Siapa Mau VW Beetle Anti Peluru Buatan 1978?

23/01/2021

Pasar mobil

5 menit

VW Beetle anti peluru ini akan dilelang dalam keadaan yang masih seperti kondisi saat pertama kali dibuat tahun 1978 silam. Karena pemilik sebelumnya tidak pernah melakukan restorasi.

VW Beetle anti peluru ini memang tampil beda diantara mobil-mobil tahan peluru lainnya. Karena umumnya mobil dengan kemampuan khusus tersebut diaplikasikan pada kendaraan-kendaraan premium. Sebab pemilik mobil-mobil ini adalah orang orang penting, seperti pejabat negara atau bahkan perdana menteri dan presiden.

Sosoknya memang seperti Volkswagen (VW) Beetle lansiran 1978 biasa. Tapi mobil ini tidak akan mudah hancur meski diberondong serangan peluru tajam. Kabar terbarunya, mobil ini sedang mencari pemilik baru.

>>> Bagian Penting Sejarah Otomotif Dunia, Berikut 5 Model VW Beetle Paling Ikonik

Bekas Hartawan Asal Italia

VW Beetle 1978 interior

Interiornya didesain supaya tidak mudah dibuka paksa dari luar

Dikutip dari Autoevolution, Jumat (22/01/2021), Beetle anti peluru ini dibuat di akhir 1970-an. Saat itu ada seorang industrialis kaya raya dari Bologna, Italia. Ia ingin memiliki mobil yang bisa membuat dirinya dan juga anggota keluarganya merasa aman dari jangkauan para penculik dan mafia.

Karena pada masa tersebut, mafia Italia memang terkenal kejam saat mengincar orang-orang dari kalangan berduit. Mereka sering kali mencegat di jalan mobil yang melintas dan melakukan penculikan untuk meminta uang tebusan dalam jumlah besar. Seringkali penculikan dilakukan saat anak dari pengusaha sedang dalam perjalanan ke sekolah, atau anggota keluarga lain tengah menuju tempat kerja atau toko lokal.

Karena saat itu mobil yang banyak beredar adalah Volkswagen Beetle, maka si pengusaha ini memilih untuk menjadikan "mobil rakyat" tersebut sebagai kendaraan yang tahan terhadap serangan peluru tajam namun penampilannya tetap dibiarkan seperti Beetle biasa.

>>> Inikah VW Beetle Terbesar di Dunia?

Dijual dengan Kondisi Semuanya Original

VW Beetle 1978 engine

Mekanisme teknikalnya masih dibiarkan seperti VW Beetle biasa

>>> Review Volkswagen Golf 8 2020: Hatchback Ikonik VW Masuki Era Modern

Untuk bisa menahan serangan peluru tajam, semua kaca dari mobil ini diganti kaca anti peluru. Sementara pintu, kap mesin, dan kompartemen bagasi dilapis lembaran baja setebal 3 cm. Kemudian ada baut pengaman tambahan pada bagian pintu sehingga tak mudah untuk dibuka dari luar. Mesinnya tetap menggunakan mesin VW Beetle berkapasitas 1.200 cc bertenaga 34 hp. Seluruh sistem mekanik dan kelistrikan dari mobil ini pun tetap dibiarkan standar.

Dan uniknya VW Beetle anti peluru berpenampilan klasik ini sekarang dijual dengan keadaan yang masih seperti saat dibuat tahun 1978. Odometer yang tercatat sekitar 45.000 kilometer dan rencananya mobil ini akan dilelang oleh Chrome Cars di Get Your Classics. Diperkirakan, mobil unik ini akan tembus di harga penawaran tertinggi 45.000 Euro atau kira-kira Rp 760 juta.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top