Si Kuda Hitam Pengalah Xpander Siap Intai Avanza di Tahta LMPV

20/11/2018

Pasar mobil
Si Kuda Hitam Pengalah Xpander Siap Intai Avanza di Tahta LMPV
Muka lama Toyota Avanza tak kehilangan semangatnya melawan hadangan pendatang baru Mitsubishi Xpander, Tak mau dengan mudah dikalahkan pada sepanjang tahun 2018, Avanza mengungguli Xpander pada penjualan Oktober 2018.

Kabar baik didapatkan oleh pelaku industri otomotif di Indonesia. Terjadi peningkatan penjualan kendaraan di Indonesia, terlebih pada segmen kendaraan pribadi. Namun kabar buruk bagi Mitsubishi dengan Xpandernya, dimana penjualan bulan Oktober mengalami penurunan. Sedangkan Toyota Avanza melaju menjadi kendaraan terlaris pada segmen Low MPV di Indonesia bulan kemarin.

Gambar Mitsubishi Xpander di GIIAS Medan Auto Show 2018

Varian baru Xpander pada GIIAS Auto Show Medan

Penjualan Avanza bulan Oktober terpantau mengalami kenaikan sebesar 6.151 unit dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sedangkan Xpander mengalami penurunan penjualan jika dibandingkan dengan penjualan bulan September. Hadirnya varian terbaru Xpander yang diperkenalkan pada GIIAS Auto Show Medan 2018 tidak cukup mempan untuk menghadang lajunya penjualan Avanza.

>>> Toyota Calya Terbukti Lebih Aman dari Toyota Avanza, Lalu Bagaimana Dengan Wuling Confero Dan Mitsubishi Xpander?

Bulan penjualan terbesar kedua selama 2018

Bulan Oktober sepertinya menjadi berkah bagi mereka yang berkecimpung dalam industri otomotif, Berdasarkan catatan Gaikindo, bulan lalu terjadi peningkatan penjualan sebanyak 13,6 persen dibandingkan bulan September 2018. Hal tersebut menjadikan bulan Oktober menjadi bulan kedua dengan distribusi terbanyak tahun ini, sesudah Juli 2018.

Gambar booth Daihatsu di GIIAS 2018

Tren positif terlihat pada penjualan merek Daihatsu

Secara total, pengiriman unit dari pabrik ke diler pada bulan oktober mencapai 106.050 unit. Angka ini hanya kalah tipis dari pengiriman bulan Juli yang mencapai 107.474 unit. Sedangkan Toyota masih menjadi merek mobil terlaris sepanjang 2018 dengan distribusi mencapai 293.519 unit dari awal tahun hingga Oktober 2018.

>>> Tertarik membeli mobil baru? Dapatkan informasi lebih lanjut di sini

Penurunan penjualan Xpander ternyata menghasilkan dampak buruk pada penjualan Mitsubishi. Sempat menjadi peringkat kedua dalam penjualan total di Indonesia, Mitsubishi dan Fuso turun ke posisi ketiga dengan penjualan 167.981 unit. Posisi kedua dikudeta oleh Daihatsu dengan penjualan sebesar 168.539 unit.

Gambar Daihatsu Sigra berwarna abu abu

Daihatsu Sigra menjadi tulang punggung penjualan Daihatsu selama 2018

Naiknya Daihatsu ke posisi kedua disokong oleh penjualan Daihatsu Sigra yang mampu mencatatkan penjualan retail 39.530 unit dengan penjualan wholesales 42.704 unit, mengokohkan Sigra sebagai pemimpin penjualan Daihatsu sepanjang 2018 ini.

Tim Cintamobil.com juga telah menyediakan video Toyota Kijang Innova G 2016 yang menyuguhkan perbandingan dengan Mitsubishi Xpander Ultimate terbaru. Simak informasi selengkapnya dan dukung kami dalam memberikan konten-konten video spesial lainnya.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top