Siapa Minat Mercedes-AMG E63 Wagon Satu-satunya Racikan Brabus?

26/10/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Siapa Minat Mercedes-AMG E63 Wagon Satu-satunya Racikan Brabus?
Mercedes-AMG E63 Wagon ini sudah tersentuh tuning oleh Brabus sehingga mampu menghasilkan tenaga 850 Hp. Uniknya tampilan mobil ini dibiarkan standar tanpa ada aksen Brabus yang menonjol.

Penggemar mobil-mobil jenis wagon kini kembali marak. Tentunya merek-merek dari Eropa yang diincar, seperti BMW, Mercedes-Benz, Peugeot, atau Volvo. Tapi Anda mengaku Wagoners sejati wajib melihat Mercedes-AMG E63 wagon yang satu ini. Karena bisa jadi mobil tersebut akan membuat Anda bermimpi untuk bisa memilikinya.

Bukan tanpa sebab, mengingat Mercedes-AMG E63 wagon berkelir hitam itu sudah mendapat tuning dari Brabus. Bahkan diklaim ini adalah satu-satunya E63 versi wagon yang sudah mendapat sentuhan langsung dari tim Brabus. Jadi bisa dibayangkan, ini adalah bukan wagon sembarangan, bahkan jauh melampaui Audi RS6 Avant yang menjadi kompetitior kuat di kelas wagon berperforma tinggi.

>>> Brabus 800 Adventure XLP, Monster G-Class Dengan Kepribadian Ganda

Tenaga Mesinnya Menyeramkan

Brabus Mercedes-AMG E63 Wagon engine

Fokus ubahan Brabus membuat mesin ini bertenaga 850 hp

Brabus tentu terkenal sebagai tuner khusus mobil-mobil keluaran Mercedes-Benz. Dan sering kali, selain eksterior yang diubah, sektor mesin juga jadi fokus perombakan oleh tim Brabus. Begitu pula untuk E63 Wagon ini.

Mesin V8 Twin-Turbo standar sudah di boreup jadi 5.900 cc. Kemudian seiring kapasitas silindernya yang meningkat, piston juga sudah diganti lebih besar pula dengan bahan forged. Lalu Brabus menambahkan precision-balanced billet crankshaft, billet conenction rod, cylinder head baru, dan juga sistem turbo yang di upgrade.

Tak ketinggalan sistem pembuangan gas yang baru dibuat oleh Brabus. Mulai dari header, pipa tengah, sampai mufflernya semua racikan Brabus. Dan demi suplai udara segar dari luar lancar ke ruang mesin, dibuat dua pipa khusus berbahan serat karbon yang disalurkan ke arah kap mesin. Bahan yang sama juga dipakai untuk menutupi sejumlah bagian mesin

Hasil dari semua racikan baru Brabus pada Mercedes-AMG E63 wagon ini mampu menghasilkan tenaga 850 Hp dengan torsi mencapai 1.150 Nm. Padahal awalnya mobil ini 'hanya' sanggup memproduksi daya 577 hp dengan torsi 800 Nm.

>>> Modifikasi ini Bisa Buat Mercedes-AMG A45 Lari 300 km/jam

Dari Luar Terlihat Biasa

Brabus Mercedes-AMG E63 wagon rear

Tidak banyak aksen Brabus yang terlihat dari luar

>>> Review Mercedes-Benz A 45 AMG 2015: Monster Kompak Affalterbach Paling Affordable

Namun jika Brabus kerap kali menambahkan bodykit khusus dengan style agresif untuk setiap Mercedes-Benz hasil racikannya, tidak dengan Mercedes-AMG E63 wagon ini. Semuanya masih terlihat memakai aksesoris yang lebih banyak berlabel AMG daripada Brabus.

Tapi tentunya tetap ada identitas Brabus di mobil tersebut. Seperti emblem di pintu bagasi belakang, logo B di belakang, bumper belakang yang dicetak ulang, velg dipilih khusus, serta jok yang dilapis ulang.  Selebihnya semua dibiarkan standar bahkan logo bintang khas Mercedes-Benz tetap terpasang di gril depan mobil ini.

Dan kabar baiknya, mobil ini oleh dealer di London Inggris dijual. Harga yang dipatok 129.000 Pound atau kira-kira Rp 2,4 miliar. Cukup tinggi untuk sebuah mobil bekas. Tapi jangan salah, karena mungkin ini adalah satu-satunya Mercedes-AMG E63 racikan Brabus dalam bodi berbentuk wagon. Mengingat Brabus tidak pernah mengumumkan sudah berapa unit E63 wagon yang mereka tuning.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top