Siapa Sangka Jika 5 SUV Ini Berawal Dari Kendaraan Militer

01/08/2019
Kemunculan SUV tak bisa mengesampingkan fakta bahwa adanya ‘keterlibatan’ militer di dalamnya. Sebelum berstatus veteran dan hadir sebagai sipil, beberapa SUV terlebih dahulu ‘dinas’ bertahun-tahun bahkan puluhan tahun sebagai kendaraan militer. Berikut kami ulas 5 SUV ternama yang berawal dari kendaraan militer.

Selain dibuat dengan kebutuhan akan sebuah kendaraan penjelajah segala medan namun dengan kenyamanan dan performa yang jauh lebih optimal, sejarah kemunculan SUV di dunia juga erat dengan dunia militer. Bahkan beberapa SUV ternama di dunia, pada awalnya terlebih dahulu ‘dinas’ sebagai kendaraan militer, sebelum akhirnya hadir dengan spesifikasi untuk kepentingan sipil dan masyarat umum.

Foto Chevrolet D10 yang merupakan versi militer dari Chevrolet Blazer

Militer menjadi salah satu alasan beberapa SUV eksis hingga sekarang

Namun siapa sangka jika berawal dari sebuah kendaraan militer yang utilitarian, SUV berubah menjadi sebuah model kendaraan dengan penjualan paling sukses di dunia dan menjadi simbol akan sebuah dominasi pasar otomotif di beberapa negara. Bahkan beberapa merek premium seperti Bentley, Rolls-Royce bahwa hingga Lamborghini pun tergoda untuk melansir model SUV premium mereka. Nah kali ini, Cintamobil akan mengulas seputar 5 SUV yang berawal dari kendaraan militer dan meraih kesuksesan baik dalam hal penjualan maupun popularitas. Simak ulasannya berikut ini.

>>> Baca juga:

1. Chevrolet Suburban

Foto Chevrolet Suburban pada era perang dunia kedua

Chevrolet Suburban, salah satu SUV tertua di dunia yang sempat digunakan untuk kepentingan militer Amerika pada era perang dunia kedua

SUV berperawakan bongsor ini memang tak pernah ditujukan untuk pasar Indonesia. Namun Chevrolet Suburban sukses meraih popularitas di seluruh dunia lewat penampilannya pada layar kaca sebagai mobil agen pemerintah dan polisi hingga tunggangan para rapper hingga selebritis. Namun awalnya, Chevrolet Suburban sempat ditujukan sebagai kendaraan militer pada era perang dunia kedua, bersama Jeep Willys.

Foto Chevrolet Suburban generasi terakhir

Tujuh puluh tahun kemudian Chevrolet Suburban masih menjadi salah satu SUV favorit di Amerika

Namun jika Jeep Willys diperuntukkan untuk kendaraan militer dengan kemampuan jelajah di lini depan medan perang, Chevrolet Suburban lebih ditujukan sebagai kendaraan multifungsi. Sebut saja mulai dari kendaraan dinas para perwira militer Amerika, pengangkut prajurit dengan kemampuan angkut 8 hingga 10 prajurit, kendaraan medis militer hingga pengangkut peralatan militer. 

>>> Ternyata Begini Rasa Mengemudi Suzuki Jimny 2019

2. Hummer H1

Foto Hummer H1 Alpha

Hummer H1 Alpha, SUV bongsor terakhir dalam generasi Hummer H1

Bongsor, kotak, pipih dan super lebar, itulah impresi awal yang di dapat ketika melihat sebuah SUV dan pick-up yang bernama Hummer H1. Berawal dari kebutuhan Amerika untuk sebuah kendaraan militer super tangguh yang mampu dijejali dengan seabrek kebutuhan di medan perang. General Motors akhirnya memperkenalkan kendaraan militer bernama High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicles (HMMWV) atau biasa dikenal dengan nama Humvee pada tahun 1983. Hampir sepuluh tahun kemudian, General Motors melansir Hummer H1, yang merupakan Humvee versi sipil pada tahun 1992 atas derasnya permintaan publik. Aktor laga kawakan, Arnold Schwarzenegger disebut-sebut sebagai salah satu dari penggemar Humvee yang kerap merengek kepada General Motors untuk dibuatkan versi sipilnya. 

>>> Temukan pilihan mobil idaman Anda di sini

3. Jeep Wrangler

Foto Jeep CJ 2A versi Amerika

Jeep CJ-2A, generasi kedua dari Jeep CJ series yang mulai sukses diterima pasar Amerika pada menjelang akhir dekade '40-an

Sosok Jeep Wrangler tak bisa dilepaskan dari nama besar sang kakek, Jeep Willys yang legendaris sebagai salah satu pionir kendaraan perang ringan yang lincah, jago off-road dan multifungsi. Hampir satu juta unit Jeep Willys telah diproduksi untuk keperluan perang dunia kedua dan sebagian kecil untuk keperluan sipil sejak pertama kali diproduksi pada 1940. Kesuksesan Jeep dalam meramu kendaraan perang tersebut akhirnya mengilhami untuk membuat Jeep Willys versi sipil, yang nantinya bernama Jeep CJ-1 pada tahun 1944. Nama CJ sendiri merupakan singkatan dari ‘Civilian Jeep’. Tak disangka, Jeep CJ series (CJ-1 hingga CJ-10) pun diterima dengan baik oleh pasar selama lebih dari 4 dekade dan berganti nama menjadi Jeep Wrangler pada tahun 1986 dan berlanjut hingga sekarang lewat generasi Jeep Wrangler JL series.

