Serius Nih Chevrolet Camaro Bakal Disuntik Mati?

04/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sejalan dengan ambisi General Motors untuk hentikan penjualan mobil bermesin bensin. Chevrolet Camaro dikabarkan akan disuntik mati tahun 2024.

General Motors sedang merencanakan perubahan besar untuk coupe ikonik Chevrolet Camaro. Mobil yang berperan sebagai Bumblebee di film Transformers ini diperkirakan hanya akan bertahan hingga 2024 dan kemudian akan digantikan dengan sedan listrik.

>>> Modifikasi Chevrolet  Camaro, Ceper dan Pakai Aerodisc

Gambar menunjukan Camaro

Camaro berperan sebagai Bumblebee di film Transformers

Penjualan Chevrolet Camaro Terus Menurun

Sayangnya masih belum ada rincian kapan sedan listrik itu akan tiba. Namun pastinya keputusan Ini tentu akan menjadi langkah berani yang signifikan dari raksasa produsen mobil asal AS itu, mengingat warisan kaya yang disandang Chevrolet  Camaro.

Sepanjang sejarahnya, Chevrolet  Camaro telah menjadi coupe dua pintu yang sangat ikonik. Setelah kabar bahwa Chevrolet  Camaro generasi sekarang akan dipensiunkan, berharap ada penerusnya di segmen elektrifikasi seperti saingan beratnya Ford Mustang yang hadir dengan gaya tubuh baru bersama dengan teknologi listrik.

Chevrolet sendiri hanya menjual Camaro di bawah 30.000 tahun lalu atau turun 38,3 persen dibandingkan 2019. Sementara itu Ford menjual lebih dari dua kali lipat Mustang dan membuktikan bahwa menempelkan nama Mustang pada crossover listrik bisa berhasil. 

Chevrolet diyakini seharusnya dapat memanfaatkan pendekatan serupa, baik menggunakan Camaro atau bahkan nama Corvette pada model EV masa depan yang dapat mencakup beberapa gaya tubuh termasuk sedan dan crossover. Sayangnya dilansir dari Automotive News seorang juru bicara Chevy telah menolak berkomentar tentang masa depan Camaro ketika ditanya tentang laporan ini.

>>> Kondisi Penuh Karat, Chevrolet  Camaro SS Ini Dijual Rp 83 Jutaan

Gambar menunjukan Camaro

Tampilan Camaro ZL1

GM Akan Hentikan Penjualan Mobil Bensin

Wacana hentinya produksi Camaro ini sejalan dengan rencana General Motors hentikan penjualan mobil bermesin bensin termasuk SUV dan truk pickup ringan selambatnya pada tahun 2035 mendatang.

Keputusan ini tidak hanya dibuat oleh GM saja tetapi industri otomotif global lainnya juga mempercepat langkah mengadopsi mobilitas yang lebih bersih dan lebih hijau untuk memenuhi tenggat waktu yang ditetapkan oleh berbagai pemerintah di dunia.

GM sendiri telah menjual sebanyak 2,55 juta kendaraan di Amerika Serikat tahun lalu. Dari jumlah tersebut hanya sekitar 20.000 di antaranya adalah kendaraan listrik. Jadi menarik untuk menunggu masa depan dari Chevrolet Camaro akan punya penerus baru seperti Ford Mustang atau benar-benar akan disuntik mati.

>>> Ini Cara Mengatasi Karat pada Bodi Mobil

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top