Mobil Servis ke Dealer, Kok Malah Dipakai Balapan Mekaniknya?

05/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Seorang pria di Amerika Serikat membawa Chevrolet Corvette C8 miliknya ke dealer untuk diperiksa. Tetapi, mobil tersebut malah dibawa ngebut oleh sang mekanik.

Setiap pemilik mobil, terutama yang memiliki mobil bertenaga besar dan bagus pasti khawatir untuk menitipkan kuncinya ke orang lain. Itu hal wajar karena kejadian yang dialami oleh pemilik Chevrolet Corvette C8 ini bisa terjadi pada siapapun.

Kejadian kurang menyenangkan terjadi di salah satu dealer di California, Amerika Serikat saat salah seorang montir membawa mobil tersebut untuk dinikmati dan diajak kebut-kebutan ke jalan.

Terekam Pada Kamera Mobil

Kejadian ini mungkin tidak akan diketahui oleh sang pemilik jika saja Corvette C8 miliknya tidak dibekali dengan paket Performance Data Recorder yang mencakup kamera di dalam mobil.

Gambar Kamera Corvette C8

Kejadian ini terekam sepenuhnya di kamera mobil

>>> Duh! Mobil Diservis di Bengkel Resmi, Pas Diambil Malah Penyok

Menurut penghuni forum MidEngineCorvetteForum (MECF), awalnya mobil tersebut dibawa ke dealer akibat munculnya bunyi aneh dari balik kap mesin. Pemilik mobil dengan username tastysauce bahkan merekam video yang menunjukkan masalah yang terjadi pada Corvette C8 miliknya.

Karena khawatir bunyi tersebut mengisyaratkan kerusakan yang lebih parah, ia pun memutuskan untuk menderek mobil ke dealer Fremont Chevrolet di California, Amerika Serikat.

Pihak dealer pun dapat menemukan akar permasalahan pada mobil yang ternyata datang dari kabel busi yang longgar, tentu itu bukan perbaikan yang sulit. Namun, sang pemilik mobil kaget setelah melihat rekaman kamera yang memperlihatkan aktivitas mobil.

Dibawa Ngebut Hingga 238 Km/Jam!

Ternyata, selama dititipkan di dealer mobil tersebut dibawa kabur oleh seseorang untuk kebut-kebutan di jalan raya. Bahkan, sang pengemudi sempat memacu Chevrolet Corvette C8 tersebut hingga kecepatan 238 km/jam saat balapan liar dengan sebuah Dodge Charger.

Gambar Chevrolet Corvette C8

Kebut-kebutan dengan Corvette memang menyenangkan, tapi ingat itu bukan mobil Anda!

>>> Hennessey Racik Camaro ZL1 'Pengusir Setan', Dibekali Mesin 1.000 HP

Berkat video yang jelas dan keajaiban Google Maps, kejadian ini terlihat di Interstate 880 North di Fremont antara pintu keluar 13 dan 15. Setelah dua mil dari kegilaan tersebut, Corvette berbelok ke pintu keluar 15. Tak jauh dari situ, ada stasiun timbang yang biasanya dijaga oleh polisi.

Tastysauce pun sudah memberi tahu polisi tentang situasi tersebut dan mekanik dealer yang bertanggung jawab diduga sudah dipecat. Selain itu, pemilik Corvette menyatakan bahwa dealer telah memberi kompensasi akibat kejadian yang menimpa dirinya.

Kejadian ini bukanlah yang pertama, bahkan di Indonesia pun ada beberapa kasus serupa yang menyangkut dealer dan mekaniknya.

Tentu, ada waktu dan tempat yang tepat untuk menikmati mobil yang kencang. Tetapi, jalan raya yang ramai bukanlah tempat yang tepat, dan mengendarai mobil orang asing bukanlah waktu yang tepat. Selain bahaya, ingat bahwa itu adalah mobil milik orang lain yang bisa mengalami kerusakan.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top