Siap-siap, Simulasi Sepeda Masuk Tol Dalam Kota Segera Digelar

07/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Siap-siap, Simulasi Sepeda Masuk Tol Dalam Kota Segera Digelar
Pemprov DKI Jakarta bakal menggelar simulasi sepeda masuk tol pada pekan depan yang hasilnya akan dilaporkan ke Menteri PUPR sebagai bahan pertimbangan.

Meski tidak pernah merencanakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengkaji permohonan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta agar sepeda diizinkan masuk tol. Dalam permohonan tertanggal 11 Agustus 2020 Gubernur DKI Anies Baswedan meminta agar agar Tol Dalkot (Cawang-Tanjung Priok sisi barat) bisa digunakan untuk jalur sepeda setiap hari Minggu pukul 06.00-09.00 WIB.

Simulasi

Mengutip paparan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit kepada wartawan, pihaknya sudah meminta Pemprov DKI untuk melakukan simulasi sepeda masuk tol dan dikatakan bakal digelar pekan depan.

"Mereka (Pemprov DKI) baru siap simulasinya minggu depan," tutur Danang, (4/9/2020).

Foto menunjukkan Gubernur DKI Anies Baswedan menyapa warga saat bersepeda

Pemprov DKI usulkan jalan tol dipakai bersepeda di setiap akhir pekan

Apapun hasilnya semua bakal dilaporkan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk dijadikan bahan pertimbangan diloloskannya permohonan Pemprov DKI atau tidak.

Sebelumnya, usulan agar sepeda dibolehkan masuk tol ini tak pernah diduga. Danang bahkan menuturkan tidak pernah sekalipun pihaknya merencanakan hal tersebut.

"Kita sudah memastikan bahwa tidak akan ada lalu lintas tercampur antara kendaraan roda 4 keatas dengan kendaraan lain. Prinsipnya kalau dipakai untuk keperluan lain, maka jalan tol bisa ditutup untuk LL kendaraan. Kita sudah contoh untuk acara marathon misalnya," kata Danang.

>>> BPJT Tak Pernah Merencanakan Jalan Tol Untuk Sepeda

Aturan penggunaan jalan tol

Kembali ke regulasi asal, penggunaan jalan tol memang terbatas pada kendaraan roda empat atau lebih. Kalaupun ada jalan tol untuk kendaraan roda dua jalurnya wajib dibuat terpisah, seperti yang diterapkan pada jalan Tol Bali Mandara dan jembatan Tol Suramadu.

Aturannya tertuang dalam PP No. 44 Tahun 2009 yang merupakan Perubahan PP No. 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol. Disebutkan pada Pasal 38, “(1) Jalan tol diperuntukkan bagi pengguna yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih.”

>>> Sudah Tau Belum Mengapa Lewat Jalan Tol Harus Bayar?

Foto menunjukkan para warga bersepeda dan berolah raga santai di jalan raya

Sepeda masuk tol bakal disimulasikan

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Jalan Tol di Pulau Sumatra Sudah Beroperasi Sepanjang 648 Km

01/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat hingga akhir Agustus 2020 jalan tol di pulau Sumatra yang telah beroperasi mencapai 648 km.

Lihat juga

BPJT Tak Pernah Merencanakan Jalan Tol Untuk Sepeda

31/08/2020

Pasar mobil

3 menit

BPJT mengaku tidak pernah merencanakan pemberlakukan jalan tol untuk sepeda, sebagaimana yang diusulkan secara resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Lihat juga

Cuma Kendaraan Ini yang Boleh Melintas di Jalan Tol

27/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Pemprov DKI Jakarta meminta Menteri PUPR agar mengizinkan sepeda melintas di jalan tol. Padahal jalan tol hanya boleh dilalui kendaraan roda empat atau lebih.

Lihat juga

Sanksi Bagi Sepeda Motor yang Nekat Masuk Tol

01/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Tidak hanya melanggar aturan lalu lintas, sepeda motor masuk tol juga membahayakan. Berikut sanksi sepeda motor masuk tol sebagaimana diatur dalam Undang-Undang

Lihat juga

Peugeot Luncurkan Sepeda Listrik Peugeot eT01 Terbaru

29/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Peugeot bukan hanya memproduksi sebuah mobil terkini tapi juga bermain di segmen sepeda listrik. Untuk konsumen setianya Peugeot eT01 resmi diperkenalkan.

Lihat juga