Wujud SIM Digital di Dalam iPhone

02/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Apple mengumumkan bahwa versi iOS berikutnya, sistem operasi yang mendukung iPhone untuk mengintegrasikan dukungan untuk menunjukan SIM digital.

Apple mengumumkan bahwa perusahaan teknologi tersebut telah bekerja sama dengan beberapa negara bagian di AS untuk meluncurkan fasilitas penambahan SIM digital atau ID negara ke Wallet di iPhone dan Apple Watch.

>>> Perang Mobil Listrik, Huawei Siapkan Pesaing Apple Car Rilis 2025

Gambar menujukan KTP

Bawa SIM dan KTP tidak perlu repot lagi

Tidak Perlu Repot Bawa Dokumen Fisik

Ini berarti pengguna Iphone dan Apple Watch tidak lagi harus membawa-bawa dokumen tradisional, meskipun jelas, semuanya tidak akan mungkin kecuali otoritas negara sendiri menyetujuinya.

Minggu ini, raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino itu mengumumkan bahwa total 8 negara bagian Amerika Serikat akan menerima ID digital melalui Apple Wallet, dimulai dengan Arizona dan Georgia.

Apple mengatakan pihak Administrasi Keamanan Transportasi akan mengizinkan pemindaian dokumen digital di pos pemeriksaan keamanan bandara tertentu. Apple memperkirakan lokasi dimana dokumen Apple Wallet didukung akan meningkat secara bertahap.

>>> Hidupkan Proyek Mobil Listrik, Apple Rekrut Mantan Petinggi BMW

Gambar menunjukan SIM Digital

Sudah mendaptkan izin pihak Administrasi Keamanan Transportasi AS

Jadi Lebih Aman?

Menurut Apple, delapan negara bagian di mana dokumen SIM digital dan ID negara yang disimpan di iPhone akan diterima untuk wilayah Arizona, Connecticut, Georgia, Iowa, Kentucky, Maryland, Oklahoma, dan Utah, dan banyak lagi akan segera menyusul.

“Penambahan SIM digital dan ID negara bagian ke Apple Wallet merupakan langkah penting dalam visi kami untuk mengganti dompet fisik dengan dompet seluler yang aman dan mudah digunakan,” kata Jennifer Bailey, wakil presiden Apple untuk Apple Pay dan Apple Wallet.

“Kami senang pihak Administrasi Keamanan Transportasi  dan begitu banyak negara bagian telah bergabung untuk membantu mewujudkan hal ini bagi para pelancong di seluruh negeri hanya dengan menggunakan iPhone dan Apple Watch mereka, dan kami telah berdiskusi dengan lebih banyak negara bagian saat kami bekerja untuk menawarkan ini secara nasional di masa depan,” tutupnya.

Jika iPhone Anda dicuri, melalui aplikasi Cari Milik Saya memungkinkan pemilik untuk melacak perangkat, menguncinya, dan menghapus semua data yang tersimpan di dalamnya, termasuk dokumen digital dari jarak jauh.

Tanpa ragu, menyimpan SIM di iPhone atau Apple Watch dinilai membuat semuanya jauh lebih nyaman, dan dalam jangka panjang, lebih banyak dokumen dapat digantikan oleh smartphone, cukup banyak mengubah dompet tradisional menjadi aksesori yang berlebihan di masa lalu. 

>>> Ngerem Mobil Matik Sebaiknya Tidak Pakai Kaki Kiri

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top