Setelah Jakarta dan Surabaya, Tilang Elektronik di Semarang Mulai Dilakukan

15/01/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Setelah Jakarta dan Surabaya, Tilang Elektronik di Semarang Mulai Dilakukan
Uji coba penerapan tilang elektronik di Semarang mulai dilakukan. Ada beberapa CCTV yang telah terpasang untuk memantau para pelanggar peraturan lalu lintas.

Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Dirlantas Polda Jateng) sejak beberapa hari lalu mulai melakukan uji coba penerapan tilang elektronik. Peraturan lalu lintas yang juga dikenal dengan istilah Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) itu mulai diterapkan di wilayah Semarang.

>>> Pergeseran Tren, Avanza-Veloz Model Matik Mulai Disuka Orang Semarang

Menurut Kombes Rudy Antariksawan, Direktur Dirlantas Polda Jateng, saat ini sudah ada beberapa CCTV yang dipasang di ruas jalan di Semarang, Jawa Tengah. Kamera pemantau ini pun telah terhubung dengan Regional Traffic Management Center (RTMC) Polda Jateng yang ada di Jalan Pahlawan.

Baru Tahap Uji Coba

kamera CCTV ETLE

CCTV yang terpasang saat ini baru di Jalan Pandanaran

>>> Cari mobil baru dengan harga promo? Semua merek dan model ada disini

Ia menjelaskan, ada dua unit CCTV yang dipasang di ruas Jalan Pandanaran, Semarang. CCTV itu akan memantau setiap bentuk pelanggaran lalu lintas yang terjadi di ruas jalan tersebut. "Ini masih dalam tahap uji coba. Untuk pemberlakuannya akan dilakukan setelah diskusi dengan pihak terkait seperti Dishub (Dinas Perhubungan)," kata Kombes Rudy.

Dirinya juga mengaku kalau tilang elektronik di Semarang terpicu suksesnya pemberlakuan aturan yang sama di Jakarta dan Surabaya. Dan dari hasil uji coba sejak beberapa hari lalu, pelanggaran terbanyak terlihat dari pengemudi mobil yang tidak memakai sabuk keselamatan dan berponsel saat berkendara.

Pelanggar Dikirim Surat Tilang

surat tilang elektronik

Bagi yang melanggar peraturan lalu lintas akan dikirimi surat tilang bersifat teguran

>>> Beragam pilihan mobil bekas berkualitas di seluruh Indonesia ada disini

Meski baru sebatas uji coba, namun setiap pengguna mobil yang tertangkap kamera CCTV ETLE melanggar peraturan lalu lintas, maka akan dikirimi surat tilang. Surat tilang tersebut akan dikirim melalui alamat yang sesuai dengan plat nomor kendaraan yang saat itu digunakan pelanggar lalu lintas.

Nantinya di surat tilang tersebut akan ada bukti foto pelanggaran, waktu dan tempat kejadian, serta jenis pelanggaran yang dilakukan. "Namun untuk tahap awal ini, dalam surat yang dikirimkan masih kami beri imbauan untuk menaati peraturan lalu lintas," kata Kombes Rudy seperti dikutip dari Ayosemarang.

Melalui penerapan tilang elektronik ini, ia juga berharap para pemilik kendaraan bermotor melakukan balik nama jika membeli kendaraan dalam kondisi bekas pakai. Selain meningkatkan kesadaran akan tertib administrasi kendaraan bermotor, proses balik nama ini juga diucapkannya akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Semarang melalui pajak kendaraan.

>>> Berita otomotif lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mulai Besok, Tilang Elektronik di Surabaya Siap Diterapkan

07/01/2020

Pasar mobil

5 menit

Mulai besok, 8 Januari 2020, tilang elektronik di Surabaya akan diuji coba. Pemerintah Kota Surabaya pun sudah menyiapkan 757 unit CCTV di setiap titik ruas jalan di kota tersebut.

Lihat juga

Tilang Elektronik di Jalan Tol Sudah Berlaku, Ini Daftar Lokasinya

28/11/2019

Pengemudian

5 menit

Setelah disejumlah ruas jalan protokol, tilang elektronik di jalan tol juga sudah berlaku. Bahkan titik-titik kamera dipasang pada ruas jalan yang menghubungkan antara Jakarta dengan kota-kota lain disekitarnya.

Lihat juga

Jangan Panik, Begini Cara Mengurus Tilang Elektronik

01/08/2019

Pengemudian

5 menit

Sejak diberlakukan awal bulan ini, sistem e-TLE (Electronic Traffic Law Enforcment) menjadi cara efektif untuk menangani pelanggar lalu-lintas. Bagi Anda yang sudah terkena sistem tilang elektronik, bagaimana cara mengurusnya?

Lihat juga

Review Toyota Starlet 1.3 SE-G 1995

30/05/2019

Editor rate:

Toyota Starlet sempat menjadi mobil idaman kawula muda di era 90an dan kini masih memiliki tempat spesial di mata penikmat otomotif Tanah Air. Tapi apakah ia masih layak dimiliki di tahun 2019

Lihat juga

Isuzu Panther 2020: Daftar Harga mobil Panther terbaru Oktober

01/10/2020

Isuzu

Tentu nama Isuzu Panther masih dikenal di benak masyarakat Indonesia. Terutama ketika diperkenalkan pada tahun 1991 lalu dan mengusung tema “Rajanya Diesel”. Kemampuan yang handal serta irit bahan bakar, menjadikan mobil ini sempat melegenda di pasar otomotif tanah air. Diberikan penyegaran tahun 2013 lalu, kira-kira bagaimana kabar serta harga Isuzu Panther ini?

Lihat juga