SIM Mati Saat PPKM Bisa Diperpanjang Hingga 31 Agustus

23/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Kabar baik buat warga ibu kota, SIM mati saat PPKM bisa melakukan perpanjangan hingga 31 Agustus 2021. Tidak boleh telat karena prosesnya bakal lebih rumit.

Menyusul perpanjangan PPKM Jawa Bali yang akan dilakukan setiap minggu selama pandemi Covid-19, dispensasi pelayanan publik diberikan Ditlantas Polda Metro Jaya berupa perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Dispensasi hingga 31 Agustus

Diumumkan bahwa SIM yang habis masa berlaku atau SIM mati saat PPKM bisa dilakukan perpanjangan hingga 31 Agustus 2021.

“Bagi pemegang SIM yang habis masa berlakunya pada tanggal 3 Juli sampai 23 Agustus 2021 dapat diperpanjang pada tanggal 24 s/d 31 Agustus 2021 dengan mekanisme perpanjangan,” unggah TMC Polda Metro Jaya di Instagram @tmcpoldametro.

>>> Cara dan Biaya Perpanjang SIM C Online, Bisa Dikirim ke Rumah!

Foto menunjukkan Menko Marinvest Luhut Binjar Pandjaitan

Pemerintah masih memberlakukan PPKM

Diingatkan kepada warga yang punya SIM mati untuk benar-benar memanfaatkan dispensasi ini. Jika terlambat dispensasi tidak berlaku, warga harus membuat SIM baru lagi dengan segala prosedurnya.

“Bagi pemegang SIM yang tidak melaksanakan perpanjangan pada tenggang waktu tersebut akan melaksanakan mekanisme penerbitan SIM baru,” jelas @TMCPoldaMetro.

Perpanjangan PPKM

Seperti diketahui PPKM Jawa Bali diberlakukan sejak 3 Juli 2021 dan terus diperpanjang. Kebijakan ini diklaim berhasil menurunkan tren kasus Covid-19 secara signifikan.

Meski demikian pemerintah menegaskan tidak akan mengakhiri. PPKM akan terus digunakan selama Covid-19 masih menjadi pandemi di tanah air.

“Selama covid-19 masih menjadi pandemi, PPKM ini akan tetap digunakan sebagai instrumen untuk mengendalikan mobilitas dan aktivitas masyarakat,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/8/2021).

Kalaupun di satu wilayah terjadi penurunan yang sangat drastis, maka level PPKM yang diturunkan ke yang lebih rendah. Artinya mobilitas dan aktivitas masyarakat bakal lebih dilonggarkan dibanding sebelumnya.

“Jika situasi covid-19 makin membaik tentunya level PPKM akan diturunkan ke level lebih rendah. Dimana level 2, 3 dan 1 nantinya akan mendekati situasi kehidupan normal. Oleh karena itu evaluasi akan dilakukan setiap minggu sehingga perubahan situasi dapat kita respon secara cepat.” kata Luhut.

>>> Duh! Pemerintah Ingatkan PPKM Bakal Berlangsung Lama

Foto menunjukkan Dispensasi Perpanjangan SIM di Ibu Kota

Dispensasi perpanjangan SIM kembali diberikan selama PPKM

Di ibu kota selain dispensasi perpanjangan SIM mati saat PPKM, kelonggaran saat ini berupa penghentian penyekatan diganti dengan sistem ganjil-genap, uji coba pembukaan mall dan penambahan kapasitas pengunjung di restoran, rumah makan, dan kafe.

>>> Terapkan Ganjil Genap, Polda Metro Hentikan Penyekatan di Jakarta

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top