Siap Meluncur di Thailand, Yuk Simak Sejarah Singkat Toyota Fortuner

03/06/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Siap Meluncur di Thailand, Yuk Simak Sejarah Singkat Toyota Fortuner
Besok pada hari Kamis, 4 Juni 2020 Toyota Fortuner akan keluar versi terbarunya, sebelum itu mari kita simak sejarah singkat Toyota Fortuner di Indonesia

Toyota Fortuner saat ini kerap dianggap sebagai salah satu tolak ukur kemewahan. Sebagai sebuah Medium SUV, Fortuner memiliki segala hal guna memastikan pemiliknya loyal. Sebuah SUV yang nyaman dengan potensi keandalan di segala medan. Sebagai bagian dari keluarga produk International Innovative Multi-purpose Vehicle (IMV), Fortuner seakan paham benar kebutuhan pemiliknya. Tak heran jika Fortuner menjadi salah satu pilihan banyak pecinta SUV negeri ini. Dan karena besok (4/6/2020) tampilan anyar Toyota Fortuner ini diluncurkan di Thailand, yuk kita bahas sejarah singkat Toyota Fortuner di Indonesia.

Foto Tim Cintamobil.com sedang bermanuver dengan Toyota Fortuner 2.4 VRZ AT 2016

Tak terasa usia edar Toyota Fortuner di Indonesia sudah 15 tahun

Sekilas Pandang Mengenai Proyek IMV Toyota

Toyota Fortuner lahir dari keinginan Toyota untuk menciptakan produk yang sesuai untuk setiap negara. Itu adalah salah satu alasan Toyota menjalankan proyek ambisius International Innovative Multi-purpose Vehicle (IMV) ini. Meski begitu, kendaraan yang diciptakan harus memiliki harga yang kompetitif. Metode cerdas diterapkan. Mobil yang masuk dalam agenda proyek ambisius ini dibekali sasis serupa. Dengan cara ini biaya produksi dapat ditekan semaksimal mungkin.

Gambar menunjukkan Toyota Fortuner 2005 bensin

Toyota Fortuner adalah produk IMV Toyota

Akhirnya ada tiga produk yang ada di bawah naungan IMV ini, ketiga produk ini adalah Toyota Fortuner, Kijang Innova dan Hilux. Tiga produk ini mendapatkan kehormatan sebagai produk IMV. Dan ternyata, proyek ini mendulang sukses besar karena sesuai dengan konsep awal yang dijabarkan. Ketiganya mampu memenuhi kebutuhan region Asia Tenggara yang dijadikan basis pengembangan. Bahkan produksinya sampai dipasarkan hingga Amerika Latin dan Afrika.

Sejarah Singkat Toyota Fortuner Di Indonesia

Toyota Fortuner lahir pada tahun 2005 di Thailand. Produk ini punya ciri khusus yakni desain yang bongsor nan gagah. Selain itu Fortuner juga tampil maskulin, jika diperhatikan secara seksama, tampang depan Fortuner seperti kepalan tangan. Seolah menunjukkan keinginannya untuk menaklukkan dunia dan menjadi bahasa universal seluruh SUV Toyota. Tinggi besar, gagah dan mewah, menjadi sebuah kombinasi sempurna SUV sejati.

Gambar menunjukkan layout dashboard Toyota Fortuner 2.7 2005

Nuansa elegan dibawa pada Fortuner generasi pertama ini

Masuk ke dalam kabin, Anda akan disajikan nuansa elegan dan nyaman. Desain dashboard yang kokoh terlihat lebih halus dan menawan dengan sematan panel kayu eksklusif. Karena postur tubuh besar, bangku terasa nyaman dan lega saat diduduki, bahkan sampai baris ketiga. Bangku tengah lapang dan nyaman bagaikan di singgasana.

Gambar menunjukkan mesin 2TR-FE Toyota Fortuner bensin 2005

Mesin bensin 2.700 cc 4 silinder jadi andalan Fortuner kala itu

Mesin yang digunakan menunjukkan karakter jantan Fortuner. Adalah unit bensin berkode 2TR-FE dengan kapasitas 2.700 cc 4-silinder. Mesin ini juga modern karena mengadopsi teknologi pengaturan katup variabel VVT-i andalan Toyota. Mesin ini punya tenaga 160 dk dengan torsi 246 Nm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke transmisi otomatis 4-speed ECT.

Gambar menunjukkan transmisi Aisin Warner Toyota Fortuner generasi pertama

Transmisi Fortuner generasi pertama ini buatan Aisin Warner yang tergolong tangguh

Penggunaan transmisi tersebut tidak hanya membuat Fortuner mulus saat mengarungi kepadatan jalan kota, tapi juga sangat layak ketika diajak berlibur ke gunung atau pantai. Terdapat dua pilihan penggerak roda, yakni 4WD untuk model termahal V Lux dan 2WD untuk model G dan G Lux. O ya saat itu semua varian Fortuner masih mengandalkan mesin bensin, belum ada pilihan mesin diesel.

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota Fortuner 2.7 G VVT-i 2005

Dengan mengadopsi sasis tangga jangan ragukan keandalan Fortuner ini

Tapi sebagai SUV sejati, ketangguhan Fortuner ini tidak bisa dianggap remeh. Ia menggunakan sasis tangga (ladder frame) yang sudah terbukti keandalan dan daya tahannya sejak lama. Toyota percaya, pengalaman panjang adalah modal terbaik dalam pengembangan produk. Apalagi jika dikaitkan dengan kondisi jalan negeri ini yang kurang bersahabat.

Jadi Produk CKD & Hadir Varian Bermesin Diesel

Bulan September 2006 adalah momen bersejarah bagi Fortuner. Karena besarnya demand di dalam negeri, Fortuner diproduksi di Tanah Air secara Completely Knock Down (CKD) dan tidak lagi impor utuh dari Thailand. Tepat setahun kemudian model diesel 2.500 cc D4-D dengan transmisi manual 5-speed 2WD masuk menambah line-up Fortuner. Tenaga yang dihasilkan 102 dk dan torsi 265 Nm. Model otomatis 4-speed ECT baru hadir medio Agustus 2009.

Gambar menunjukkan mesin berkode 2KD-FTV Toyota Fortuner diesel

Mesin diesel pada Fortuner pertama kali muncul tahun 2007 dikawinkan transmisi manual 5-percepatan

Namun ternyata para konsumen Toyota Fortuner Diesel ini kecewa karena tenaga mesin diesel Fortuner ini boyo banget (tidak bertenaga dan lemah untuk akselerasi). Rupanya karakter mesin 2KD-FTV seri awal ini agak kurang cocok bersandingkan dengan transmisi manual 5 percepatan. Sehingga pada tahun 2009, sekalian facelift diluncurkan Toyota Fortuner Diesel dengan imbuhan transmisi otomatis konvensional 4 percepatan, dan mendapat sambutan baik.

Dapat Sentuhan Body Kit TRD

Gambar menunjukkan tampilan belakang Toyota Fortuner 2.5 G TRD 2009

PT TAM melansir tipe TRD di 2009 dan hanya tersedia untuk varian diesel

Untuk Anda pecinta gaya sporty, PT Toyota Astra Motor (TAM) menyediakan varian termahal tipe diesel, yaitu Toyota Fortuner TRD Sportivo. Model ini resmi keluar bulan Agustus 2009. Gaya body kit TRD (Toyota Racing Development) yang ditampilkan menganut pakem kencang, modis namun dengan tetap mengedepankan orisinalitas kemewahan.

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota Fortuner G Diesel TRD 2009

Tampilan Toyota Fortuner menjadi jauh lebih sporty dan berkarakter dengan body kit TRD ini

>>> Suka dengan tampilan Toyota Fortuner dengan body kit TRD? Coba cek harga bekasnya di sini

Grand New Fortuner Muncul 2011 Dan Bertahan Hingga 5 Tahun Masa Peredaran

Tahun 2011 Fortuner mendapatkan penyegaran desain yang terbilang besar. Dan berbeda cukup jauh  dengan facelift yang dilakukan sebelumnya, ubahan kali ini terbilang major. Makanya, namanya pun menjadi Grand New Fortuner. Tapi tetap dengan mengusung tagline The World is Mine, kesan gagah dan maskulin semakin terpancar nyata di depan.

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota Fortuner 2011 s.d 2015

Tampilan gagah dan maskulin tetap dipertahankan pada Grand New Fortuner

Penggunaan grille baru dengan bilah chrome besar melintang di atasnya adalah pertanda keinginan Fortuner untuk memikat penggemar setianya. Cluster lampu semakin gagah membuatnya tampil berbeda dengan sebelumnya. Bumper turut mengalami penyegaran. Perubahan besar ini sukses menjadikan Fortuner seakan menjadi pusat perhatian di jalan.

Gambar menunjukkan tampilan belakang Toyota Fortuner 2011-2015

Versi major facelift ini mengusung lampu belakang dengan mika bening

Perubahan dramatis tersaji pada lampu belakang. Di dalam mika bening, terdapat dua bulatan lampu. Sementara di bawahnya, lampu sein dan mundur turut mempercantik rona keseluruhan lampu tersebut. Pintu bagasi mengalami perubahan untuk menyesuaikan dengan lampu tersebut. Terdapat lekukan tebal di atas rumah pelat nomer yang ditutupi dengan panel chrome yang berkesan mewah.

Gambar menunjukkan layout dashboard Toyota Fortuner 2011-2015

Secara umum layout dashboard-nya masih sama dengan Fortuner sebelum facelift

Di dalam, kabin Grand New Fortuner mengalami revisi ulang pada banyak panel. Yang paling tegas adalah di tengah dasbor. Setiap tipe memiliki ciri khas sendiri di area ini, serta pembedaan pada model kemudi. Panel instrumen mendapatkan sentuhan wajah baru, begitu juga dengan panel pintu. Kesan mewah dan up-to-date tergambar dari aplikasi bangku two-tone bernuansa baru. Warna lebih gelap mendominasi kabin, untuk memberi atmosfer mewah.

