Serial The Lady and the Dale, Dokumenter Otomotif dengan Gaya Berbeda

11/01/2021

Pasar mobil

2 menit

Serial The Lady and the Dale, Dokumenter Otomotif dengan Gaya Berbeda
Bosan dengan dokumenter mengenai mobil yang pernah ada? HBO merilis serial The Lady and the Dale tentang mobil roda tiga yang tak pernah sempat diproduksi.

Tak banyak film dokumenter yang mengungkapkan tentang sejarah otomotif. Bagi Anda penyuka otomotif, The Lady and the Dale bisa menjadi tontonan menarik. Empat episode dari serial HBO ini menceritakan tentang kisah Elizabeth Carmichael dan idenya untuk membuat mobil roda tiga yang disebut Dale.

Kisah Carmichael dan Dale

Carmichael mendirikan 20th Century Motor Car Company dan memamerkan mobil buatannya bernama Dale pada tahun 1974. Kendaraan ini menjanjikan konsumsi bahan bakar 70 mpg, atau setara dengan 30 km/liter. Bahkan mobil ini ditawarkan dengan harga yang relatif rendah dibandingkan mobil lain kala itu.

Carmichael mengembangkan mobil ini di tengah krisis minyak yang terjadi di era 1970-an. Kala itu, pabrikan otomotif besar lainnya seperti Chrysler, Ford, dan General Motors berjuang untuk menawarkan mobil yang hemat bahan bakar setelah berlomba-lomba memproduksi kendaraan berperforma mumpuni dengan mesin berkapasitas besar.

mobil roda tiga Dale yang belum pernah diproduksi
Mobil roda tiga Dale yang dikembangkan oleh Carmichael

>>> Mobil di Drama Korea Start-Up, Dari Sportscar 4-pintu Sampai SUV EV

Mengingat perlombaan yang terjadi, Dale menarik perhatian banyak media ketika pertama kali diperkenalkan. Ditambah lagi, Carmichael merupakan seorang promotor handal yang mampu membuat kendaraan roda tiga miliknya tersorot media. Sayangnya bisnisnya menurun dan Dale tak pernah benar-benar dijual.

Melihat hal ini, investor mulai mengeluh. Polisi akhirnya menangkap Dale. Menariknya, ia mewakili dirinya sendiri di pengadilan. Persidangan Dale menjadi salah satu persidangan pidana paling populer kala itu. Dan turut memperburuk situasi, media mainstream mulai mempermasalahkan Carmichael sebagai seorang transgender.

>>> Mobil Terbang Ini Siap Dipesan Di Arena Geneva Motor Show

Dokumenter otomotif yang berbeda

Tak hanya fokus pada wawancara narasumber yang terlibat serta rekaman arsip yang tersedia, serial ini juga menggunakan kolase foto yang bergerak serta animasi untuk menceritakan kisahnya. Anda bisa melihat cuplikan seri dengan gaya yang menarik secara visual melalui trailer yang dirilis HBO beberapa waktu lalu.

Sejarah otomotif, termasuk pengembangan hingga mencapai proses produksi mobil, dipenuhi dengan kegagalan. Sejumlah mobil konsep dari supercar, mobil terbang, hingga mobil listrik gagal tanpa sempat diprediksi. Dengan menampilkan sulitnya pengembangan kendaraan hingga proses produksi membuat serial dokumenter otomotif ini menarik untuk menjadi tontonan penggemar di seluruh dunia.

>>> Berita pasar mobil terbaru 2021 ada di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top