Setelah ID.3, Volkswagen Siapkan Crossover Listrik

11/09/2019
Usai peluncuran hatchback listrik Volkswagen ID.3, VW masih menyiapkan model lain, yakni sebuah crossover listrik yang akan memulai debutnya pertengahan tahun depan.

Akhirnya, Volkswagen resmi memasuki pertarungan mobil listrik dengan model pertama mereka yang diperkenalkan ke pasar, VW ID.3 pada pameran Frankfurt Motor Show, awal September ini.

>>> Masuki era baru, Volkswagen resmi luncurkan VW ID.3

Tampilan samping VW ID.3 berwarna biru

VW ID.3 jadi mobil Volkswagen ID pertama yang diperkenalkan ke khalayak umum

Setelah ID.3, yang diplot menjadi suksesor jangka panjang VW Golf yang sangat laris itu, Volkswagen ternyata membawa satu model lain ke Frankfurt, yakni sebuah crossover kompak yang terinspirasi dari mobil konsep ID Crozz, kemungkinan crossover listrik VW itu akan diberi nama ID.4.

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

Meski tidak terlalu jelas karena livery kamuflase pada unit crossover tersebut,  desain body Volkswagen ID.4 tidak seperti konsep ID Crozz yang bisa dibilang cukup unik, garis bodi dan desainnya terlihat seperti sebuah crossover kompak pada umumnya.

Prototype VW ID.4 tampak samping

Berbeda dari ID Crozz, Volkswagen ID.4 tampak seperti sebuah crossover kompak pada umumnya

Volkswagen ID.4, yang kemungkinan merupakan crossover dengan dua baris tempat duduk, akan menjadi varian ID kedua yang dipasarkan oleh VW setelah ID.3, yang akan mulai dijuar di Eropa dengan banderol kurang dari 30.000 Euro (Rp 465 juta rupiah).

Berbeda dari ID.3, yang tidak akan dipasarkan di Amerika, Volkswagen ID.4 menjadi satu dari setidaknya tiga line-up mobil listrik VW yang akan dipasarkan di Amerika pertengahan tahun depan. Crossover listrik VW itu juga tampaknya akan mengusung desain sama seperti ID.3, yakni menggunakan platform MQB dengan empat motor listrik yang total menghasilkan tenaga 300 HP. Namun, semua ini baru rumor karena belum ada pernyataan resmi dari pihak VW terkait ID.4.

>>> Selalu update kabar pasar mobil terbaru di sini

Menyiapkan dana investasi hingga 50 miliar Dollar Amerika (setara 701,6 triliun Rupiah), Volkswagen Group menargetkan 70 model mobil listrik akan diluncurkan sampai 2028 mendatang yang tersebar di berbagai brand yang dinaungi seperti VW, Audi, Porsche, dan lainnya.

“Dalam waktu 10 tahun di Eropa dan Cina, semua mobil (Volkswagen) akan menjadi mobil listrik. Untuk lingkungan, kita tak punya pilihan lain,” ujar CEO Volkswagen Group, Dieter Heiss.

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Derry Munikartono

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain