Siap-Siap, Tarif Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi Bakal Naik

31/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Siap-Siap, Tarif Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi Bakal Naik
Jasa Marga mengumumkan bakal melakukan penyesuaian tarif jalan Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi dalam waktu dekat sesuai regulasi yang ditetapkan pemerintah.

Dalam waktu dekat bakal dilakukan penyesuaian tarif Tol Cipularang (Cikampek-Purwakarta-Padalarang) dan tarif Tol Padaleunyi (Padalarang-Cileunyi). Informasi tersebut disampaikan Jasa Marga melalui akun Instagram resmi @jasamargametropolitan, Sabtu (29/8/2020).

Belum dijelaskan kapan detail tanggal dan jamnya, namun Jasa Marga menghimbau agar pengguna jalan tetap mempersiapkan diri dan memastikan saldo uang elektroniknya mencukupi agar tidak terjadi hambatan di tengah perjalanan.

Banner menunjukkan pengumuman Bakal ada penyesuaian tarif tol Cipularang dan tol Padaleunyi

Bakal ada penyesuaian tarif Tol Cipularang dan tarif Tol Padaleunyi

Menjaga keseimbangan investasi

Perlu diketahui, salah satu alasan penyesuaian tarif jalan tol adalah menjaga keseimbangan investasi Badan Usaha Jalan Tol dan pengelola. Tidak hanya dilakukan untuk Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi, tapi juga berlaku pada jalan tol di seluruh Indonesia. Adapun besar nominalnya berbeda-beda dihitung berdasarkan kemampuan bayar pengguna jalan tol, besar keuntungan biaya operasi kendaraan, dan kelayakan investasi..

Penyesuaian tarif tol memiliki regulasi yang jelas, yaitu Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 Pasal 48 ayat (3) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol Pasal 68 ayat (1), sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan PP Nomor 30 Tahun 2017 tentang perubahan ketiga atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Disebutkan dalam Pasal 68 tersebut, “Evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 (dua) tahun sekali oleh BPJT berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruh inflasi sesuai dengan formula : Tarif baru = tarif lama (1+inflasi).”

>>> Sesuai Regulasi, Tarif Tol Berubah Setiap 2 Tahun

Foto menunjukkan Gerbang Tol Pasteur 1

Penyesuaian tarif tol untuk keseimbangan bisnis

Jalan Tol Cipularang dan jalan Tol Padaleunyi

Kedua jalan tol yang dikelola Jasa Marga tersebut bersambung satu sama lain. Jalan Tol Cipularang (Cikampek-Purwakarta-Padalarang) memiliki panjang 54 km. Di ujung utara bersambung langsung dengan jalan Tol Jakarta-Cikampek. Sedangkan di ujung selatan tersambung dengan jalan Tol Padaleunyi yang memiliki panjang 33 km. Di ujung paling selatan Tol Padaleunyi tersambung dengan Tol Cileunyi-Sumedang.

Terakhir, penyesuaian tarif Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi dilakukan secara bersamaan pada tanggal 15 Februari 2018 pukul 00.00 WIB.

>>> Selain Rambu-rambu, Waspadai 5 Hal Berikut Saat Mengemudi di Jalan Tol

Foto menunjukkan salah satu ruas tol Cipularang

Tol Cipularang, jalur tercepat dari ibu kota menuju Kota Bandung

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Cuma Kendaraan Ini yang Boleh Melintas di Jalan Tol

27/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Pemprov DKI Jakarta meminta Menteri PUPR agar mengizinkan sepeda melintas di jalan tol. Padahal jalan tol hanya boleh dilalui kendaraan roda empat atau lebih.

Lihat juga

Sudah Tau Belum Mengapa Lewat Jalan Tol Harus Bayar?

28/08/2020

Pengemudian

5 menit

Anda mungkin selama ini bertanya-tanya, mengapa kalau lewat jalan tol harus bayar, dan kemana uang hasil pembayaran semua pengguna jalan tol tersebut?

Lihat juga

Jalan Tol Pertama di Provinsi Aceh Akhirnya Diresmikan

26/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Jalan tol pertama di Provinsi Aceh, yaitu Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang) diresmikan Presiden Joko Widodo pada Selasa, 25 Agustus 2020.

Lihat juga

Ini Sebabnya Kecelakaan di Jalan Tol Selalu Fatal

24/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Insiden di jalan raya bukan hal baru, namun kecelakaan di jalan tol hampir selalu berakibat fatal, dari kerusakan parah hingga menimbulkan korban jiwa.

Lihat juga

Tarif Jalan Tol Depok-Antasari Seksi II Brigif-Sawangan Resmi Berlaku

22/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Tarif jalan Tol Depok-Antasari Seksi II Brigif-Sawangan resmi berlaku mulai 20 Agustus 2020 pukul 00.00 WIB dengan besaran sesuai keputusan pemerintah.

Lihat juga
 
back to top