Setengah Juta Kendaraan Menuju Jakarta Lewat Tol Usai Libur Lebaran

04/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Setengah Juta Kendaraan Menuju Jakarta Lewat Tol Usai Libur Lebaran
Hingga hari ke 11 lebaran 2020 tercatat sebanyak 494.449 unit kendaraan menuju Jakarta. Meski demikian angkanya masih lebih rendah 67,73 persen dibanding tahun lalu.

Pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan mudik Lebaran 2020 bagi perantau di zona merah dan wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 di kampung halaman. Kini, libur lebaran usai, pemudik yang berhasil lolos mudik berangsur-angsur kembali ke Jakarta.

Setengah juta kendaraan menuju Jakarta

PT Jasa Marga (Persero) Tbk, melaporkan hingga hari ke 11 lebaran (24 Mei - 1 Juni 2020) sebanyak 494.449 unit atau hampir setengah juta kendaraan menuju Jakarta melalui jalan tol. Meski terlihat tinggi, angka tersebut jauh lebih rendah 67,73 persen dibanding periode yang sama tahun 2019. Mereka datang dari berbagai arah dengan distribusi sebesar 35,8 persen dari arah Timur, 32,6 persen dari arah Barat dan 31,6 persen dari arah Selatan.

>>> Jangan Dipangku, Ini Posisi Duduk Anak di Mobil Sesuai Usianya

Foto menunjukkan suasana lalu lintas padat di jalan tol

Pemudik berangsur-angsur kembali ke ibu kota

Adapun rincian lengkapnya sebagai berikut:

Arah Timur

Kendaraan yang menuju Jakarta dari arah timur merupakan kontribusi lalu lintas dari dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk kendaraan yang datang melalui Jalan Tol Trans Jawa serta GT Kalihurip Utama untuk kendaraan yang datang melalui Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi dengan rincian distribusi GT Cikampek Utama 2 sebanyak 104.813 kendaraan dan GT Kalihurip Utama 2 sebanyak 72.252 kendaraan.

Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur, turun sebesar 80,97% dibandingkan dengan saat Lebaran tahun 2019.

Arah Barat

Kendaraan yang menuju Jakarta dari arah barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Merak-Tangerang sebanyak 161.081 kendaraan, turun sebesar 56,41% dibanding Lebaran tahun 2019.

Arah Selatan

Kendaraan yang menuju Jakarta dari arah selatan melalui GT Ciawi 2 tercatat sebanyak 156.303 kendaraan, turun sebesar 32,74% dibanding Lebaran tahun 2019.

Faktor penurunan

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan menurunnya volume kendaraan yang mengarah ke Jakarta lewat jalan tol. Yang paling signifikan yaitu kewajiban menunjukkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) karena faktanya banyak SIKM yang ditolak permohonannya sebab tidak memenuhi persyaratan.

>>> Tiru DKI, Pemkot Tangerang Selatan Wajibkan SIKM

Foto menujukkan petugas sedang melakukan pemeriksaan SIKM

Bawa dan tunjukkan SIKM jika ingin ke Jakarta

Surat izin ini berlaku untuk 11 sektor dan hanya bisa diperoleh dengan melampirkan sejumlah dokumen seperti Surat Keterangan Kerja (sektor yang diizinkan), surat tugas, Surat Keterangan Sehat, surat keterangan domisili, dan lain-lain.

Jasa Marga mengimbau warga yang tidak memiliki urusan yang benar-benar penting, darurat, atau mendesak untuk tidak bepergian keluar masuk Jakarta baik lewat tol maupun jalan non tol agar tidak memperbesar potensi penyebaran COVID-19, termasuk tidak piknik atau berkunjung ke tempat saudara.

>>> Berita otomotif menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top