>>> Mau Punya Mobil Gagah? Inilah 5 SUV Seharga LCGC

4. Mercedes-Benz G-Class

Foto Puch G versi Jerman

Puch G, kendaraan militer buatan Steyr-Daimler-Puch yang menjadi cikal bakal Mercedes-Benz G-Class 

Kali ini kita akan menyeberang ke benua Eropa atau tepatnya di Jerman untuk mengenal kendaraan 4x4 yang sangat populer, Mercedes-Benz G-Class. Kode ‘G’ merupakan singkatan dari Gelandewagen atau kendaraan segala medan. Kesuksesan Mercedes-Benz G-Class tak bisa melupakan jasa Steyr-Daimler-Puch sebagai produsen senjatan dan kendaraan militer asal Austria. 

>>> 6 SUV Penggerak Empat Roda Harga 100 jutaan

Bisa dibilang, sebagian besar rancangan dan produksi G-Class mulai dari bodi, interior, sasis, suspensi hingga lini produksi dilakukan oleh Steyr-Daimler-Puch, sementara Mercedes-Benz hanya menyumbang sektor mesin dan transmisi saja. Pada 1979, Steyr-Daimler-Puch memperkenalkan Puch G sebagai role model kendaraan militer yang diaplikasi di beberapa negara seperti LAPV Enok, Rheinmetall LandSysteme Light Infantry (LIV), Interim Fast Attack Vehicle (IFAV) hingga Peugeot P4.

Peugeot P4 yang merupakan pengembangan dari Puch G

Peugeot P4, kendaraan militer dari Prancis yang merupakan pengembangan dari Puch G.

Namun pada awal dekade 80’-an, salah satu klien Steyr-Daimler-Puch, Shah of Iran atau pemimpin rakyat Iran saat itu, menginginkan sebuah Puch G namun dengan spesifikasi dan kebutuhan sipil. Permintaan Shah of Iran tersebut disetujui oleh Steyr-Daimler-Puch dan Mercedes-Benz, sehingga lahirlah Mercedes-Benz G-Class pada tahun 1979. Setahun kemudian, Steyr-Daimler-Puch juga membuatkan G-Class dengan keperluan khusus sebagai kendaraan dinas pemimpin umat Katolik, Paus, lengkap dengan kaca anti peluru yang terkenal dengan nama Popemobile.

>>> Review Mercedes-Benz GLE 450 4MATIC AMG Line 2019: Lebih Bongsor, Canggih Dan Bertenaga

5. Toyota Mega Cruiser

Toyota Mega Cruiser versi militer Jepang

Toyota Mega Cruiser yang merupakan kendaraan militer khusus domestik Jepang

Setelah dari Jerman, kita akan terbang lagi menuju Jepang, untuk menyaksikan sosok Toyota 4x4 terbesar yang pernah dibuat, yakni Mega Cruiser. Awalnya, Toyota Mega Cruiser dirancang dan diproduksi sebagai kendaraan militer ringan dan angkut personil yang terinspirasi dari Humvee buatan Amerika. Desainnya pun sangat mirip dengan konstruksi lebar yang dirancang agar tersedia ruang untuk menaikkan komponen suspensi dan driveline seperti trasfer case dan as kopel agar sejajar dengan dek bagian bawah mobil. Tujuannya, dengan kolong mobil yang rata, memberikan perlindungan lebih optimal pada suspensi dan komponen driveline dari ledakan ranjau. 

>>> Selalu update kabar seputar pasar mobil di sini

Toyota Mega Cruiser versi sipil

Toyota Mega Cruiser versi sipil yang kerap digunakan instansi pemerintah Jepang

Namun berbeda dari Humvee yang menggunakan mesin V8 turbo diesel berkapasitas 6.200-6.500 cc, Toyota Mega Cruiser menggunakan mesin turbo diesel empat silinder berkapasitas 4.100 cc lengkap dengan fitur four wheel steering. Di Jepang, Toyota Mega Cruiser diproduksi mulai tahun 1995 hingga 2002 dan memiliki dua versi, pertama versi militer dan versi sipil. Untuk versi sipil umumnya digunakan oleh instansi pemerintah Jepang sebagai mobil dinas atau untuk keperluan penelitian hingga bencana alam.

>>> Klik di sini untuk berbagai informasi menarik seputar mobil

Pratomo FJ

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain