Siap Masuk Indonesia, Sistem Keselamatan Kia Seltos Toreh Bintang 5

03/01/2020

Pasar mobil

2 menit

Siap Masuk Indonesia, Sistem Keselamatan Kia Seltos Toreh Bintang 5
Selama pengujian oleh NCAP Australia, sistem keselamatan Kia Seltos menorehkan capaian bintang 5 dan menjadikannya salah satu SUV paling aman saat ini.

Kia Seltos bisa dibilang salah satu model yang cukup penting untuk mereka Korea tersebut; diekspor dari India ke pasar di Timur Tengah dan Afrika Selatan, Seltos juga dijual di pasar Amerika Utara dan Australia. Sedangkan untuk pasar Australia, sistem keselamatan Kia Seltos mendapatkan bintang 5, atau yang tertinggi diberikan oleh New Car Assessment Program (NCAP) Australia.

pengujian keselamatan Kia Seltos berwarna abu-abu 
NCAP melakukan percobaan untuk sistem keselamatan Kia Seltos

NCAP menguji model yang dijual di Australia dan Selandia Baru. Nilai yang tinggi didapatkan meskipun model yang dijual di pasar Australia tidak mendapatkan fitur keselamatan aktif standar seperti Seltos Khusus India. Namun hasil pengujian dampak tabrakan untuk penghuni dewasa dan anak-anak, serta dampak kepala pejalan kaki, kaki bagian atas, dan kaki bagian bawah sebanding dengan Seltos di India.

>>> Ingin membeli mobil baru lainnya? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Dalam kategori Perlindungan Penghuni Dewasa, Seltos mendapatkan skor 85 persen. Tes ini melibatkan pengujian tabrakan depan dan samping. NCAP menemukan selama tes offset frontal, ada beberapa gangguan di kompartemen penumpang pada bagian kaki pengemudi dekat akselerator.

Perlindungan kaki bagian bawah pengemudi dinilai ‘lemah’. Perlindungan dada untuk pengemudi tercatat ‘memadai’, seperti layaknya perlindungan kaki bagian bawah penumpang. Tetapi perlindungan organ vital pengemudi dan penumpang dinilai ‘baik’. Dalam tes tabrakan depan, perlidungan dikatakan ‘baik’ untuk semua bagian tubuh, kecuali panggul pengemudi yang mendapatkan nilai ‘buruk’.

>>> Bakal Masuk Indonesia, Ini Penjualan KIA Seltos di India

pengujani tabrakan Kia Seltos berwarna biru 
Seltos mendapatkan peringkat keselamatan bintang 5

“Model dasar Seltos kehilangan beberapa fitur canggih yang tersedia dengan sistem AEB radar-fusion, dan kami akan mendorong konsumen untuk membeli varian yang menawarkan kemampuan penghindaran tabrakan yang ditingkatkan karena ini dapat meningkatkan perbedaan nyata di jalan,” Kata Kepala Eksekutif ANCAP, James Goodwin.

>>> Review Kia Seltos 2019: “Putra Hercules” Bergaya Milenial

Varian terendah Seltos dilengkapi enam airbag, sistem pengereman ABS dan AEB, Lane Keep Assist, Lane Departure Warning, Emergency Lane Keeping, dan sistem pemantau tekanan ban. Membuat Seltos mendapatkan nilai 83% untuk penumpang anak-anak, 61% untuk Perlindungan Pengguna Jalan, dan 70% untuk fitur bantuan keselamatannya.

Di India sendiri, SUV kompak ini baru saja mencatat pemesanan ke-100.000 unit sejak kedatangannya Agustus tahun lalu. Mobil ini menjadi salah satu produk baru yang paling populer dengan pemesanan lebih dari 30.000 unit ketika awal diluncurkan. Dan kabarnya, Kia akan memperkenalkan mobil ini di Indonesia. Akankah sama terkenalnya? Kita lihat saja.

>>> Kumpulan berita otomotif lainnya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top