Gambar menunjukkan tampilan samping Toyota Fortuner VNT 4x4 2014

Pada awalnya Fortuner dengan penggerak 4x4 hanya tersedia di tipe V dan bermesin bensin

Mesin tidak mengalami penggantian. Unit bensin 2.700 cc VVT-i dengan penggerak 4 roda akan digunakan oleh flagship tipe V. Sementara model di bawahnya mendapatkan mesin tersebut minus 4WD, dan diesel 2.500 cc turbodiesel. TRD Sportivo tetap sebagai model termewah diesel. Sementara transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed tersedia sebagai pilihan bagi konsumen.

>>> Meski pabrik mobil tutup, ternyata tidak serta merta membuat layanan purna jual terhenti

Versi Variable Nozzle Turbo (VNT) Hadir Sejak 2013

Karakter mesin diesel berkode 2KD-FTV yang masih lemah saat akselerasi putaran bawah ini rupanya masih dikritik keras oleh para konsumennya. Hal inilah yang menyebabkan Toyota sedikit memodifikasi nosel serta bilah turbin pada turbonya. Akhirnya pada 2013 tepat satu tahun setelah Fortuner mengalami facelift ke-3 dikenalah istilah Fortuner VNT, yang merupakan kependekan dari Variable Nozzle Turbo. Tenaganya pun terkoreksi menjadi lebih besar 46 hp dari Fortuner Diesel sebelum VNT.

Gambar menunjukkan Toyota Fortuner VNT 2013

Salah satu ciri khas Fortuner diesel dengan VNT adalah pakai kap mesin bolong untuk intercooler

Dengan mesin diesel yang lebih kencang, reliable tentu tak salah rasanya jika sebagian orang menyebut Fortuner sebagai “Baby Land Cruiser”. Bermodalkan tampilan gagah, kabin mewah, dan mesin andal, ia adalah personifikasi sempurna penjelajah segala medan yang tangguh. Apalagi ditopang sasis tangga kokoh. Fortuner semakin dipercaya untuk mendampingi ke berbagai medan. Apalagi versi berpenggerak 4x4 juga hadir di varian mesin diesel VNT pada tahun 2014.

All New Toyota Fortuner Hadir Di 2016

Foto Toyota Fortuner 2.4 VRZ AT 2016 sedang bermanuver

All New Toyota Fortuner ini mengalami ubahan total di tahun 2016

Kehadiran Toyota Fortuner tahun 2005 mendobrak tren pasar baru, yakni sebuah SUV besar dengan kapasitas 7-tempat duduk. Toyota Motor Corporation sangat jeli dalam melihat pasar yang ingin dimasuki, maklum saja saat itu, pilihan akan SUV 7-seater pilihannya masih sangat terbatas. Seakan, tak puas dengan Fortuner generasi pertama yang penjualannya sukses, All New Fortuner hadir di tahun 2016.

Foto Toyota Fortuner 2.4 VRZ AT 2016 sedang bermanuver

Kesan dinamis serta slim and sleek juga hadir hingga buritan

Kini All New Toyota Fortuner hadir lebih dinamis dengan desain total baru. Mulai dari bodi, rangka, hingga pilihan mesinnya. Mulai dari bodi, pada sisi depan headlamp menyipit dengan teknologi lampu jenis LED (Light Emitting Diode) sudah dijejalkan, begitu pula di stoplamp belakangnya yang kini didesain memanjang. Tampilan lebih sporty nan dinamis pada desain eksterior Fortuner terbaru ini juga diteruskan hingga ke bagian dalam.

Gambar menunjukkan layout dashboard Toyota Fortuner VRZ 2016-2019

Desain dashboard lebih mewah dan banyak aksen soft touch

Dashboard total baru dan banyak aksen soft touch membuat seolah Fortuner naik level ke kelas yang lebih premium. Begitu juga dengan pilihan mesinnya, berbeda dengan satu dekade ke belakang di mana mesin bensin 2.700 cc jadi andalan, kini mesin tanpa busi (baca: diesel) berkode 2GD-FTV disematkan di balik kap mesin Fortuner. Mesin diesel berkapasitas 2.400 cc ini dilengkapi dengan turbo VNT plus intercooler sehingga mampu memberikan output 147,6 hp dan torsi 400 Nm.

Foto mesin berkode 2GD-FTV Toyota Fortuner TRD Sportivo 2019

Mesin diesel anyar menjadi andalan dan poin jualan utama

Jadi itulah sejarah singkat Toyota Fortuner yang hadir di Indonesia, lantas bagaimana dengan ubahan Toyota Fortuner terbaru? Kami dari tim Cintamobil.com menyarankan sebaiknya kita tunggu saja, karena pada hari kamis tanggal 4 Juni 2020 model penyegaran dari Fortuner akan tampil di Thailand. Dan, jika sudah muncul di Thailand maka seperti yang sudah-sudah, kemunculannya di Tanah Air hanya tinggal menunggu waktu. 

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top