib dipatuhi pelaku perjalanan.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 merilis Surat Edaran Nomor 12 tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang dalam negeri dalam Masa Pandemi Covid-19. Surat Edaran ini dirilis dalam rangka mencegah dan memutus rantai penyebaran virus corona yang terus berpotensi meningkat melalui mobilitas manusia atua perjalanan orang.

Surat Edaran ini dimaksudkan untuk memperpanjang masa berlaku penerapan protokol kesehatan terhadap pelaku perjalanan orang di dalam negeri semasa pandemi sekaligus melakukan pembatasan pelaku perjalanan pengguna seluruh moda transportasi termasuk naik mobil pribadi.  

Rapid test antigen

Untuk tujuan tertentu diwajibkan sertakan hasil rapid test antigen

>>> Pengumuman! Masyarakat Dilarang Mudik 6-17 Mei 2021

Akan Ada Tes Acak

Bila Anda ingin berkendara naik mobil pribadi ataupun kendaraan umum bertanggung jawab atas kesehatannya masing-masing serta tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Khusus perjalanan rutin di Pulau Jawa dalam satu wilayah aglomerasi perkotaan tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat hasil tes RT-PCR/Rapid test antigen/tes GeNose C19 sebagai syarat perjalanan namun akan dilakukan tes acak apabila diperlukan oleh Satgas Penanganan Covid-19 di Daerah. 

Pelaku perjalanan transportasi darat pribadi diimbau melakukan tes RT-PCR atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan atau hasil negatif tes GeNose C19 di rest area sebagai persyaratan melanjutkan perjalanan dan akan dilakukan tes acak apabila diperlukan. 

Kemudian bila Anda ingin berkendara naik mobil pribadi tujuan Bali, maka wajib menunjukan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan atau hasil negatif tes GeNose C19 di bandara pelabuhan, dan terminal sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan mengisi e-HAC Indonesia. 

Pengisian e-HAC Indonesia diimbau bagi pelaku perjalanan dengan seluruh moda transportasi darat, umum, maupun pribadi. 

>>> Toyota Tawarkan Sekat Partisi untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Masker Wajib Menutupi Mulut

Woman with mask at drive thru with her car Free Photo

Masker digunakan menutup hidung dan mulut

Adapun, dalam edaran tersebut juga disebutkan bahwa penggunaan masker wajib dilakukan dengan benar menutupi hidung dan mulut. Jenis maskernya pun harus kain 3 lapis ataupun masker medis. 

Sepanjang perjalanan, para pelaku perjalanan ini tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon atau secara langsung sepanjang perjalanan dengan bila menggunakan moda transportasi umum darat, perkeretaapian, laut, sungai, danau, penyeberangan, dan udara. 

Nantinya Kementerian/Lembaga, TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah berhak menghentikan dan/atau melakukan pelarangan perjalanan orang atas dasar Surat Edaran ini yang selaras dan tidak bertentangan dan/atau ketentuan peraturan perundang-undangan. Instansi berwenang melaksanakan pendisiplinan protokol kesehatan Covid-19 dan penegakan hukum sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Surat edaran ini berlaku efektif mulai 1 April 2021 sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian sesuai dengan kebutuhan dan/atau dengan perkembangan terakhir di lapangan. 

>>> Semprot Mobil dengan Desinfektan Secara Berkala pada Fase New Normal

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top