Siap-Siap, Ada Usulan Tarif Parkir Mobil di Jakarta Rp 60 Ribu Per Jam

16/06/2021

Pasar mobil

2 menit

Guna mengurangi kemacetan dan padatnya kendaraan, Pemerintah Daerah DKI Jakarta mengumumkan kajian usulan tarif parkir baru bagi mobil dan sepeda motor.

Untuk mengurangi kemacetan yang sering terjadi di Jakarta, Pemerintah Daerah DKI Jakarta sedang mempersiapkan aturan baru yang membahas tentang tarif parkir tertinggi untuk mobil dan sepeda motor. Usulan terbaru menyebutkan bahwa tarif parkir mobil di Jakarta akan meningkat maksimal menjadi Rp 60 ribu per jam.

Guna kurangi kemacetan

Dilansir dari berbagai media, usulan ini merupakan bagian dari aturan tarif parkir baru di Jakarta yang sedang digodok oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Perparkiran Dinas Perhubungan. Aturan baru ini dipersiapkan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas yang sudah menjadi momok bagi pengendara di DKI Jakarta dan sekitarnya.

kemacetan di Jakarta yang dipenuhi mobil dan sepeda motor
Tarif baru ini bertujuan untuk menghindari kemacetan di jalanan

>>> Besaran Biaya Parkir yang Harus Dibayar Kalau Tak Lulus Uji Emisi

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI, Syafrin Liputo ketika menghadiri acara Forum Discussion Group Tarif Layanan Parkir dan Biaya Parkir Jakarta pada Rabu, (16/6/2021) hari ini. Hal ini sejalan dengan mengubah layanan parkir untuk konsep berbasis transit oriented pada kendaraan bermotor.

"Parkir sebagai instrumen pembatasan lalu lintas, dari aspek pelayanan lalu lintas, bisa memberikan keadilan kepada warga untuk melakukan mobilitas,” jelas Syafrin.

Untungnya, peningkatan tarif parkir ini tidak akan dilakukan di semua tempat. Perubahan tarif ini akan diterapkan pada beberapa koridor berdasarkan ability to pay (kemampuan untuk membayar) dan willingness to pay (keinginan untuk membayar), lanjut Syafrin.

>>> Rekor Harga Tempat Parkir di Hong Kong, Bisa Beli 100 Toyota Avanza

Terbagi dua golongan

Lebih lanjut, Dhani Grahutama selaku Kasubag Tata Usaha Perparkiran Dinas Perhubungan DKI Jakarta menjelaskan bahwa kajian mengenai penggunaan parkir sebagai pengendali kemacetan lalu lintas sedang dilakukan. Salah satunya dengan merevisi Peraturan Gubernur Nomor 31 Tahun 2017 yang menjadi basis biaya parkir di Jakarta saat ini.

mobil parkir di pinggir jalan
Ada penyesuaian biaya parkir untuk mobil dan sepeda motor

Sebelumnya, Pergub No 31 menjelaskan pembagian tiga pembagian tarif, yaitu Kawasan Pengendali Parkir (KPP), Golongan A, dan Golongan B. Nantinya, dalam revisi terbaru hanya ada dua pembagian tarif, yaitu Golongan A yang bersinggungan dengan jalur transportasi umum dan Golongan B untuk area parkir yang tidak bersinggungan.

Dhani menjelaskan bahwa nantinya tarif On Street Golongan A untuk mobil bisa dikenakan sampai Rp 60 ribu per jam, sedangkan Golongan B bisa mendapatkan tarif tertinggi Rp 40 ribu per jam. Sedang untuk sepeda motor mengalami kenaikan hingga Rp 18 ribu per jam untuk Golongan A dan Rp 12 ribu per jam untuk Golongan B.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top