September Happy, Jualan Nissan dan Datsun Sama-Sama Naik

18/10/2018

Pasar mobil
September Happy, setidaknya itu yang dirasakan Nissan dan Datsun. Dua merek Jepang yang berada dalam satu naungan itu sama-sama mencatatkan penjualan positif di bulan September 2018 di saat merek lain banyak yang menurun.

Foto Dealer Nissan Datsun tampak dari depan

Jaringan penjualan menjadi bagian penting perjalanan bisnis otomotif di tanah air

Secara nasional penjualan mobil pada bulan September 2018 mengalami penurunan dibanding bulan sebelumnya. Total penjualan satu bulan hanya sampai di angka 93,103 unit. Lebih rendah dibanding bulan Agustus dimana penjualan mobil mencapai 102,197 unit.

Penurunan dialami semua merek unggulan seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi Motors dan Suzuki. Bahkan duo merek China, Wuling dan DFSK juga mengalami penurunan cukup besar. Wuling turun 39,2% sedangkan DFSK sama sekali tidak mencatatkan penjualan alias turun 100%.

>>> Baca beritanya: All-New Nissan Juke 2019 Akan Dapatkan Perubahan Lebih Berani dan Radikal

Bagaimana dengan Nissan dan Datsun?

Kalau ada yang tersenyum bahagia dengan catatan penjualan bulan September, Nissan dan Datsun lah mereknya. Keduanya sama-sama mencatatkan hasil positif dengan perolehan lebih baik dibanding bulan sebelumnya. Datsun menjual sebanyak 439 unit, lebih banyak 43 unit dibanding Agustus yang terjual sebanyak 396 unit. Sedangkan Nissan bisa menjual sebanyak 158 unit atau lebih banyak 73 unit dibanding Agustus yang terjual sebanyak 85 unit.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas, jangan abaikan daftar mobil dijual di sini

Foto Nissan Juke tampak dari samping depan

Foto Datsun Go Live tampak dari samping depan

Berada dalam satu naungan, Nissan dan Datsun tetap berkompetisi

Meningkatnya penjualan Datsun tidak mengubah posisinya sebagai penghuni terakhir 10 merek mobil terlaris di Indonesia. Sedangkan untuk Nissan, meningkatnya penjualan bulan September telah mengangkat posisi Nissan dari peringkat 20 di bulan Agustus ke peringkat 16.

Berikut data penjualan Nissan dan Datsun di Indonesia

NO.
BRAND
2018
+/-
%
AUG SEP
11 DATSUN 396 unit 439 unit 43 unit 10.9%
16 NISSAN 85 unit 158 unit 73 unit 85.9%

 >>> Baca: Review Lengkap dan Spesifikasi Datsun Go Live 2018 Di Sini!

>>> Berita terbaru dari dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top