Siap-siap, Suzuki SX-4 S Cross Terbaru Bakal Meluncur Tahun Depan

12/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Suzuki telah mengungkapkan rencananya untuk pasar Eropa. Model global terbaru mereka akan diluncurkan untuk pasar Asia dalam waktu dekat, termasuk SX4 S-Cross.

Rumor yang beredar adalah Suzuki saat ini sedang mengerjakan SUV Vitara generasi baru, yang akan didorong oleh mesin hybrid bensin 1,5 liter. SUV ini juga akan ditawarkan dengan sistem 4WD dan kemungkinan akan diluncurkan tahun depan.

Bersamaan dengan SUV Vitara generasi baru, produsen mobil asal Jepang ini juga sedang mengerjakan S-Cross terbaru. Crossover ini diperkirakan akan diluncurkan pada tahun 2022.

Gambar Jimny LWB

Hasil render Jimny LWB yang konon diluncurkan tahun depan

Sedangkan pada tahun 2024, kabarnya Suzuki Jimny juga akan menerima beberapa pembaruan signifikan. Sebelum pembaruan ini, Suzuki berencana untuk meluncurkan Jimny LWB (Long Wheelbase) pada tahun 2022.

>>> Nih, Hummer Versi China Buatan DFSK yang Bisa Dibeli Oleh Sipil

Menggunakan Mesin Lama

Berbicara tentang generasi terbaru S-Cross, model yang akan datang akan mendapatkan tenaga dari mesin bensin Boosterjet 4-silinder 1,4 liter dan mesin 1,5 liter K15B 4-silinder dengan sistem mild-hybrid.

Mesin 1.4 liter yang dibekali turbocharger tersebut digunakan pada Suzuki Swift Sport untuk pasar India saat ini dan kemungkinan akan menjadi dapur pacu Jimny LWB. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 127 HP dan torsi 235 Nm.

Gambar S-Cross Hybrid

S-Cross Hybrid saat ini dibekali dengan mesin K15B

Tenaga tersebut disalurkan ke roda dengan transmisi manual 6-percepatan atau transmisi otomatis 6-percepatan. Produsen mobil juga berencana untuk menambahkan sistem mild-hybrid untuk mesin ini.

Untuk varian1,5 liter, mesin tersebut sama dengan yang digunakan Maruti S-Cross saat ini dengan tenaga 101 HP dan torsi 138 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan atau transmisi otomatis 4-percepatan. Suzuki S-Cross generasi terbaru kabarnya akan menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan.

>>> Setelah Mercy Wagon, Bea Cukai Bakal Lelang 3 Muscle Car Minggu Ini!

Suzuki Swift Juga Beralih ke Hybrid

Selain S-Cross terbaru, Suzuki juga berencana untuk meluncurkan Swift generasi baru. Model terakhir dari hatchback ini diluncurkan pada tahun 2016. Suzuki berharap dapat memperkenalkan generasi baru dari hatchback ini pada tahun 2023.

All-New Swift diharapkan akan ditawarkan dengan sistem hybrid yang lebih kuat. Trim standar hatchback ini akan dijual dengan mesin bensin K-Series DualJet 1,2 liter yang juga menggerakkan Maruti Dzire di pasar India.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top