Siapa yang Unggul Dalam Adu Spesifikasi SUV Mini Ini?

06/05/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Adu spesifikasi SUV mini melibatkan tiga pemain yang lama maupun baru dalam segmentasi pasar yang unik dan sedang menjadi trending topic di Indonesia.

Kehadiran Toyota Raize yang diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM)  pada Jumat, 30 April 2021 lalu sekaligus memunculkan segmentasi pasar yang baru dan unik; mini SUV. Walau tidak digadang-gadang sebagai SUV, nyatanya Toyota Raize memang meramaikan kompetisi dalam segmen pasar yang sekarang tengah menjadi trending topic di Indonesia. Secara umum, ada beberapa merek yang sudah lebih dahulu mengisi segmen pasar mini SUV. Dan seperti mengulang kisah Daihatsu Sigra, Toyota Calya yang sukses mengalahkan Datsun Go, apakah Toyota Raize (beserta pasangan duetnya Daihatsu Rocky) mampu tampil lebih baik  dibanding para rivalnya seperti Nissan Magnite dan Suzuki Ignis? Kali ini ketiganya terlibat dalam adu spesifikasi SUV mini yang kini sedang naik daun.   

>>> Mesin 3 Silinder Identik Getar, Bagaimana dengan Toyota Raize?

Harga

Model  Harga
Nissan Magnite Rp 214.800.000 – Rp 244.800.000
Suzuki Ignis Rp 175.500.000 – Rp 204.500.000
Toyota Raize Rp 219.900.000 – Rp 265.900.000

Dari segi harga, Toyota Raize berada di atas Nissan Magnite dan Suzuki Ignis. Begitu pula Suzuki Ignis menjadi yang paling murah dibanding Nissan Magnite dan Toyota Raize. Terkait harga, patut dipertimbangkan mesin dan fitur teknologi yang ditawarkan oleh masing-masing kontestan. Nissan Magnite dan Toyota Raize mengunggulkan mesin turbo, sedangkan Suzuki Ignis mengandalkan mesin naturally aspirated (non turbo). Dalam hal fitur teknologi, silakan membandingkan tawaran Nissan Magnite, Suzuki Ignis dan Toyota Raize. 

Dimensi

    Nissan Magnite   Suzuki Ignis Toyota Raize
Panjang 3.994 mm 3.700 mm 3.995 mm
Lebar 1.758mm 1.660 mm 1.695 mm
Tinggi  1.572 mm 1.595 mm 1.620 mm

Secara perbandingan angka, Suzuki Ignis tergolong kompak karena bodinya lebih pendek dan lebih ramping namun lebih tinggi. Di sisi lain, bodi Nissan Magnite sama panjang dengan Toyota Raize dan juga paling lebar namun lebih rendah karena mengejar proporsi sporty. Sedangkan Toyota Raize menawarkan dimensi panjang dan tinggi (serta lebar) untuk mencapai postur khas SUV kota tanpa mengorbankan unsur kompak.    

Mesin Dan Sistem Penggerak

gambar nissan magnite

Mesin I-3 turbo dan CVT menjadi nilai jual unggulan Nissan Magnite  

  Nissan Magnite Suzuki Ignis Toyota Raize
Tipe mesin I-3, turbo  I-4, N/A I-3, turbo 
Kapasitas 999 cc 1.197 cc 998 cc
Tenaga 99hp/5.000 rpm 82 hp/6.000 rpm 97 hp/6.000 rpm
Torsi  160 Nm/2800-3600 rpm 113 Nm/4.200 rpm 140 Nm/2.400-4.000 rpm
Transmisi  Manual 5-speed, CVT Manual 5-speed, AGS Manual 5-speed, CVT

Bicara soal mesin, Nissan Magnite unggul di atas kertas dibanding Suzuki Ignis dan Toyota Raize (lihat data tabel) dalam hal tenaga dan torsi. Sedangkan mesin Toyota Raize hanya kalah sedikit untuk tenaga namun kalah jauh untuk torsi. Keunggulan mesin Nissan Magnite bukan semata karena turbo, juga didukung oleh aspek lainnya yang menjadi resep khas Nissan. Pada sisi lain, Suzuki Ignis memang kalah telak pada sektor mesin, tetapi masih memiliki transmisi AGS yang memadukan karakter nyaman transmisi otomatis dengan karakter simple transmisi manual.   

Fitur Keselamatan

gambar suzuki ignis

Suzuki Ignis menawarkan fitur keselamatan ABS/EBD, airbag 

Nissan Magnite Suzuki Ignis Toyota Raize
ABS/EBD/BA ABS/EBD ABS/EBD/BA
Airbag Airbag Airbag
Vehicle Dynamic Control   Vehicle Stability Control
Hill Start Assist   Hill Start Assist
Traction Control System   Pre Collision System
Cruise Control   Adaptive Cruise Control
Around View Monitor   Front Departure Alert
Tire Pressure Monitor System   Lane Departure Assist
Automatic Warning Hazard   Pedal Misoperation Control
Impact Sensing Unlock   Rear Crossing Traffic Alert
    Blind Spot Monitoring

Untuk fitur keselamatan, Nissan Magnite dan Toyota Raize boleh disebut “11-12” alias “beda tipis”. Kedua produk andalan dari merek Nissan dan Toyota itu sama-sama menawarkan fitur keselamatan aktif dan pasif dengan standar global, komprehensif dan tergolong lengkap. Sementara Suzuki Ignis cukup puas dengan fitur keselamatan yang terdiri atas ABS/EBD dan airbag.

Fitur Kenyamanan

gambar toyota raize

Toyota Raize, sarat dengan fitur kenyamanan terkini 

Nissan Magnite Suzuki Ignis Toyota Raize
AC belakang Auto climate AC Auto (digital) AC
Push start + keyless Engine start/stop Engine start/stop
Floating audio monitor 8 inci  Head unit layar sentuh Head unit 9 inci interaktif
  Tilt steering MID 7 inci 
  Keyless entry Auto head lamp
  Multi function steering wheel Paddle shift

Semuanya saling berlomba memanjakan penumpang dengan fitur-fitur kenyamanan yang paling baru. Terlihat di sini Suzuki dan Toyota saling berupaya memikat konsumen melalui tawaran fitur kenyamanan yang lengkap. Sementara Nissan juga berusaha menjaga loyalitas dengan fitur kenyamanan walau datanya kurang lengkap. Dalam adu spesifikasi SUV mini ini, fitur kenyamanan menjadi salah satu faktor kunci untuk memenangkan konsumen.   

Kesimpulan

Setiap produk andalan dari Nissan (Magnite), Suzuki (Ignis), dan Toyota (Raize) menawarkan nilai jual unggulan masing-masing, mulai dari harga sampai fitur teknologi terkini. Dalam adu spesifikasi SUV mini ini, ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan.  Silakan membandingkan secara lebih akurat dengan meluangkan waktu untuk mencoba unitnya di dealer terdekat agar dapat lebih menyelami karakter setiap mobil. Sebab, semua mobil ditawarkan dengan harga yang tidak murah dan jika sudah dibeli maka konsumen harus memakainya untuk jangka waktu tertentu. Selamat memilih! 

>>> Cara Merawat Mobil Bermesin Turbo

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top