Siap-siap, Tarif Tol Manado-Bitung Segera Berlaku

21/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Siap-siap, Tarif Tol Manado-Bitung Segera Berlaku
Jasa Marga mengumumkan tarif Tol Manado-Bitung segera diberlakukan dalam waktu dekat. Pengendara dihimbau mempersiapkan uang elektronik dengan saldo cukup

Dalam waktu dekat bakal tarif Tol Manado-Bitung bakal berlaku secara resmi. Informasi tersebut diumumkan Jasa Marga melalui akun IG resminya @official.jasamarga, (20/10/2020).

Sudah cukup sosialisasi

Disebutkan, pemberlakuan tarif resmi dilakukan setelah dirasa cukup sosialisasi yang dilakukan selama hampir satu bulan. Selama waktu itu masyarakat bisa mengakses jalan tol secara gratis. Cukup dengan menempelkan kartu uang elektronik dan portal bakal terbuka meski saldo minim.

Kapan waktunya tarif resmi berlaku, menunggu pengumuman berikutnya. Yang jelas dihimbau kepada pengendara untuk mempersiapkan diri dengan mengisi saldo uang elektronik.

“Kawan JM yang akan melintas di Jalan Tol Manado-Bitung, harus mempersiapkan kartu elektronik dengan saldo yang cukup ya, untuk dapat merasakan kemudahan transaksi dan kecepatan waktu tempuh menuju lokasi tujuan.” tulis Jasa Marga dalam unggahannya di IG @official.jasamarga, (20/10/2020).

>>> Sudah Diresmikan, Jalan Tol Manado-Bitung Dibuka Gratis 2 Pekan

Foto menunjukkan petugas Jasa Marga menunjukkan kartu uang elektronik di Gerbang Tol Manado

Tarif Tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara segera berlaku secara resmi

Seperti diketahui, jalan tol adalah jalan berbayar sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol. Pengendara yang melintas wajib membayar sesuai tarif yang ditetapkan. Adapun besarnya berbeda-beda antara satu tol dengan yang lain. Hal ini karena penentuan tarif tol juga mempertimbangkan banyak faktor, seperti kemampuan bayar pengguna jalan tol, besar keuntungan biaya operasi kendaraan, dan kelayakan investasi.

Tol Manado-Bitung

Jalan Tol Manado-Bitung merupakan jalan tol pertama di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Jalan tol ini memiliki panjang 39 kilometer membentang dari Kota Manado hingga Kota Bitung. Pada Selasa, 29 September 2020 Presiden Joko Widodo melakukan peresmian untuk ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 km secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat bersamaan dengan seremoni di Gerbang Tol (GT) Manado.

Tol Manado-Bitung terdiri dari dua seksi utama, yaitu Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang (14 Km) yang dibangun Pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung (25 Km) yang dibangun PT JMB.

Untuk memudahkan akses warga ada 5 simpang susun (SS) disiapkan yaitu SS Manado, SS Airmadidi, SS Kauditan, SS Danowudu, dan SS Bitung. Tol juga dilengkapi dengan 5 Gerbang Tol (GT) untuk pembayaran yaitu GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung.

>>> Cari mobil di Sulawesi Utara, cek harganya di sini!

Foto Jalan Tol Manado-Bitung tampak dari udara

Ada jalan tol, waktu tempuh dari Manado ke Bitung semakin singkat

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top